Kepatuhan Masyarakat Menaati Protokol Kesehatan, Kunci Penanggulangan Covid-19

Jakarta, Sejarah Negara Com – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda hampir semua negara di dunia menimbulkan dampak multidimensi yang sangat luas, baik kesehatan, ekonomi, sosial, maupun keagamaan. Pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan dalam menanggulangi Covid-19, sebagaimana Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menetapkan fatwa.

Para ulama dari berbagai organisasi massa (ormas) Islam juga telah memberikan tausiyah dan bimbingannya. Namun, fatwa-fatwa tersebut baru dapat memberikan manfaat apabila adanya kepatuhan masyarakat untuk mematuhinya.

“Namun semua itu tidak akan banyak bermanfaat apabila masyarakat tidak mematuhinya,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di hadapan peserta Seminar Daring Universitas Al-Azhar, Rabu (5/8/2020).

Oleh karena itu, Wapres menegaskan bahwa salah satu kunci suksesnya penanganan pandemi Covid-19 adalah kepatuhan masyarakat terhadap berbagai aturan dan ketentuan yang ditetapkan baik oleh pemerintah maupun para ulama.

“Yang sangat diperlukan adalah sekarang ini kepatuhan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan pemerintah, fatwa MUI, dan arahan para ulama, sehingga masyarakat akhirnya diharapkan bersikap sami’na wa atha’na,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wapres juga menuturkan bahwa pemerintah dalam mengambil setiap kebijakan penanggulangan pandemi Covid-19 adalah semata-mata untuk menjaga kemaslahatan rakyat, baik dari dampak kesehatan, sosial, maupun ekonomi.

Untuk itu, ia mengajak berbagai elemen masyarakat agar turut aktif melakukan upaya penyadaran secara terus-menerus kepada semua pihak agar terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Semoga dengan begitu mata rantai penularan Covid-19 bisa diputus dan pandemi ini segera berakhir,” tuturnya.

Wapres pun tak lupa menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak khususnya para ulama yang telah turut memberikan tuntunan, serta kepada masyarakat yang sudah menjalankan protokol kesehatan baik di tempat ibadah, pasar, dan di berbagai tempat keramaian lainnya.

“Saya mengharapkan agar kita semua terus menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” pesan Wapres. (RN, KIP-Setwapres)