Yordania, #69 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsYordania menempati urutan ke-69 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi negeri ini adalah salah satu yang terkecil di Timur Tengah, dengan pasokan air, minyak, dan sumber daya alam lainnya yang tidak mencukupi, yang mendasari ketergantungan pemerintah yang besar pada bantuan asing.

Tantangan ekonomi lain untuk pemerintah termasuk tingginya angka pengangguran dan setengah pengangguran, defisit anggaran dan transaksi berjalan, dan utang pemerintah.

Bacaan Lainnya

King ABDALLAH, selama dekade pertama tahun 2000-an, menerapkan reformasi ekonomi yang signifikan, seperti memperluas perdagangan luar negeri dan memprivatisasi perusahaan milik negara yang menarik investasi asing dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi tahunan rata-rata 8% untuk 2004 hingga 2004 hingga 2008.

Kerlambatan ekonomi global dan gejolak regional berkontribusi pada pertumbuhan yang lebih lambat dari 2010 hingga 2017 dengan pertumbuhan rata-rata sekitar 2,5% per tahun – dan melukai sektor-sektor yang berorientasi ekspor, konstruksi/real estat, dan pariwisata.

Sejak dimulainya perang saudara di Suriah dan mengakibatkan krisis pengungsi, salah satu tantangan sosial ekonomi Jordan yang paling mendesak adalah mengelola masuknya sekitar 660.000 pengungsi yang terdaftar di PBB, lebih dari 80% di antaranya tinggal di daerah perkotaan Yordania.

Sensus resmi Jordan sendiri memperkirakan jumlah pengungsi pada 1,3 juta warga Suriah pada awal 2016. Jordan hampir sepenuhnya bergantung pada energi impor sebagian besar gas alam dan energi secara konsisten mencapai 25-30% dari impor Jordan.

Untuk mendiversifikasi bauran energinya, Jordan telah mendapatkan beberapa kontrak untuk gas alam cair dan pipa, mengembangkan beberapa proyek energi terbarukan, dan saat ini sedang mengeksplorasi pembangkit tenaga nuklir dan eksploitasi cadangan serpih minyak yang berlimpah.

Pada Agustus 2016, Jordan dan IMF menyetujui Fasilitas Dana Diperpanjang senilai $ 723 juta yang bertujuan untuk membangun program IMF tiga tahun senilai $ 2,1 miliar yang berakhir pada Agustus 2015 dengan tujuan membantu Jordan memperbaiki ketidakseimbangan anggaran dan keseimbangan pembayaran.

Yordania

PDB $ 40 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2%
PDB per Kapita: $ 4.100
Neraca Perdagangan / PDB: -10,6%
Populasi: 10,5 juta
Hutang / PDB Publik: 96%
Pengangguran: 18,3%
Inflasi: 3,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 66
Kebebasan Moneter: 4
Hak Properti: 42
Inovasi: 59
Teknologi: 74
Pita Merah: 92
Investor Protection: 113
Korupsi: 54
Kebebasan pribadi: 110
Beban pajak: 84

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait