Montenegro, #72 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung News – Montenegro menempati urutan ke-72 Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi negeri ini sedang beralih ke sistem pasar. Sekitar 90% dari perusahaan milik negara Montenegro telah diprivatisasi, termasuk 100% dari perbankan, telekomunikasi, dan distribusi minyak.

Pariwisata, yang menyumbang lebih dari 20% dari PDB Montenegro, mendatangkan pengunjung tiga kali lebih banyak dari total populasi Montenegro setiap tahun.

Bacaan Lainnya

Beberapa kompleks wisata mewah baru sedang dalam berbagai tahap pengembangan di sepanjang pantai, dan sejumlah sedang ditawarkan sehubungan dengan fasilitas berperahu dan berperahu pesiar di dekatnya.

Selain pariwisata, energi dan pertanian dianggap sebagai dua pilar ekonomi yang berbeda. Hanya 20% dari potensi tenaga air Montenegro yang digunakan. Montenegro berencana untuk menjadi eksportir energi netto, dan pembangunan kabel bawah laut ke Italia, yang akan selesai pada akhir 2018, akan membantu memenuhi tujuannya.

Montenegro menggunakan euro sebagai mata uang domestiknya, meskipun ia bukan anggota resmi zona euro. Pada Januari 2007, Montenegro bergabung dengan Bank Dunia dan IMF, dan pada Desember 2011, WTO. Montenegro memulai negosiasi untuk bergabung dengan UE pada 2012, setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Dewan Eropa, yang meminta Montenegro untuk mengambil langkah-langkah untuk memerangi korupsi dan kejahatan terorganisir.

Pemerintah mengakui perlunya menghilangkan hambatan agar tetap kompetitif dan membuka perekonomian bagi investor asing. Investasi asing langsung bersih pada tahun 2017 mencapai $ 848 juta dan investasi per kapita adalah yang tertinggi di Eropa, karena tarif pajak perusahaan yang rendah. Investor asing terbesar di Montenegro pada tahun 2017 adalah Norwegia, Rusia, Italia, Azerbaijan dan Hongaria.

Montenegro saat ini sedang merencanakan perbaikan besar-besaran terhadap jaringan jalan dan relnya, dan kemungkinan perluasan sistem transportasi udara.

Pada tahun 2014, Pemerintah Montenegro memilih dua perusahaan Tiongkok untuk membangun bagian sepanjang 41 km dari sistem jalan raya negara itu, yang akan menjadi bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan Cina.

Biaya pinjaman yang lebih murah telah merangsang pertumbuhan utang Montenegro, yang saat ini duduk di 65,9% dari PDB, dengan perkiraan, tidak ada konsolidasi fiskal, meningkat menjadi 80% setelah pembayaran kembali ke Ex / Im Bank China dari pinjaman jalan raya 800 juta euro yang dimulai pada tahun 2019 Montenegro pertama kali melembagakan pajak pertambahan nilai (PPN) pada April 2003 dan memperkenalkan tarif PPN yang dibedakan dari 17% dan 7% (untuk pariwisata) pada Januari 2006.

Pemerintah Montenegro meningkatkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) non-pariwisata menjadi 21% pada Januari 2018, dengan tujuan mengurangi utang publiknya.

Montenegro

GDP $ 5 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 4,3%
PDB per Kapita: $ 7,700
Neraca Perdagangan / PDB: -16,3%
Populasi: 600.000
Hutang / PDB Publik: 67%
Pengangguran: 16,1%
Inflasi: 2,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 54
Kebebasan Moneter: 28
Hak Properti: 98
Inovasi: 74
Teknologi: 58
Pita Merah: 80
Investor Protection: 56
Korupsi: 58
Kebebasan pribadi: 66
Beban pajak: 61

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait