Newfoundland dan Labrador

Newfoundland, yang resminya disebut Newfoundland dan Labrador sejak tahun 1964, terdiri atas pulau Newfoundland dan daerah Labrador yang sangat luas di daratan Kanada.

Propinsi ini merupakan yang terbesar di antara keempat Propinsi Atlantik, mencakup suatu daerah yang jauh lebih luas ketimbang ketiga propinsi lainnya itu dijadikan satu.

Newfoundland memperoleh status dominion berpemerintahan sendiri dari Kerajaan Inggris pada tahun 1855 tetapi kemudian dipulihkan menjadi koloni setelah mengalami kebangkrutan pada masa Depresi tahun 1930-an. Pada tahun 1949 Newfoundland bergabung dengan Konfederasi Kanada sebagai propinsi kesepuluh dan terbaru Kanada.

Geografi

Newfoundland mencakup hanya 30% dari propinsi tersebut tetapi dihuni oleh 95°o dari seluruh penduduk propinsi. Garis pantainya yang berbatu dan bertakik itu dilatarbelakangi oleh dataran-dataran tinggi berbatu yang tererosi oleh angin, dengan sejumlah danau dan lahan tandus berbatu menjulang tinggi dan bentangan hutan kerdil.

Iklimnya dingin dan mencekam di musim dingin, dengan laut yang membeku, dan sejuk di musim panas. Secara tradisional, penduduk pulau itu mencari nafkah dengan mencari ikan di perairan-perairan pantai dan Tepian Besar di lepas pantai.

Saat ini, mereka sedang berupaya mengeruk keuntungan dari endapan minyak dan gas alam yang melimpah yang ditemukan di lepas-pantai pada tahun 1979 di ladang minyak Hibernia di Tepian Besar.

Mereka mempersengketakan hak pemerintah federal di Ottawa, yang didukung oleh Kejaksaan Agung Kanada pada tahun 1983, untuk memberlakukan hak hukum atas wilayah tersebut.

Labrador, bagian yang lebih besar tetapi lebih sedikit penduduknya dari propinsi tersebut, dipisahkan dari Newfoundland oleh Selat Belle Isle yang sempit. Labrador bernilai karena endapan bijih besinya yang melimpah dan sumber daya hidroelektriknya.

Namun, di luar sejumlah kecil daerah yang telah maju, Labrador masih tetap merupakan daerah perawan yang tak bersahabat, dengan sedikit kota kecil dan permukiman Indian dan Inuit yang bertebaran di sana-sini.

Newfoundland dan Labrador

Kunjungi Newfoundland dan Labrador di google map

Penduduk

Sebagian besar penduduk Newfoundland tinggal di semenanjung Avalon di sebelah tenggara tempat beradanya Saint, John, ibu kota propinsi. Sembilan di antara sepuluh penduduknya adalah keturunan Inggris dan Irlandia.

Sebagian lagi keturunan para pemukim Newfoundland yang paling awal, yang mengabaikan larangan Inggris atas permukiman tetap dan mendirikan koloni-koloni mereka sendiri di daerah ”luar-bandar” yang terpencil.

Saat ini, di daerah terpencil ini kita masih dapat mendengar penduduk berbicara dengan logat dan kosa-kata kuno yang dibawa serta oleh para leluhurnya dari Inggris bagian selatan dan Irlandia.

Mereka dan para imigran yang datang belakangan, yang terutama juga berasal dari Inggris dan Irlandia, menghabiskan musim dingin yang panjang dengan memainkan musik tradisional, menari, bercerita, dan menyanyikan lagu-lagu rakyat tentang tanah air mereka.

Saat ini di Newfoundland, para penggesek biola masih tetap mengalunkan irama-irama pengiring tari-tarian tradisional, dan lagu-lagu rakyat, yang banyak di antaranya menyanjung kehidupan di laut.

Salah satu di antara lagu itu, yang didendangkan oleh penduduk Newfoundland kapan saja mereka berhimpun, adalah balada ceria ”On the Squid jigging Ground”, yang judulnya berasal dari penangkapan (atau ”jigging”) cumi-cumi untuk umpan.

Ekonomi

Penangkapan ikan kini tidak begitu penting bagi perekonomian Newfoundland dibandingkan dengan di masa silam. Pemerintah sedang mendorong banyak penduduk untuk meninggalkan desa-desa mereka yang terpencil dan bermukim di kota-kota tempat tersedia sekolah, rumah-sakit, dan kemudahan-kemudahan modern lainnya.

Sebagian lagi ada yang melepaskan perahu-perahu kecil mereka yang terbuka untuk bergabung dengan awak kapal pukat harimau yang besar dan berperalatan lengkap.

Ada pula yang ditatar untuk bekerja di tambang-tambang bijih besi di Labrador bagian barat, dalam produksi hidroelektrik, atau di pabrik-pabrik bubur-kayu dan kertas di Grand Falls, Corner Brook, dan Stephenville.