Amerika Utara benua yang bhineka

Amerika Utara benua yang bhineka yang mencolok dan merupakan tantangan nyata, benua dengan sumber energi yang melimpah dan berpeluang besar.

Benua ini belum lama didiami oleh orang Indian dan belum lama pula ditemukan oleh orang Eropa. Peradaban awal Amerika Utara berkembang dalam keterkucilan geografi yang besar dan, oleh karenanya, benua itu selama bertahun-tahun belum mempunyai pengaruh luas di dunia secara keseluruhan.

Sewaktu orang Eropa telah sampai di Amerika Utara untuk membangun koloni, mereka mendapati benua itu dalam keadaan yang boleh dikata kosong dan belum dikembangkan.

Akan tetapi, karena mereka datang berbekal ketrampilan Eropa yang telah berabad-abad usianya itu, mereka mampu memanfaatkan lahan dengan cepat dan tepat guna.

Amerika Utara benua yang bhineka

Amerika Utara benua yang bhineka

Kunjungi Peta Amerika Utara atau di google map

Orang Spanyol lebih tertarik ke Amerika Tengah dan Selatan daripada ke Utara. Basis mereka di Meksiko sebagian besar dikucilkan dari Amerika Utara oleh gurun pasir.

Oleh karena itu, mereka kehilangan kekuasaan mereka atas Texas dan Kalifornia. Namun, mereka telah banyak berbuat untuk menyulap Meksiko menjadi wajah Latin, mengingatkan kita kepada negara Mediterania. Orang Prancis menyebar luas, tetapi sedikit-sedikit, dan tidak mampu memantapkan kekuasaannya.

Kekuasaan tersebut diambil alih oleh Inggris, yang bagaimanapun juga secara bijak memberi peluang bagi perkembangan pandangan hidup Perancis-Kanada secara keseluruhan. Kanada diarahkan menjadi negara dwibudaya.

Ia berupaya untuk melestarikan suatu perimbangan antara unsurnya yang bhineka itu. Problema utamanya adalah tidak adanya wilayah yang layak huni di utara dan keberadaan wilayah selatan yang berupa Amerika Serikat yang adidaya itu.

Bangsa Amerika mengambil alih ketiga belas koloni pesisir Atlantik dari tangan Inggris. Mereka membentuk suatu negara yang terbentang sampai jauh di luar pegunungan Appalachia, merebut jantung benua yang kaya itu di Danau-Danau Besar dan dataran Ohio-Mississippi, melintasi pegunungan Rocky, dan memantapkan kekuasaannya di pesisir Pasifik. Kepentingan vital Amerika Serikat kini membentang dari Eropa sampai ke Asia.

Bersama-sama dengan Kanada dan Meksiko, Amerika Serikat telah mengembangkan sumber alam benua itu serta samudra yang mengapitnya secara besar-besaran.

Pengembangan itu telah sering membuahkan kebhinekaan regional yang kuat, yang menciptakan keragaman kehidupan. Pengembangan itu pun membuahkan taraf hidup rata-rata tertinggi di dunia.

Dalam semua pengembangan itu, geografi telah memainkan peran penting saat manusia tiba untuk menantang rintangan dan memanfaatkan sebanyak mungkin peluang yang dikandung Amerika Utara.

Baca juga: Urbanisasi Amerika Latin yang tak terbendung