Geografi Uni Soviet

Geografi Uni Soviet – Untuk menghitung luas wilayah Uni Soviet, orang harus mampu berangan-angan. Orang tentulah tak dapat dengan mudah menggambarkan pemandangan yang menutupi wilayah seluas 22.402.200 km2. Untuk mudahnya, dapat dijelaskan bahwa luas ke-50 negara bagian Amerika Serikat itu hanya 2/5 luas wilayah Uni Soviet.

Jarak timur-barat Uni Soviet baru mudah dibayangkan kalau orang menyadari bahwa Uni Soviet memiliki banyak wilayah waktu sehingga saat di perbatasannya dengan Eropa menunjuk waktu tengah malam di selat Bering waktu menunjuk pukul 11.00 siang. Uni Soviet juga menyuguhkan luas wilayah utara-selatan yang kontras dan dramatis, yang meliputi Arktik sampai ke daerah Subtropik.

Fakta yang mencolok tentang letak geografi Uni Soviet adalah luas wilayahnya, sedangkan luas negara itu diimbangi dengan lokasi strategisnya sebagai jembatan alam melintasi daratan Eurasia. Para ahli geografi secara tradisional membagi daratan Eurasia yang sangat luas ini ke dalam dua ”benua” Eropa dan Asia.

Geografi Uni Soviet

Kunjungi Rusia di google map

Garis yang membagi kedua benua itu mengikuti garis Pegunungan Ural dan Sungai Wolga. Seperempat bagian barat Uni Soviet, disebut Rusia Eropa, meliputi wilayah seluas 5.180.000 km2, yang sama dengan separuh bagian timur Eropa. Tiga perempat sisa wilayah Uni Soviet mencakup sebagian besar Asia Utara dan Asia Tengah, yang sering disebut Soviet Asia.

Kedua bagian Uni Soviet itu bersama-sama membentuk sekitar 59.530 km garis perbatasan, yang 43.440 km di antaranya adalah garis pantai. Garis pantai ini sekilas mengingatkan kita akan salah satu fakta paling penting tentang Uni Soviet-yaitu lokasinya di ujung paling utara dan posisinya yang sangat terpencil.

Pantai timur dan barat Amerika Utara yang panjang menghadap ke dua Samudra utama dunia yaitu Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, sehingga mudah bagi Amerika untuk mengadakan hubungan dengan benua-benua lain.

Sebaliknya, garis pantai Uni Soviet yang terpanjang terdapat di Arktik, yang tak mungkin dilayari sepanjang tahun karena beku. Di daerah ini hanya pelabuhan Murmansk, yang airnya hangat karena Arus Teluk Atlantik Utara, yang dapat dilayari sepanjang tahun.

Pelabuhan utara lainnya hanya dapat dilayari selama sekitar dua bulan dalam setahun. Sepanjang pantai Samudra Pasifik Uni Soviet, pelabuhan yang paling penting adalah Wladiwostok tetapi pelabuhan itu juga terancam oleh kabut dan es.

Laut Baltik di baratlaut dan Laut Hitam di baratdaya yang tidak sepenuhnya dikuasai oleh Uni Soviet-menyediakan rute perdagangan terpenting bagi Soviet dan Eropa. Leningrad, pelabuhan yang terdekat dengan pusat penduduk dan perdagangan, hanya dibuka dari Mei sampai Oktober.

Namun, pelabuhan Kaliningrad dan Liepaja ke arah barat Baltik bebas es selama hampir setahun. Dari air pelabuhannya yang hangat di Odessa, Nikolayev, Novorossisk, Poti, dan Batumi di Laut Hitam, Uni Soviet dihubungkan dengan beberapa satelitnya di Eropa Timur melalui Donou, sedangkan dengan Laut Tengah melalui Selat Bosporus dan Selat Dardanela.

Perbatasannya dengan Iran di selatan terletak di Laut Kaspia. Perbatasan darat Uni Soviet berbagi dengan 12 negara, tetapi hal ini tidak mengurangi rasa terkurungnya karena terhalang oleh ciri geografisnya, seperti pegunungan yang tinggi serta padang pasirnya yang kosong.

Hanya sepanjang perbatasan Uni Soviet dengan negara-negara Eropa Timur, letak geografis dapat memudahkan hubungan dan dari hubungan inilah tercipta rute tradisional sehingga budaya Eropa dapat memasuki dan merangsang kehidupan negara raksasa Eurasia ini.

Bentuk Tanah

Uni Soviet pada dasarnya terbentuk dari tanah rendah yang amat luas yang terpotong dan dikelilingi oleh pegunungan. Tanah ini biasanya dianggap terbagi menjadi beberapa bagian. Tanah rendah Rusia Besar di barat dipisahkan dari Dataran Siberia Barat oleh pegunungan Ural. Tanah rendah Turan terletak di sebelah tenggara Laut Kaspia.

Jika dilihat dari barat, dataran rendah Siberia Barat meninggi dan menjadi dataran tinggi Siberia Tengah, lalu tanah itu bahkan lebih meninggi lagi di tanah tinggi Siberia Timur.

Pegunungan Ural, yang membentuk jalur utama utara-selatan, tidak pernah bertindak sebagai penghalang karena pegunungan itu dapat dilintasi di beberapa bagian. Pegunungan Kaukasus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia justru merupakan penghalang yang lebih nyata.

Pegunungan bertopi salju, yaitu Gunung Elbrus, merupakan puncak tertinggi di Eropa. Pegunungan itu membentuk perbatasan Uni Soviet dari pegunungan Karpatia di bagian barat melalui Pegunungan Krim, Kaukasus, dan Kopet Dagh.

Sepanjang perbatasan selatan Asia Tengah, orang akan menjumpai jajaran gunung tertinggi di Uni Soviet Pamir-Alai dan Tien Shan. Di sebelah timur, pegunungan Altai dan Sayan membentuk perbatasan dengan Siberia selatan. Bagian timur Uni Soviet dipecah-pecah oleh beberapa jalur pegunungan.

Iklim dan Tumbuhan

Iklim di Uni Soviet dapat digolongkan sebagai ”iklim benua”, dengan musim dingin yang sangat dingin serta musim panas yang cukup panas. Akan tetapi, seperti halnya dengan aspek-aspek geografis Soviet lainnya, satu penggolongan sederhana tidaklah cukup untuk menggambarkan perbedaan kecil yang ada di negara yang amat luas ini.

Dari utara ke selatan, iklim dan tumbuhan Uni Soviet dapat dibagi menjadi empat daerah besar-daerah tundra Arktik, zone taiga atau zone hutan lembah, daerah subur yang kering serta jalur darat dan padang pasir subtropis.

Zone Arktik di utara, tentu saja, adalah tempat yang amat dingin Musim dinginnya amat panjang dan dingin sekali, sedangkan musim panasnya amat singkat dan sejuk. Hanya semak belukar yang keras dan sejenis lumut tumbuh dengan suburnya dan menjadi makanan rusa kutub yang digembala oleh suku nomad.

Di bagian timurlaut daerah ini terdapat sumber mineral seperti batubara dan nikel yang dapat mengimbangi kurang suburnya tanah dan musim yang berlangsung lama.

Daerah Taiga, biasa disebut daerah hutan kornifera, membentang melintasi Uni Soviet dalam bentuk lingkaran jalur hijau yang luas menutupi sekitar separuh wilayah darat negara. Di sini, dengan wilayah yang beriklim cukup berciri kontinental, terdapat sepertiga hutan dunia dan merupakan sumber alam di Uni Soviet yang utama yaitu kayu.

Bergerak ke arah selatan melintasi hutan pinus bercampur hutan desidu, iklim menjadi sedikit nyaman, dan lalu mencapai daerah stepa Soviet dengan tanahnya yang subur. Tanah hitam daerah stepa ini membentang menyerupai pita mulai dari perbatasan sebelah barat ke pegunungan Altai. Di sini terdapat ladang-ladang gandum, jagung, dan kapas.

Di pantai selatan Krim, di Moldavia, serta di tanah pantai selatan pegunungan Kaukasus terdapat daerah beriklim subtropis yang baik untuk ditanami teh dan buah jeruk. Bagian tertentu Uni Soviet sekitar 18% wilayah daratannya adalah padang pasir.

Daerah amat kering yang panas dan memiliki sekurangnya 10 cm curah hujan setahun ini, membentang dari Laut Kaspia melalui tanah rendah Turan ke pegunungan di Asia Tengah. Sebagian padang pasir ini diberi irigasi sehingga tanaman dapat tumbuh.

Sungai dan Danau

Uni Soviet memiliki jaringan sungai yang bermanfaat dan sangat menyebar, yang sejak awal mula menyediakan hubungan air melintasi tanah yang masih kekurangan jaringan jalan raya. Kebanyakan jaringan sungai sekarang ini juga dipasang sebagai sumber tenaga hidroelektrik.

Sungai penting di Rusia bagian Eropa di antaranya adalah sungai Pechora, Dvina, Neva, Neman, Dniester, Dnieper, Don, dan Wolga yang merupakan sungai terpanjang di Eropa. Nilai keberadaan sungai ini sebagai prasarana transportasi makin bertambah dengan adanya banyak terusan yang menghubungkan sungai itu satu sama lain dan meniadakan perjalanan darat yang sangat melelahkan.

Sungai besar di Rusia bagian Asia adalah Sungai Amur, Yenisei, Lena, dan jajaran Sungai Ob-Irtysh. Sungai Syr Darya dan Amu Darya membawa kelembaban bagi daerah Soviet Asia Tengah yang kering.

Di samping memiliki sungai terpanjang serta gunung tertinggi di Eropa, Uni Soviet juga memiliki danau-danau terbesar di dunia-misalnya, Laut Kaspia yang asin. Danau Ladoga dan Onega, di baratlaut, merupakan danau penyedia air segar bagi Eropa.

Danau Baikal dan Balkash di Soviet Asia juga merupakan danau yang unik karena itu merupakan danau yang terbesar di benua Asia. Selain ukurannya luas, danau-danau di Uni Soviet penting sebagai sumber ikan dan sebagai bagian sistem transportasi negara.

Sumber Alam

Pertumbuhan Uni Soviet yang menakjubkan sebagai negara industri terkemuka dunia didasarkan atas sumber alamnya yang amat kaya. Pada pokoknya, mineral utama apa saja dapat ditemukan di Uni Soviet, yang merupakan negara penghasil batubara, besi, dan minyak terkemuka dunia. Batubara, yang merupakan bahan bakar industri tradisional, ditemukan di berbagai daerah di Uni Soviet.

Tambang batubara yang terkemuka terdapat di Cekung Donets (Donbas), Ukraina timur; di Cekung Kuznetsk (Kuzbas), Siberia selatan; di Karaganda, Kazakhstan utara; dan di dekat Cheremkhovo, sebelah barat Danau Baikal.

Besi, yang bersama dengan batubara diperlukan dalam pembuatan baja, juga dapat ditemukan di beberapa daerah, yang terpenting terletak di Krivoi Rog, dekat Kursk, dan di Kuzbas. Uni Soviet juga merupakan penghasil minyak dan gas alam utama.

Ladang minyak yang tertua terletak di Baku di Laut Kaspia Ladang minyak lainnya ditemukan di antara Volgograd dan pegunungan Ural selatan, di sebelah barat Ukraina, di lepas pantai timurlaut pulau Sakhalin, dan di Siberia.

Di samping tambang mineral ini, Uni Soviet juga memiliki endapan mangan yang terbesar di dunia, cadangan tembaga, bauksit, nikel, timbel, seng, magnesium, dan logam langka-misalnya emas, perak, dan platina. Dua mineral bukan logam lain yang penting-garam apatita dan kalium-juga ditambang di Uni Soviet. Garam apatita digunakan dalam pembuatan pupuk fosfat, sedangkan garam kalium digunakan dalam produksi kimia.

Tampaknya, kekurangan sumber alam’yang penting bagi industri Uni Soviet adalah timah, tungsten, dan karet-kekurangan yang dapat dicukupi dengan segera melalui impor.

Artikel Terkait

improve computer