Kanada negara terbesar di Amerika Utara

  • Whatsapp
Kanada negara terbesar di Amerika Utara

Kanada adalah negeri terbesar di Amerika Utara dan negeri terbesar kedua di dunia. Kanada dibatasi oleh Samudra Arktik di sebelah utara, oleh Samudra Pasifik di sebelah barat, dan oleh Samudra Atlantik, Selat Davis, serta Teluk Baffin di sebelah timur.

Kanada dan negara tetangga terdekatnya Amerika Serikat sama-sama menguasai lahan perbatasan sepanjang 8.892 km. Negara tetangganya yang lain adalah Uni Soviet, yang menghadap Kanada di seberang Kutub Utara dan Samudra Arktik, serta Tanah Hijau (Greenland).

Bacaan Lainnya

Geografi Kanada

Daerah Perisai Kanada yang sarat dengan danau itu terbentang melintasi hampir seperdua wilayah Kanada. Di sepanjang perbatasan sebelah selatannya terletak empat di antara Danau-Danau Besar-yaitu Danau Superior, Danau Huron, Danau Erie, dan Danau Ontario-dan Tanah Rendah Sungai St. Lawrence.

Di sepanjang tepi sebelah barat Perisai Kanada itu terletak Danau Budak Besar, Danau Beruang Besar, serta sejumlah danau besar lainnya. Tanah yang berbatu-batu dan cuaca yang dingin telah mempersulit usaha pertanian di sebagian besar daerah Perisai Kanada itu.

Namun, berbagai sumber listrik tenaga air yang sangat besar dan endapan mineral yang kaya (termasuk emas, bijih besi, timbel, seng, tembaga dan berbagai logam lainnya) terus menarik para pemukim membanjir ke utara.

Peta Kanada

Tepat di sebelah barat Perisai Kanada terbentang dataran prairi yang bergelombang, yaitu suatu daerah yang terkenal karena gandumnya yang melimpah dan endapan minyaknya yang kaya.

Lebih ke barat lagi, Pegunungan Rocky yang megah dan berbagai barisan Cordillera bagian barat Kanada menjulang dari tepi bagian barat lahan prairi itu. Jajaran pegunungan yang tidak rata itu mencapai titik yang tinggi (5.951 m) di Gunung Logan, yakni gunung tertinggi di Kanada, yang terletak di Pegunungan St. Elias di Yukon.

Pegunungan yang lebih tua dan lebih rendah di jajaran Pegunungan Appalachia mencapai pesisir Kanada sebelah timur. Daerah yang terletak di ujung utara Kanada, yang berbatasan dengan Teluk Hudson dan Samudra Arktik, adalah lahan kosong yang tertutup tundra dan beriklim setengah beku serta kaya dengan satwa liar.

Danau-Danau Besar seperti St. Lawrence merupakan jajaran saluran utama di Kanada. Meskipun daerah ini membeku dan tidak terjangkau di musim dingin, jalur air besar ini tetap merupakan jalur perniagaan utama.

Serangkaian pintu air, terusan, serta berbagai sarana hasil karya manusia pada jalur itu telah memungkinkan kapal samudra mencapai berbagai pelabuhan yang jauh letaknya dari laut di daerah pedalaman negeri ini.

Prasarana yang terpenting adalah Saluran St. Lawrence; Terusan Welland, yang menghantar kapal ke daerah di sekitar Air Terjun Niagara; serta Terusan Soo.

Sejumlah sungai besar, yang tidak begitu penting artinya dipandang dari segi ekonomi, adalah Sungai Mackenzie, yang mengalir ke utara menuju ke Samudra Arktik; Sungai Nelson, yang bermuara di Teluk Hudson; dan Sungai Fraser, yang bermuara ke laut di Vancouver.

Pemanfaatan Sungai Kolumbia, Sungai St. Lawrence serta berbagai perairan lainnya yang menyeberangi atau yang sama-sama menjadi bagian perbatasan Amerika Serikat dan Kanada diatur tersendiri dalam berbagai perjanjian antara kedua negara tersebut.

