Qatar, #45 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Qatar menempati urutan ke-45 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Sumber daya minyak dan gas alam Qatar adalah mesin ekonomi utama negara dan sumber pendapatan pemerintah, mendorong pertumbuhan ekonomi Qatar yang tinggi dan tingkat pendapatan per kapita, pengeluaran negara yang kuat untuk hak publik, dan boomingnya pengeluaran konstruksi, terutama ketika Qatar bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia di 2022.

Meskipun pemerintah telah mempertahankan tingkat pengeluaran modal yang tinggi untuk proyek-proyek infrastruktur yang sedang berlangsung, harga minyak dan gas alam yang rendah dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan Pemerintah Qatar memperketat beberapa pengeluaran untuk membantu membendung defisit anggarannya.Ketergantungan Qatar pada minyak dan gas alam kemungkinan akan bertahan di masa mendatang.

Cadangan gas alam terbukti melebihi 25 triliun meter kubik – 13% dari total dunia dan, di antara negara-negara, terbesar ketiga di dunia. Cadangan minyak terbukti melebihi 25 miliar barel, memungkinkan produksi untuk terus pada tingkat saat ini selama sekitar 56 tahun.

Terlepas dari dominasi minyak dan gas alam, Qatar telah membuat keuntungan yang signifikan dalam memperkuat sektor-sektor non-minyak, seperti manufaktur, konstruksi, dan jasa keuangan, menyebabkan PDB non-minyak terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir menjadi hanya setengah dari totalnya.

Menyusul pembatasan perdagangan yang diberlakukan oleh Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir pada tahun 2017, Qatar membangun rute perdagangan baru dengan negara-negara lain untuk mempertahankan akses ke impor.

Qatar

PDB $ 167 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 1,6%
PDB per Kapita: $ 63.500
Neraca Perdagangan / PDB: 3,9%
Populasi: 2,4 juta
Hutang / PDB Publik: 54%
Pengangguran: 8,9%
Inflasi: 0,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 61
Kebebasan Moneter: 100
Hak Properti: 25
Inovasi: 37
Teknologi: 9
Pita Merah: 76
Investor Protection: 155
Korupsi: 28
Kebebasan pribadi: 120
Beban pajak: 2

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.