Panama, #75 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Tanjung NewsPanama menempati urutan ke-75 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi berbasis dolar negeri ini terutama bertumpu pada sektor jasa yang berkembang dengan baik yang menyumbang lebih dari tiga perempat PDB.

Layanan termasuk pengoperasian Terusan Panama, logistik, perbankan, Zona Perdagangan Bebas Colon, asuransi, pelabuhan peti kemas, flagship registry, dan pariwisata dan Panama adalah pusat perbankan lepas pantai.

Sektor jasa transportasi dan logistik Panama, bersama dengan proyek pembangunan infrastruktur, telah mendorong pertumbuhan ekonomi; namun, utang publik melampaui $ 37 miliar pada 2016 karena pengeluaran pemerintah yang berlebihan dan proyek pekerjaan umum.

Perjanjian Promosi Perdagangan AS-Panama disetujui oleh Kongres dan ditandatangani menjadi undang-undang pada Oktober 2011, dan mulai berlaku pada Oktober 2012.

Pertumbuhan di masa depan akan didukung oleh proyek ekspansi Terusan Panama yang dimulai pada 2007 dan diselesaikan pada 2016 dengan biaya $ 5,3 miliar sekitar 10-15% dari PDB saat ini.

Proyek ekspansi lebih dari dua kali lipat kapasitas Kanal, memungkinkannya mengakomodasi kapal berkapasitas tinggi seperti kapal tanker dan kapal neopanamax yang terlalu besar untuk melintasi kanal yang ada. AS dan Cina adalah pengguna teratas Terusan.

Kinerja ekonomi yang kuat belum diterjemahkan ke dalam kemakmuran bersama secara luas, karena Panama memiliki distribusi pendapatan terburuk kedua di Amerika Latin. Sekitar seperempat populasi hidup dalam kemiskinan; namun, dari 2006 hingga 2012 kemiskinan berkurang 10 persen.

Panama

PDB $ 62 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 5,4%
PDB per Kapita: $ 15.100
Neraca Perdagangan / PDB: -4,9%
Populasi: 3,8 juta
Hutang / PDB Publik: 38%
Pengangguran: 6%
Inflasi: 0,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 92
Kebebasan Moneter: 71
Hak Properti: 53
Inovasi: 66
Teknologi: 81
Pita Merah: 46
Investor Protection: 96
Korupsi: 86
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 146

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelije

Bagi anda yang suka Traveling dan ingin mencari Akomodasi Wisata (hotel, vila, rental mobil, restoran, dll) terdekat dan terlengkap silahkan cari di bawah ini! Booking.com