Makedonia, #68 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Tanjung News – Makedonia menempati urutan ke-68 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Sejak kemerdekaannya pada tahun 1991, negeri ini telah membuat kemajuan dalam meliberalisasi ekonominya dan meningkatkan lingkungan bisnisnya.

Tarif pajak yang rendah dan zona ekonomi bebas telah membantu menarik investasi asing, yang masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Korupsi dan lemahnya aturan hukum masih menjadi masalah besar.

Beberapa bisnis mengeluhkan peraturan buram dan penegakan hukum yang tidak merata. Ekonomi Makedonia terkait erat dengan Eropa sebagai pelanggan untuk ekspor dan sumber investasi dan telah menderita sebagai akibat dari kelemahan berkepanjangan di zona euro.

Pengangguran tetap tinggi secara konsisten di sekitar 23% tetapi mungkin terlalu tinggi berdasarkan keberadaan pasar abu-abu yang luas, diperkirakan antara 20% dan 45% dari PDB, yang tidak ditangkap oleh statistik resmi.

Makedonia bekerja untuk membangun jaringan pipa dan distribusi gas bumi di seluruh negara. Saat ini, Makedonia menerima pasokan gas alam kecilnya dari Rusia melalui Bulgaria.

Pada tahun 2016, Makedonia menandatangani nota kesepahaman dengan Yunani untuk membangun interkonektor yang dapat terhubung ke Trans Adriatic Pipeline yang akan melintasi wilayah setelah selesai, atau ke terminal impor LNG di Yunani.

Makedonia mempertahankan stabilitas makroekonomi melalui krisis keuangan global dengan melakukan kebijakan moneter yang hati-hati, yang membuat mata uang domestik terpatok pada euro, dan inflasi pada tingkat yang rendah.

Namun, dalam dua tahun terakhir, krisis politik internal telah menghambat kinerja ekonomi, dengan pertumbuhan PDB melambat pada 2016 dan 2017, dan investasi swasta dan publik dalam negeri menurun.

Kebijakan fiskal lemah, dengan pengeluaran publik yang tidak produktif, termasuk subsidi dan kenaikan pensiun, dan meningkatnya jaminan untuk hutang perusahaan milik negara, dan target fiskal secara konsisten terlewatkan.

Pada 2017, utang publik stabil sekitar 47% dari PDB, masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara Balkan Barat dan negara-negara Eropa lainnya.

Makedonia

GDP $ 11 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 0%
PDB per Kapita: $ 5,400
Neraca Perdagangan / PDB: -1,3%
Populasi: 2.1 juta
Hutang / PDB Publik: 39%
Pengangguran: 22,4%
Inflasi: 1,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 12
Kebebasan Moneter: 55
Inovasi: 98
Teknologi: 69
Pita Merah: 45
Investor Protection: 6
Korupsi: 97
Kebebasan pribadi: 85
Beban pajak: 31

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.