Kosta Rika, #48 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Kosta Rika menempati urutan ke-48 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Sejak 2010, Kosta Rika telah menikmati pertumbuhan ekonomi yang kuat dan stabil – 3,8% pada 2017. Ekspor pisang, kopi, gula, dan daging sapi adalah tulang punggung ekspor komoditasnya.

Berbagai produk pertanian industri dan olahan telah memperluas ekspor dalam beberapa tahun terakhir, seperti halnya barang-barang bernilai tambah tinggi, termasuk peralatan medis.

Bacaan Lainnya

Keanekaragaman hayati Kosta Rika yang mengesankan juga menjadikannya tujuan utama ekowisata. Investor asing tetap tertarik dengan stabilitas politik negara itu dan tingkat pendidikan yang relatif tinggi, serta insentif yang ditawarkan di zona perdagangan bebas; Kosta Rika telah menarik salah satu tingkat investasi langsung asing per kapita tertinggi di Amerika Latin.

Perjanjian Perdagangan Bebas AS-Amerika Tengah-Republik Dominika (CAFTA-DR), yang berlaku efektif untuk Kosta Rika pada tahun 2009, membantu meningkatkan investasi asing langsung di sektor-sektor utama ekonomi, termasuk asuransi dan telekomunikasi.

Namun, infrastruktur yang buruk, biaya energi yang tinggi, birokrasi yang kompleks, perlindungan investor yang lemah, dan ketidakpastian pelaksanaan kontrak menghambat investasi yang lebih besar. Ekonomi Kosta Rika juga menghadapi tantangan karena meningkatnya defisit fiskal, meningkatnya utang publik, dan tingkat pendapatan domestik yang relatif rendah.

Kemiskinan tetap sekitar 20-25% selama hampir 20 tahun, dan jaring pengaman sosial pemerintah yang kuat telah terkikis karena meningkatnya kendala dalam pengeluarannya.

Peringkat kredit Kosta Rika diturunkan dari stabil menjadi negatif pada 2015 dan lagi pada 2017, meningkatkan tekanan pada suku bunga kredit – yang dapat merugikan bisnis kecil, pada defisit anggaran – yang dapat merusak pembangunan infrastruktur, dan pada tingkat pengembalian investasi – yang dapat melunakkan investasi asing langsung (FDI).

Tidak seperti Amerika Tengah lainnya, Kosta Rika tidak sangat tergantung pada pengiriman uang – yang mewakili hanya 1% dari PDB pada 2016, tetapi sebaliknya bergantung pada FDI yang menyumbang 5,1% dari PDB.

Kosta Rika

GDP $ 58 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3,3%
PDB per Kapita: $ 11.600
Neraca Perdagangan / PDB: -2,9%
Populasi: 5 juta
Hutang / PDB Publik: 49%
Pengangguran: 8,1%
Inflasi: 1,6%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 54
Kebebasan Moneter: 25
Hak Properti: 31
Inovasi: 55
Teknologi: 55
Pita Merah: 124
Investor Protection: 111
Korupsi: 37
Kebebasan pribadi: 1
Beban pajak: 52

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait