Dataran Pantai Amerika Utara

Dataran Pantai Amerika Utara – Tahap terakhir dalam evolusi fisik Amerika Utara adalah pembentukan dataran pantai, yang mengapit Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko. Sebagian besar dataran Atlantik telah tenggelam (terletak di bawah air); perpanjangan bagian luarnya membentuk daerah penangkapan ikan maha luas yang membentang dari Inggris Baru sampai Newfoundland.

Namun, dari Tanjung Cod ke selatan, dataran pantai itu melebar sampai 480 km di Georgia. Dataran ini berlanjut melintasi semenanjung batu kapur Florida yang rendah dan datar ke tanah rendah Teluk Meksiko.

Di sini dataran dipisahkan oleh-alur aluvial besar yang berakhir di delta Sungai Mississippi yang panjang dan berbentuk cakar itu.

Dataran Pantai Amerika Utara

Kunjungi Peta Amerika Utara atau di google map

Tanah rendah Teluk ini menyempit lagi di Meksiko dan berakhir di plato batu kapur Jazirah Yucatan Meksiko. Sebagian besar sungai yang melintasi dataran pantai ini mengalir dari Pegunungan Appalachia menembus lembah bersisi terjal (yang sulit dilintasi), lalu mencebur ke suatu jajaran air terjun di atas kaki-kaki bukit yang menghadap Pegunungan Blue Ridge.

Sungai itu kemudian melebar dan berkelok lambat-lambat ke laguna yang terletak di balik ujung dan ambang garis pantai besar yang panjang di daerah seperti Tanjung Hatteras. Hanya sedikit di antara sungai itu yang mudah dilayari.

Dataran pantai cukup kaya akan mineral. Di Louisiana sampai Meksiko bagian selatan terdapat ladang minyak dan gas alam yang luas. Endapan besar belerang dan garam terdapat di sepanjang pantai Teluk di Texas dan Louisiana. Florida adalah sumber utama fosfat di Amerika Utara.

Artikel Terkait