Meksiko, #54 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsMeksiko menempati urutan ke 54 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi $ 2,4 triliun Meksiko, terbesar ke-11 di dunia semakin berorientasi pada manufaktur sejak Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) diberlakukan pada tahun 1994.

Pendapatan per kapita kira-kira sepertiga dari AS; distribusi pendapatan tetap sangat tidak merata. Meksiko telah menjadi pasar ekspor terbesar kedua AS dan sumber impor terbesar ketiga. Pada 2017, perdagangan dua arah barang dan jasa melebihi $ 623 miliar.

Bacaan Lainnya

Meksiko memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan 46 negara, menempatkan lebih dari 90% perdagangannya di bawah perjanjian perdagangan bebas.

Pada 2012, Meksiko membentuk Aliansi Pasifik dengan Peru, Kolombia, dan Chili. Pemerintah Meksiko saat ini, dipimpin oleh Presiden Enrique PENA NIETO, telah menekankan reformasi ekonomi, mengesahkan dan menerapkan undang-undang reformasi energi, keuangan, fiskal, dan telekomunikasi, antara lain, dengan tujuan jangka panjang untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi di seluruh ekonomi Meksiko.

Sejak 2015, Meksiko telah mengadakan lelang publik atas hak eksplorasi dan pengembangan minyak dan gas serta untuk kontrak pembangkit tenaga listrik jangka panjang.

Meksiko juga telah mengeluarkan izin untuk impor, distribusi, dan penjualan ritel produk minyak olahan sektor swasta dalam upaya untuk menarik investasi swasta ke dalam sektor energi dan mendorong produksi.

Sejak 2013, pertumbuhan ekonomi Meksiko rata-rata 2% setiap tahun, tidak memenuhi harapan sektor swasta bahwa reformasi menyeluruh Presiden PENA NIETO akan meningkatkan prospek ekonomi.

Pertumbuhan diprediksi tetap di bawah potensi mengingat penurunan produksi minyak, harga minyak yang lemah, masalah struktural seperti produktivitas rendah, ketimpangan tinggi, sektor informal besar yang mempekerjakan lebih dari setengah tenaga kerja, lemahnya aturan hukum, dan korupsi.

Ekonomi Meksiko tetap rentan terhadap ketidakpastian seputar masa depan NAFTA, karena Amerika Serikat adalah mitra dagang utama dan kedua negara berbagi rantai pasokan terintegrasi – dan terhadap potensi pergeseran kebijakan domestik setelah peresmian presiden baru pada Desember 2018.

Meksiko

PDB $ 1,151 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2%
PDB per Kapita: $ 8,900
Neraca Perdagangan / PDB: -1,7%
Populasi: 126 juta
Hutang / PDB Publik: 54%
Pengangguran: 3,4%
Inflasi: 6%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 10
Kebebasan Moneter: 74
Hak Properti: 72
Inovasi: 50
Teknologi: 76
Pita Merah: 84
Investor Protection: 71
Korupsi: 123
Kebebasan pribadi: 66
Beban pajak: 97

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait