Maroko, #62 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Maroko menempati urutan ke-62 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini telah memanfaatkan kedekatannya dengan Eropa dan biaya tenaga kerja yang relatif rendah untuk bekerja menuju pembangunan ekonomi yang beragam, terbuka, dan berorientasi pasar.

Sektor-sektor utama ekonomi termasuk pertanian, pariwisata, kedirgantaraan, otomotif, fosfat, tekstil, pakaian jadi, dan subkomponen. Maroko telah meningkatkan investasi di pelabuhan, transportasi, dan infrastruktur industri untuk memposisikan diri sebagai pusat dan perantara bisnis di seluruh Afrika.

Strategi pengembangan industri dan peningkatan infrastruktur – yang paling jelas digambarkan oleh pelabuhan baru dan zona perdagangan bebas dekat Tangier meningkatkan daya saing Maroko.

Pada tahun 1980-an, Maroko adalah negara yang berhutang banyak sebelum melakukan langkah-langkah penghematan dan reformasi pro-pasar, yang diawasi oleh IMF.

Sejak naik takhta pada tahun 1999, Raja MOHAMMED VI telah memimpin ekonomi yang stabil ditandai dengan pertumbuhan yang stabil, inflasi yang rendah, dan secara bertahap jatuh pengangguran, meskipun panen yang buruk dan kesulitan ekonomi di Eropa berkontribusi terhadap perlambatan ekonomi.

Untuk meningkatkan ekspor, Maroko menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas bilateral dengan AS pada 2006 dan perjanjian Status Lanjutan dengan UE pada 2008.

Pada akhir 2014, Maroko menghapus subsidi untuk bensin, solar, dan bahan bakar minyak, secara dramatis mengurangi pengeluaran yang membebani anggaran negara dan akun berjalan.

Subsidi untuk gas butana dan produk makanan tertentu tetap berlaku. Maroko juga berupaya memperluas kapasitas energi terbarukannya dengan tujuan menjadikan lebih dari 50% kapasitas pembangkit listrik yang dapat diperbarui pada tahun 2030.

Di samping kemajuan ekonomi Maroko, negara itu menderita pengangguran tinggi, kemiskinan, dan buta huruf, terutama di daerah pedesaan. Tantangan ekonomi utama bagi Maroko termasuk reformasi sistem pendidikan dan peradilan.

Maroko

PDB $ 109 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,1%
PDB per Kapita: $ 3.000
Neraca Perdagangan / PDB: -3,6%
Populasi: 34,3 juta
Hutang / PDB Publik: 65%
Pengangguran: 10,2%
Inflasi: 0,8%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 82
Kebebasan Moneter: 51
Hak Properti: 58
Inovasi: 78
Teknologi: 93
Pita Merah: 33
Investor Protection: 63
Korupsi: 73
Kebebasan pribadi: 110
Beban pajak: 25

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.