Namibia, #96 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Namibia menempati ke-96 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi negeri ini sangat bergantung pada ekstraksi dan pengolahan mineral untuk ekspor. Penambangan menyumbang sekitar 12,5% dari PDB tetapi memberikan lebih dari 50% dari pendapatan valuta asing.

Endapan berlian aluvial yang kaya menjadikan Namibia sumber utama untuk berlian berkualitas permata. Penambangan intan laut semakin penting karena persediaan intan terestrial telah berkurang.

Meningkatnya biaya penambangan berlian, terutama dari laut, dikombinasikan dengan peningkatan produksi berlian di Rusia dan Cina, telah mengurangi margin keuntungan. Otoritas Namibia telah menekankan perlunya menambah nilai pada bahan baku, melakukan lebih banyak manufaktur dalam negeri, dan mengeksploitasi pasar jasa, terutama di sektor logistik dan transportasi.

Namibia adalah salah satu produsen uranium terbesar di dunia. Tambang uranium Husab milik Cina mulai memproduksi bijih uranium pada tahun 2017 dan diperkirakan akan mencapai produksi penuh pada Agustus 2018 dan menghasilkan 15 juta pound uranium per tahun.

Namibia juga memproduksi seng dalam jumlah besar dan merupakan produsen emas dan tembaga yang lebih kecil. Ekonomi Namibia tetap rentan terhadap fluktuasi harga komoditas dunia dan kekeringan. Namibia biasanya mengimpor sekitar 50% dari kebutuhan serealnya; di tahun-tahun kekeringan, kekurangan pangan menjadi masalah di daerah pedesaan.

PDB per kapita yang tinggi, relatif terhadap kawasan itu, mengaburkan salah satu distribusi pendapatan yang paling tidak setara di dunia; pemerintah saat ini telah memprioritaskan mengeksplorasi skema redistribusi kekayaan sambil berusaha mempertahankan lingkungan yang pro-bisnis.

Pertumbuhan PDB pada 2017 melambat menjadi sekitar 1%, namun, karena kontraksi di sektor konstruksi dan pertambangan, serta kekeringan yang sedang berlangsung. Pertumbuhan diperkirakan akan pulih secara moderat pada tahun 2018.

Kompak Millennium Challenge Corporation lima tahun berakhir pada September 2014. Sebagai negara berpenghasilan menengah atas, Namibia tidak memenuhi syarat untuk compact kedua. Ekonomi Namibia terkait erat dengan Afrika Selatan dengan dolar Namibia dipatok satu-satu dengan rand Afrika Selatan.

Namibia menerima 30% -40% dari pendapatannya dari Southern Customs Union (SACU) Afrika Selatan; volatilitas dalam ukuran penjatahan tahunan SACU Namibia dan harga mineral global mempersulit perencanaan anggaran.

Namibia Negara Terbaik Untuk Bisnis

Namibia

GDP $ 13 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: -0,8%
PDB per Kapita: $ 5.200
Neraca Perdagangan / PDB: -3,3%
Populasi: 2,5 juta
Hutang / PDB Publik: 41%
Pengangguran: 34%
Inflasi: 6,1%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 61
Kebebasan Moneter: 102
Inovasi: 77
Teknologi: 105
Pita Merah: 146
Investor Protection: 96
Korupsi: 48
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 70

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait