Bosnia dan Herzegovina, #98 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung News – Bosnia dan Herzegovina menempati urutan ke 98 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini memiliki ekonomi transisi dengan reformasi pasar terbatas. Ekonomi sangat bergantung pada ekspor logam, energi, tekstil, dan furnitur serta pada pengiriman uang dan bantuan asing.

Pemerintah yang sangat terdesentralisasi menghambat koordinasi dan reformasi kebijakan ekonomi, sementara birokrasi yang berlebihan dan pasar yang tersegmentasi menghambat investasi asing. Ekonomi termasuk yang paling tidak kompetitif di kawasan ini.

Bacaan Lainnya

Bank asing, terutama dari Austria dan Italia, mengendalikan sebagian besar sektor perbankan, meskipun bank terbesar adalah bank domestik swasta.

Konvertibilna marka (convertible mark) mata uang nasional yang diperkenalkan pada tahun 1998 dipatok ke euro melalui pengaturan dewan mata uang, yang telah mempertahankan kepercayaan pada mata uang dan telah memfasilitasi hubungan perdagangan yang dapat diandalkan dengan mitra Eropa.

Bosnia dan Herzegovina menjadi anggota penuh Perjanjian Perdagangan Bebas Eropa Tengah pada September 2007. Pada 2016, Bosnia memulai program pinjaman IMF selama tiga tahun, tetapi telah berjuang untuk memenuhi tolok ukur reformasi ekonomi yang diperlukan untuk menerima semua angsuran dana.

Sektor swasta Bosnia dan Herzegovina tumbuh lambat, tetapi investasi asing turun tajam setelah 2007 dan tetap rendah. Pengangguran yang tinggi tetap menjadi masalah ekonomi makro yang paling serius.

Keberhasilan penerapan pajak pertambahan nilai pada tahun 2006 memberikan sumber pendapatan yang stabil bagi pemerintah dan membantu mengendalikan aktivitas pasar abu-abu, meskipun persepsi publik tentang korupsi pemerintah dan penyalahgunaan uang pembayar pajak telah mendorong ekonomi informal yang besar untuk bertahan.

Statistik tingkat nasional telah meningkat dari waktu ke waktu, tetapi sebagian besar kegiatan ekonomi tetap tidak resmi dan tidak tercatat. Prioritas ekonomi utama Bosnia dan Herzegovina adalah: percepatan integrasi ke dalam UE; memperkuat sistem fiskal; reformasi administrasi publik; Keanggotaan Organisasi Perdagangan Dunia; dan mengamankan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong sektor swasta yang dinamis dan kompetitif.

Bosnia dan Herzegovina Negara Terbaik Untuk Bisnis

Bosnia dan Herzegovina

GDP $ 18 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3%
PDB per Kapita: $ 5.200
Neraca Perdagangan / PDB: -4,8%
Populasi: 3,8 juta
Hutang / PDB Publik: 40%
Pengangguran: 20,5%
Inflasi: 1,2%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 12
Kebebasan Moneter: 36
Hak Properti: 107
Inovasi: 114
Teknologi: 86
Pita Merah: 156
Investor Protection: 71
Korupsi: 81
Kebebasan pribadi: 91
Beban pajak: 117

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Baca juga:

Pos terkait