Seychelles, #66 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsSeychelles menempati urutan ke-66 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Sejak kemerdekaan pada tahun 1976, hasil per kapita di kepulauan Samudra Hindia ini telah meluas hingga kira-kira tujuh kali tingkat pra-kemerdekaan, hampir subsisten, memindahkan pulau itu ke kelompok negara-negara berpenghasilan tinggi.

Pertumbuhan telah dipimpin oleh sektor pariwisata, yang secara langsung mempekerjakan sekitar 26% dari angkatan kerja dan secara langsung dan tidak langsung menyumbang lebih dari 55% dari PDB, dan oleh penangkapan ikan tuna.

Bacaan Lainnya

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah mendorong investasi asing untuk meningkatkan layanan hotel dan industri pariwisata. Pada saat yang sama, pemerintah telah bergerak untuk mengurangi ketergantungan pada pariwisata dengan mempromosikan pengembangan sektor keuangan, informasi, dan komunikasi lepas pantai, dan energi terbarukan.

Pada tahun 2008, setelah menghabiskan cadangan devisa, Seychelles gagal pembayaran bunga karena Eurobond $ 230 juta, meminta bantuan dari IMF, dan segera memberlakukan sejumlah reformasi struktural yang signifikan, termasuk liberalisasi nilai tukar, reformasi sektor publik untuk memasukkan PHK, dan penjualan beberapa aset negara.

Pada Desember 2013, IMF menyatakan bahwa Seychelles telah berhasil beralih ke ekonomi berbasis pasar dengan lapangan kerja penuh dan surplus fiskal.

Namun, perusahaan milik negara masih memainkan peran penting dalam perekonomian. Efektif 1 Januari 2017, Seychelles tidak lagi memenuhi syarat untuk mendapat manfaat perdagangan berdasarkan Undang-Undang Pertumbuhan dan Peluang Afrika AS setelah memperoleh status negara maju.

Seychelles tumbuh sebesar 5% pada tahun 2017 karena sektor pariwisata yang kuat dan harga komoditas yang rendah. Pemerintah Seychellois memenuhi kriteria kinerja IMF untuk 2017 tetapi mengakui kebutuhan untuk membuat kemajuan tambahan untuk mengurangi ketidaksetaraan pendapatan tinggi, diwakili oleh koefisien Gini sebesar 46,8.

Sebagai ekonomi terbuka yang sangat kecil yang bergantung pada pariwisata, Seychelles tetap rentan terhadap perkembangan seperti penurunan ekonomi di negara-negara yang memasok turis, bencana alam, dan perubahan kondisi iklim lokal dan suhu laut.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi pemerintah adalah menerapkan strategi yang akan meningkatkan ketahanan jangka panjang Seychelles terhadap perubahan iklim tanpa melemahkan pertumbuhan ekonomi.

Seychelles

GDP $ 1 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 5,3%
PDB per Kapita: $ 15.500
Neraca Perdagangan / PDB: -20,5%
Populasi: 100.000
Hutang / PDB Publik: 64%
Pengangguran: 3%
Inflasi: 2,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 46
Kebebasan Moneter: 60
Inovasi: 49
Teknologi: 63
Pita Merah: 127
Investor Protection: 102
Korupsi: 35
Kebebasan pribadi: 66
Beban pajak: 31

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait