Brunswick Baru

Brunswick Baru adalah bagian dari Acadia yang diperintah oleh Prancis sampai tahun 1713. Daerah ini kemudian menjadi bagian koloni Inggris Nova Scotia dan menjadi koloni Inggris yang berdiri sendiri pada tahun 1784.

Pada tahun 1867, propinsi ini adalah salah satu di antara keempat propinsi yang pertama kali bergabung dengan Konfederasi Kanada.

Geografi

Brunswick Baru mencakup sudut tenggara daratan Kanada dan Grand Manan serta pulau-pulau kecil lainnya yang’terletak di lepas-pantai Kepulauan Fundy. Hampir 9/10 bagian propinsi ini boleh dikatakan terdiri atas dataran tinggi berbatu yang tak berpenghuni dan hutan-hutan lebat.

Musim panasnya sejuk dan musim saljunya dingin tetapi agak dipernyaman oleh Arus Teluk yang membuat daerah pesisir bebas-es. Lahan-lahan usaha tani terbatas hanya di Lembah Sungai St. John dan pesisir Teluk Fundy.

Brunswick Baru

Kunjungi Brunswick di google map

Fundy yang Mempesona

Brunswick Baru memiliki dua garis pantai yang berbeda, yang dipisahkan oleh leher semenanjung Nova Scotia (atau Tanah Genting Chignecto menurut sebutan tepatnya).

Pantai timur, yang menghadap Teluk St. Lawrence, umumnya datar dan rendah letaknya dan terkenal karena desa-desa nelayan Acadianya yang unik.

Pantai selatan memiliki wajah berbatu yang terjal dan terkenal karena pasangnya yang dalam dan arus pasangnya yang besar dan cepat. Dalam dan kuatnya pasang di sini disebabkan oleh kenyataan bahwa pantai tersebut menghadap Teluk Fundy.

Pasang samudra sangat meningkat tekanan dan kedalamannya sewaktu menerobos Teluk Fundy yang sempit sepanjang 160 km itu. Sewaktu bulan mengenakan tarikannya yang terbesar, pasang dapat naik dan turun lebih dari 15 m di berbagai bagian teluk itu, yang berarti bahwa air akan lebih dalam 15 m pada pasang naik daripada pada pasang turun.

Gejolak naik turun yang besar ini membuahkan pemandangan yang luar biasa di Brunswick Baru. Salah satu di antaranya adalah air terjun balik di dekat muara Sungai Saint John.

Pada waktu pasang naik, sungai itu didesak ke belakang oleh air laut sampai ke serangkaian tebing padas, seperti air terjun atau riam yang terbalik. suatu gejala luar biasa lainnya terjadi di muara Sungai Petitcodiac, di dekat ujung teluk itu, tempat pasang mencapai titik tertingginya.

Pada waktu pasang naik, suatu dinding air yang beberapa meter tingginya dapat terlihat melaju menerobos air yang dangkal sampai ke sungai, menimbulkan pasang yang dapat mencapai Moncton, kira-kira 24 km arah ke hulu.

Penduduk

Di zaman dahulu, Brunswick Baru adalah medan perburuan suku-suku Indian Micmac dan Malecite. Para warga kedua suku tersebut masih hidup di propinsi itu. Kolonisasi pertama adalah oleh orang Acadia Prancis.

Beberapa orang Acadia berhasil meloloskan diri dari pengusiran selama berlangsungnya pengusiran pada tahun 1755 dengan jalan bersembunyi di hutan, sedangkan yang lainnya diusir tetapi kemudian kembali lagi.

Saat ini, kira-kira satu di antara tiga penduduk Brunswick Baru adalah orang Acadia yang berbahasa Prancis. Hal ini membuat Brunswick Baru mempunyai penduduk berbahasa Prancis yang paling banyak di Kanada sesudah Quebec.

Orang Acadia terutama tinggal di pantai timur. Penduduk Brunswick Baru yang berbahasa Inggris mulai datang sesudah akhir perang Prancis dan Indian pada tahun 1763. Selama Revolusi Amerika sejumlah besar lagi datang sebagai kaum Loyalis Kerajaan Serikat, atau simpatisan Inggris, untuk bermukim di Lembah Sungai Saint John.

Para pemukim Skotlandia dan Irlandia, yang datang untuk bekerja di sektor industri perkayuan dan pembuatan kapal pada abad ke-19, memberikan sumbangan lagi kepada tradisi Brunswick Baru yang telah bhineka itu.

Ekonomi Sebagian besar industri pembuatan barang terpusat di kota-kota besar Saint John, Moncton, dan Fredericton. Bubur kertas dan kertas serta makanan olahan merupakan industri pembuatan barang yang utama.

Pertambangan, yang terpusat di dekat Bathrust dan Newcastle, menduduki peringkat kedua dalam nilai produksinya. Seng merupakan barang tambang utama yang dihasilkan.

Kehutanan, yang menempati peringkat ketiga dalam nilainya, pertanian, dan perikanan memberikan sumbangan yang lebih kecil terhadap kekayaan Brunswick Baru dibandingkan dengan di masa silam. Banyak wisatawan Kanada dan Amerika menikmati pesona dwibahasa, kota-kota besar bersejarah, dan hutan serta pantai yang lengang di propinsi itu.

Kota-Kota Besar

Saint John (nama kota ini tidak pernah disingkat) adalah kota terbesar di Brunswick Baru dan pelabuhan kedua terpenting di Propinsi Atlantik sesudah Halifax.

Kota ini berfungsi sebagai persinggahan terakhir jalur Kereta Api Canadian Pacific dan mempunyai pelabuhan yang bebas-es. Ekspornya meliputi gandum dan barang-barang jadi yang dihasilkan oleh daerah pedalaman Kanada.

Kota Moncton yang sibuk dan hiruk-pikuk itu merupakan pusat perkeretaapian dan perniagaan. Fredericton, yang didirikan oleh kaum Loyalis pada tahun 1785 di atas reruntuhan sebuah desa Acadia, adalah ibu kota propinsi.