Pegunungan salju Kanada

Iklim Kanada

Daerah Kanada selatan, yang dihuni oleh sebagian besar penduduk Kanada, beriklim sedang. Di musim dingin suhu tetap sedang berkat adanya angin yang bertiup ke daerah pesisir setelah dihangatkan oleh Hanyutan Pasifik Utara (Arus Jepang).

Musim dingin yang lebih hebat terjadi di Propinsi Prairi dan daerah yang letaknya lebih jauh ke timur. Di musim panas, udara di daerah baratdaya tetap sejuk karena adanya angin yang bertiup ke arah pantai sehingga perbedaan antara suhu di musim panas dan suhu di musim dingin adalah yang paling kecil.

Di daerah yang berdekatan dengan perbatasan Amerika Serikat, suhu cenderung tinggi di musim panas, tetapi di daerah yang terletak lebih ke utara lagi, suhunya cenderung lebih rendah.

Daerah-daerah yang terletak di ujung utara beriklim Arktik. Akan tetapi, bahkan di daerah yang letaknya jauh di sebelah utara Lingkaran Arktik sekalipun, suhu di siang hari pernah mencapai 37,50.

Daerah pesisir barat dan timur Kanada bercurah hujan melimpah, tetapi semakin ke pedalaman semakin berkurang curah hujannya. Lereng-lereng tadah angin di Kolumbia Inggris bercurah hujan tertinggi, sedangkan daerah prairi selatan dan pedalaman Kolumbia Inggris paling rendah curah hujannya.

Curah hujan yang melimpah di daerah lembap itu merupakan sumber tenaga hidroelektrik yang kaya. Sebaliknya, irigasi membawa manfaat di berbagai daerah gersang dan setengah gersang.

Belakangan ini, sebagian besar air hujan yang menimpa Kanada telah tercemar oleh bahan pencemar yang berasal dari berbagai pabrik dan instalasi listrik di Amerika Serikat. Air hujan yang tercemar yang disebut ”hujan asam” ini telah merusak hutan di Kanada dan membinasakan ikan serta berbagai organisme lain yang menghuni danau kecil.

Pemerintah Kanada telah mengambil langkah untuk mengurangi banyaknya bahan pencemar yang dikeluarkan oleh pabrik yang ada di negerinya sendiri serta telah mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk mengambil langkah serupa.

Penduduk Kanada

Sembilan di antara sepuluh penduduk Kanada tinggal di daerah ujung selatan yang luasnya hanya sepersepuluh wilayah Kanada, dalam jarak beberapa ratus kilometer dari perbatasan Amerika Serikat, sedangkan yang sembilan persepuluhnya boleh dikata tidak dihuni.

Propinsi yang paling padat penduduknya adalah Ontario dan Quebec, yang dihuni oleh enam di antara sepuluh penduduk Kanada. Ketiga Propinsi Prairi-yaitu Alberta, Saskatchewan, dan Manitoba-lebih jarang penduduknya, yakni hanya dihuni oleh dua di antara sepuluh penduduk Kanada.

Hanya seorang (lebih sedikit) dari sepuluh orang Kanada tinggal di Kolumbia Inggris, sedangkan keempat Propinsi Atlantik yaitu Brunswick Baru, Nova Scotia, Pulau Prince Edward, serta Newfoundland dan Labrador-dihuni oleh satu (kurang sedikit) dari sepuluh penduduk Kanada.

Semua propinsi dan wilayah itu mempunyai daerah hutan dan tanah kosong yang sangat luas dan pada hakekatnya tidak berpenghuni, kecuali pulau kecil Prince Edward yang seluruh wilayahnya telah dihuni.

Kebudayaan Campuran

Bangsa Kanada adalah keturunan sejumlah kelompok etnik yang bhineka. Kelompok yang paling kecil jumlah warganya adalah suku bangsa asli yang nenek moyangnya telah menghuni lahan itu lama sebelum datangnya orang Eropa.

