Sejarah Negara Com
Ensiklopedia sejarah dan negara

Padang rumput dan tanah di Amerika Utara

Padang rumput mengambil alih hutan di bagian yang lebih kering pedalaman benua ini. Padang rumput terletak kira-kira di sebelah barat Pegunungan Ozark dan Sungai Missouri dan sebelah selatan Sungai Saskatchewan Selatan.

Padang ini menjorok ke Barisan Pasifik, kecuali di tempat yang tinggi tempat hutan tumbuh. Di cekung yang kering dan lebih dalam padang rumput digantikan oleh perdu mesquite dan sagebrush.

Ketika orang kulit putih tiba di bagian timur dan utara padang rumput di lembah Sungai Missouri, Merah, dan Saskatchewan-mereka dapati rerumputan yang setinggi pinggang manusia, segera dibabat dengan bajak untuk bercocok tanam gandum.

Di sebelah barat padang rumput tinggi, terus sampai Dataran Besar, dan di tepi-tepi Cekung Besar, Dataran Tinggi Kolumbia, dan Lembah Besar Kalifornia, terdapat prairi rumput pendek. Prairi itu sangat cocok untuk padang penggembalaan ternak.

Padang rumput dan tanah di Amerika Utara

Kunjungi Peta Amerika Utara atau di google map

Tanah

Tanah Amerika Utara beraneka ragam menurut vegetasi dan iklimnya. Amerika Utara memiliki, mulai dari tanah tundra arktik sampai hutan-rimba tropis. (Tanah tersebut juga beraneka ragam menurut perubahan-perubahan fisik dan kimiawi yang telah dibuat oleh manusia melalui pupuk).

Tanah tundra Alaska dan Kanada sebelah utara mempunyai tanah tipis yang telah tergusur, yang terus-menerus membeku di bawah lapisan es dangkal yang ”aktif” setebal 23 cm. Di musim panas lapisan yang aktif ini meleleh. Karena sebagian besar air lelehan itu tidak dapat tersalur, tanah itu acapkali menjadi tergenang air dan sangat asam.

Padang rumput dan semak belukar gurun mempunyai tanah yang disebut pedokal. Banyak di antara tanah yang lebih kering juga asin. Tanah yang terbentuk di bawah rerumputan tinggi berwarna hitam karena tanah ini memiliki lapisan atas yang kaya akan materi yang membusuk. Tanah ini sesuai untuk tanaman padi-padian.

Di bawah rerumputan pendek terdapat lebih sedikit humus sehingga warnanya berubah dari cokelat tua menjadi cokelat muda. Di samping itu, dengan iklim yang setengah-gersang(cukup kering), terjadi jauh lebih banyak penguapan kelembapan dan garam alkali terangkat dekat ke permukaan tanah.

Di tempat yang benar-benar jarang vegetasinya (dengan banyak bagian gundul di sela-selanya) relatif terdapat sedikit humus. Di daerah semacam ini, tanahnya berwarna cokelat sangat muda, terkadang hampir kuning.

Sebagian besar tanah Amerika Utara adalah tanah peldafer yang lembap, yang berkat adanya kelembapan, telah membentuk endapan hidroksida aluminium dan oksida besi. Tanah itu berkisar dari jenis subarktik di Alaska dan Kanada sebelah utara sampai jenis tropis di hutan-rimba Meksiko.

Tanah sebelah utara mempunyai humus yang cukup tebal yang terdiri atas busukan daun-jarum pinus, batang, dan akar-akar pohon. Humus ini digusur oleh air dari salju yang mencair dan hujan awal musim panas.

Di daerah beriklim sedang seperti Amerika Serikat bagian selatan dan Kalifornia, suhu musim panas yang tinggi, beserta kelembapan tanah yang cukup tinggi, telah mengakibatkan oksidasi kuat unsur-unsur besi di dalam tanah. Oleh karenanya, tanahnya seringkali berwarna kemerah-merahan.

Di bagian yang sangat panas dan lembap di pesisir Meksiko selatan, terdapat tanah merah yang sangat lapuk. Tanah yang lapisan teratasnya telah tergusur oleh erosi, sama sekali tidak subur, sedangkan yang bagian teratasnya masih tertahan, bagus untuk menanam tanaman pangan, tebu, atau padi.