Sejarah Negara Com
Ensiklopedia sejarah dan negara

20 Juli kematian Bruce Lee meninggalkan misteri

kematian Bruce Lee

20 Juli kematian Bruce Lee meninggalkan misteri – Bruce Lee aktor dan ahli seni bela diri lahir di San Fransisco tanggal 27 November 1940 dan meninggal 20 Juli 1973 pada umur 32 tahun adalah aktor bela diri Hong Kong. Masa kecil hingga remaja tinggal di Hong Kong, masa mudanya berkarier di Amerika Serikat.

Bruce Lee mempopulerkan film-film kungfu ke seluruh dunia, namun sayang ia meninggal dalam usia muda (32 tahun) pada tahun 1973.

Kronologi Kematian Bruce Lee

Dilansir dari Wikipedia, pada tanggal 20 Juli 1973, Bruce mengalami sakit kepala. Ia dianjurkan untuk meminum obat penghilang rasa sakit bernama Equagesic.

Namun yang mengejutkan, setelah meminum satu pil, ia tertidur dan koma. Bruce Lee tidak bisa bangun kembali dan dinyatakan meninggal dunia. Mengapa secepat itu Bruce Lee meninggal dunia?

Setelah sembilan hari kemudian penelitian forensik menyatakan sebab kematian Bruce Lee. Dinyatakan bahwa Bruce hipersensitif terhadap obat tersebut yang mengakibatkan pembengkakan di dalam otak yang berujung pada koma dan kematiannya.

Rumor kematian Bruce Lee

Hingga saat ini, kematian aktor bela diri terkenal ini masih dipertanyakan publik. Rumor dan spekulasi tentang penyebab kematiannya kian mencuat.

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa Bruce telah dibunuh oleh mafia Cina atau saat berhubungan dengan Betty Ting Pei, seorang artis yang konon jadi kekasih gelapnya. Lee dirumorkan minum obat kuat.

Namun, rumor ini dibantah oleh yang bersangkutan Betty Ting Pei dalam sebuah wawancara tahun 2013. Meskipun Betty tak mengelak memiliki hubungan istimewa dengan Bruce Lee, namun ia membantah bahwa aktor ini tewas karena hal tersebut.

“Usiaku saat itu baru 26 tahun. Orang yang dianggap sebagai pria paling sehat di muka Bumi tewas di hadapanku. Aku sama sekali tak bisa menerimanya,” kata dia seperti dikutip situs The Star.

Yang lebih aneh lagi, muncul rumor lain beredar yang mengatakan, bahwa Lee menjadi korban kutukan.

Teori kutukan ini muncul kembali ketika putra sang aktor, bernama Brandon Lee yang mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang aktor, juga meninggal pada usia muda 28 tahun.

Brandon Lee tewas pada sebuah insiden penembakan tak disengaja di lokasi film The Crow pada tanggal 31 Maret 1991. Ia kemudian dikebumikan di samping ayahnya di Seattle Lake View Cemetery.

Profil Bruce Lee

Nama Tionghoa李小龍 (Tradisional)
Nama Tionghoa李小龙 (Sederhana)
PinyinLǐ Xiǎolóng (Mandarin)
Jyutpinglei5 siu2 lung4 (Kanton)
Nama LahirLee Jun Fan
李振藩 (Tradisional)
李振藩 (Sederhana)
Lǐ Zhènfān (Mandarin)
lei5 zan3 faan4 (Kanton)
LeluhurShunde, Guangdong, Tiongkok
AsalHong Kong
Lahir27 November 1940
San Francisco, California
Wafat20 Juli 1973 (umur 32)
Kowloon Tong
MakamSeattle, Washington
Taman Makam Lakeview
Tahun aktif1941–1973
AnakBrandon Lee (1965–1993)
Shannon Lee (lahir 1969)
Orang tuaLee Hoi-chuen (1901-1965)
Grace Ho
Situs webwww.bruceleefoundation.com
www.brucelee.com
PasanganLinda Emery (lahir 1945) (1964-1973)