Kuwait, #71 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Kuwait menempati urutan ke-71 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini memiliki ekonomi yang secara geografis kecil, tetapi kaya, relatif terbuka dengan cadangan minyak mentah sekitar 102 miliar barel lebih dari 6% dari cadangan dunia.

Para pejabat Kuwait berencana untuk meningkatkan produksi menjadi 4 juta barel setara minyak per hari pada tahun 2020. Minyak menyumbang lebih dari setengah dari PDB, 92% dari pendapatan ekspor, dan 90% dari pendapatan pemerintah.

Dengan harga minyak dunia yang menurun, Kuwait menyadari defisit anggaran pada tahun 2015 untuk pertama kalinya lebih dari satu dekade; pada 2016, defisit tumbuh hingga 16,5% dari PDB.

Pihak berwenang Kuwait mengumumkan pemotongan subsidi bahan bakar pada Agustus 2016, yang memicu kemarahan publik dan Majelis Nasional, dan Amir membubarkan pemerintah untuk ketujuh kalinya dalam sepuluh tahun. Pada 2017 defisit berkurang menjadi 7,2% dari PDB, dan pemerintah mengumpulkan $ 8 miliar dengan menerbitkan obligasi internasional.

Terlepas dari ketergantungan Kuwait pada minyak, pemerintah telah melindungi diri dari dampak penurunan harga minyak, dengan menabung setiap tahun setidaknya 10% dari pendapatan pemerintah dalam Fund for Future Generations.

Kuwait telah gagal untuk mendiversifikasi ekonominya atau mendukung sektor swasta, karena iklim bisnis yang buruk, sektor publik besar yang mempekerjakan sekitar 74% warga, dan hubungan sengit antara Majelis Nasional dan cabang eksekutif yang telah menghambat sebagian besar reformasi ekonomi.

Pemerintah Kuwait telah membuat sedikit kemajuan pada rencana pembangunan ekonomi jangka panjang yang pertama kali disahkan pada tahun 2010.

Sementara pemerintah berencana untuk menghabiskan hingga $ 104 miliar selama empat tahun untuk mendiversifikasi ekonomi, menarik lebih banyak investasi, dan mendorong partisipasi sektor swasta dalam ekonomi, banyak proyek tidak terwujud karena situasi politik yang tidak menentu atau keterlambatan pemberian kontrak. Untuk meningkatkan pendapatan non-minyak.

Pemerintah Kuwait pada Agustus 2017 menyetujui rancangan undang-undang yang mendukung pajak pertambahan nilai bagi Dewan Kerjasama Teluk yang dijadwalkan mulai berlaku pada 2018.

Kuwait

PDB $ 121 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: -3,3%
PDB per Kapita: $ 29.000
Neraca Perdagangan / PDB: 5,9%
Populasi: 2.9 juta
Hutang / PDB Publik: 21%
Pengangguran: 1,1%
Inflasi: 1,5%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 84
Kebebasan Moneter: 112
Hak Properti: 62
Inovasi: 103
Teknologi: 62
Pita Merah: 115
Investor Protection: 71
Korupsi: 77
Kebebasan pribadi: 110
Beban pajak: 7

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Bagi anda yang suka Traveling dan ingin mencari Akomodasi Wisata (hotel, vila, rental mobil, restoran, dll) terdekat dan terlengkap silahkan cari di bawah ini! Booking.com