Suku bangsa Inuit (mereka lebih menyukai sebutan ini daripada sebutan Eskimo yang bersifat merendahkan itu) merupakan golongan minoritas terkecil. Mereka terutama tinggal di Wilayah Baratlaut dan berbagai daerah di sebelah utara Quebec, Ontario, dan Labrador.

Yang berwarga agak banyak adalah suku bangsa Indian yang terutama tinggal di sejumlah permukiman dan suaka yang mendapat perlindungan khusus di semua propinsi dan wilayah kecuali Newfoundland.

Penduduk Kanada Prancis mencakup sedikit lebih dari seperempat seluruh penduduk Kanada. Mereka umumnya tinggal di Propinsi Quebec yang penduduknya lebih sering menggunakan bahasa Prancis ketimbang bahasa Inggris, serta di Brunswick Baru.

Kebanyakan penduduk Kanada Prancis adalah keturunan para pemukim Prancis yang datang ke daerah Kanada bagian timur pada abad ke-17 dan ke-18.

Banyak di antara orang Prancis yang bermukim di daerah yang dahulu dikenal sebagai Acadia (sekarang Brunswick Baru dan Nova Scotia) itu diusir dari tempat tinggal mereka pada tahun 1755 setelah Inggris mengalahkan Prancis dan berhasil menguasai daerah itu.

Namun, penduduk Quebec menuntut hak untuk tidak hanya melestarikan lahan mereka saja, tetapi juga bahasa serta adat kebiasaan leluhur mereka kepada para penguasa Inggris dan berhasil memperolehnya dengan ditandatanganinya Perjanjian Quebec tahun 1774.

Penduduk Kanada keturunan Inggris meliputi kira-kira seperdua dari seluruh penduduk Kanada saat ini. Banyak di antara para pemukim Inggris itu berasal dari Skotlandia dan Irlandia dan membawa serta berbagai tradisi dan adat istiadat negeri asalnya.

Para pemukim lain-disebut Kaum Loyalis datang ke Kanada dari berbagai koloni Amerika selama berkecamuk Revolusi Amerika. Pada saat ini pengaruh Inggris paling jelas terlihat di bagian paling timur Propinsi Atlantik serta di Ontario dan Kolumbia Inggris.

Penduduk keturunan bangsa lainnya meliputi seperempat dari seluruh penduduk Kanada. Pada awal tahun 1900-an, sejumlah besar petani yang berasal dari Jerman, Ukraina, Italia, Polandia, serta berbagai bangsa Eropa lainnya bermukim di Propinsi Prairi.

Belakangan ini, ”Penduduk Baru Kanada” yang berasal dari berbagai negara Eropa, Cina, India dan lain-Iain bermukim di berbagai kota besar Kanada dan semakin membhinekakan kebudayaan bangsa ini.

Kota Besar Kanada

Kebanyakan penduduk Kanada tinggal di berbagai kota besar. Toronto dan Montreal adalah kota yang terbesar. Kota besar utama lainnya adalah Vancouver, Winnipeg, Ottawa, Hamilton, Kota Quebec, Edmonton, Calgary, dan Halifax.

Ekonomi Kanada

Kanada mempunyai perekonomian industri yang modern serta taraf hidup yang tinggi. Lebih dari setengah dari seluruh kekayaan negara ini diserap dari industri pemanufakturan, yang terpusat di sebelah selatan Ontario dan Quebec.

Produk industri pemanfakturannya yang utama adalah minyak bumi yang sudah dikilang, mobil dan suku cadangnya, bubur kayu dan kertas, bahan pangan olahan, besi dan baja, serta berbagai mesin. Pertambangan adalah industri kedua terbesar.

Minyak dan gas alam merupakan mineral yang paling berharga. Produksinya terpusat di Alberta dan Saskatchewan. Sejumlah endapan besar minyak dan gas alam baru, yang disebut-sebut bakal menandingi endapan mineral sejenis di Alaska, juga sedang dikembangkan di ladang minyak lepas pantai Hibernia yang terletak sejauh 320 km dari pesisir Newfoundland.

Bijih besi, tembaga, nikel, timbel, seng, serta batubara adalah produk mineral penting yang lain. Kanada pun menghasilkan sejumlah besar surplus listrik tenaga air untuk diekspor ke Amerika Serikat. Proyek-proyek raksasa di bidang perlistrikan di Sungai La Grande di dekat Teluk James serta di Air Terjun Churchill adalah di antara yang paling besar di dunia.

Usaha tani merupakan bidang kegiatan yang penting di Propinsi Prairi yang memproduksi sejumlah besar gandum dan padi-padian lain untuk diekspor. Hutan yang sangat luas merupakan sumber bahan mentah untuk industri perkayuan serta bubur kayu dan kertas. Perikanan adalah kegiatan yang penting di Propinsi Atlantik dan di Kolumbia Inggris.

Pemerintahan Kanada

Negara Kanada yang sekarang ini lahir seiring dengan disahkannya Perjanjian Amerika Utara Inggris oleh Parlemen Inggris pada tahun 1867. Perjanjian tersebut menggabungkan ketiga Propinsi Amerika Utara Inggris yaitu Kanada (Ontario plus Quebec), Brunswick Baru, dan Nova Scotia-ke dalam Dominion Kanada.

Konfederasi ini kemudian diperluas dengan bergabungnya sejumlah propinsi lainnya dengan keempat propinsi induk tersebut. Pamor Kanada terus meningkat di kalangan bangsa-bangsa di dunia dan fakta tersebut diakui secara resmi oleh Inggris pada ‘tahun 1931, dengan disahkannya Undang-Undang Westminster.

Dengan demikian, Parlemen meratifikasi status Kanada sebagai sebuah negara yang sederajat dengan Inggris dalam Persemakmuran. Pada tahun 1982 Ratu Elizabeth ll menyerahkan kekuasaan konstitusional penuh dari tangan Inggris kepada Kanada.

Parlemen Kanada, yang bermarkas besar di Ottawa, adalah badan pemerintahan utama. Parlemen terdiri atas Majelis Perwakilan Rendah dan Senat. Majelis Perwakilan Rendah bertugas membuat undang-undang. Senat berfungsi memberi saran atau nasihat secara umum.

Gedung parlemen federal Kanada di Ottawa
Gedung parlemen federal Kanada di Ottawa

Para anggota Majelis Perwakilan Rendah dipilih oleh rakyat, sedangkan para senator ditunjuk oleh gubernur jenderal (wakil Ratu di Kanada) atas saran perdana menteri. Perdana menteri, yang merupakan pejabat politik utama di negeri itu, adalah ketua partai yang memegang mayoritas terbesar di Majelis Perwakilan Rendah.

Kanada adalah sebuah negara konfederasi yang beranggotakan sepuluh propinsi dan dua wilayah. Masing-masing propinsi mempunyai satu badan legislatif satu kamar sendiri. Kepala eksekutif masing-masing propinsi, yaitu perdana menteri, adalah ketua partai yang m

emegang mayoritas terbesar di badan legislatif tingkat propinsi.

Kronologi sejarah Kanada

TAHUNPERISTIWA
1000Orang Viking untuk pertama kalinya mendarat di Amerika Utara, mungkin di Newfoundland dan di Nova Scotia.
1497John Cabot mendarat di pesisir timur Kanada.
1534Cartier menemukan Teluk St. Lawrence.
1604Samuel de Champlain (Bapak Prancis Baru) dan Sieur de Monts mendirikan koloni (Acadia) di muara Sungai St. Croix, Brunswick Baru.
1608Champlain mendirikan kota Quebec.
1642Misi Prancis mendirikan Montreal (Ville Marie).
1670Hudson’s Bay Company (Inggris) mendapat hak carter perdagangan bulu binatang di sekitar Teluk Hudson.
1689-1963Melalui serangkaian peperangan Inggris menaklukkan Prancis Baru.
1774Melalui Perjanjian Quebec, Inggris memberikan kebebasan bagi penduduk Prancis Kanada untuk menjalankan agama serta mempertahankan bahasa, hukum, dan adat kebiasaan mereka.
1791Propinsi Quebec dibagi menjadi Kanada Hulu (sekarang Ontario) dan Kanada Hilir (Quebec).
1793Alexander Mackenzie menjadi orang kulit putih pertama yang melintasi benua di sebelah utara Meksiko.
1812Rombongan perintis Lord Selkirk mendirikan koloni di tempat yang sekarang adalah Winnipeg, menandai dimulainya permukiman di Barat.
1837-1838Pemberontakan meletus di Kanada Hulu dan Hilir.
1839Gubernur Jendral Lord Durham mendesak diberikannya pemerintahan sendiri kepada Kanada.
1840Perjanjian Uni menggabungkan Kanada Hulu dan Hilir di bawah satu pemerintahan.
1848Kanada Serikat memperoleh pemerintahan sendiri.
1849Pulau Vancouver menjadi koloni kerajaan Inggris.
1858Kolumbia Inggris menjadi sebuah koloni.
1864Wakil rakyat Kanada bersidang di Quebec merencanakan Konfederasi.
1866Pulau Vancouver dan Kolumbia Inggris bergabung menjadi Kolumbia Inggris.
1867Perjanjian Amerika Utara inggris melahirkan Dominion Kanada, yaitu sebuah Konfederasi yang terdiri atas empat propinsiM yaitu Quebec, Ontario, Brunswick Baru, dan Nova Scotia.
1869-1870Kanada membeli Lahan St. Rupert dan Wilayah Baratlaut dari Hudson’s Bay Company.
1869Pencaplokan daerah lembah Sungai Merah oleh Kanada mencetuskan pemberontakan pertama orang metis (peranakan Prancis-Indian) di bawah pimpinan Louis Riel.
1870Pemberontakan orang métis dipadamkan; Manitoba bergabung dengan Konfederasi, sebagai propinsi kelima.
1871Kolumbia Inggris menjadi propinsi keenam.
1873Pulau Prince Edward bergabung dengan Dominion (propinsi ketujuh).
1885Jalur Kereta Api Pasifik Kanada yang membentang melintasi seluruh negeri selesai dibangun; Riel, yang memimpin pemberontakan orang métis yang kedua di Saskatchewan, mengalami kekalahan dan dihukum tembak.
1905Alberta dan Saskatchewan masing-masing menjadi propinsi kedelapan dan kesembilan.
1926Krisis yang menyangkut kekuasaan gubernur jendral mengakibatkan penjernihan hubungan Kanada-Inggris dan pemberian otonomi yang lebih besar kepada Kanada.
1931Parlemen Inggris mengesahkan Anggaran Dasar Westminster.
1939-1945Perang Dunia II melibatkan angkatan bersenjata Kanada di seluruh dunia.
1945Kanada membangun reaktor nuklir pertama di luar Amerika Serikat (di Sungai Kapur, Ontario).
1949Dengan bergabungnya Newfoundland sebagai propinsi kesepuluh, Kanada memperoleh bentuknya seperti sekarang ini.
1954-1959Kanada dan Amerika Serikat bekerja sama membangun jalur laut St. Lawrence.
1962Instalasi tenaga nuklir Kanada yang pertama mulai beroperasi di Rolphton, Ontario; Jalan Raya Lintas Kanada selesai dibangun.
1965Kanada mulai menggunakan bendera nasionalnya yang baru yaitu daun mapel merah.
1967Pekan Raya Dunia Expo 67 yang diadakan di Montreal, menandai peringatan ulang tahun ke-1OO Konfederasi Kanada.
1976Olimpiade Musim Panas diadakan di Montreal.
1977-1979Bahasa Prancis merupakan satu-satunya bahasa resmi di Quebec sampai hukum menyatakan hal itu non-konstitusional.
1980Hasil pemungutan suara di Quebec menentang pemisahan diri propinsi tersebut dari Kanada.
1982Ratu menyerahkan kekuasaan konstitusi penuh.
Subscribe to our newsletter

Pos terkait