Negara Bagian Pasifik Amerika Serikat: Washington, Oregon, dan Kalifornia

Negara Bagian Pasifik yang terdiri atas Washington, Oregon, dan Kalifornia, merupakan garis depan terakhir Amerika Serikat (kecuali Alaska). Bagi banyak orang, negara bagian ini, terutama Kalifornia,memberikan gambaran tentang harta, kehidupan di alam terbuka, dan kesantaian yang berlimpah dibandingkan dengan di tempat lain.

Penduduk Negara Bagian Pasifik lebih sering berpindah daripada penduduk di bagian lain Amerika Serikat. Mereka menyetir mobil lebih cepat dan lebih jauh di sepanjang jalan raya paling modern di negara ini. Meskipun .Pesisir Pasifik masih merupakan suatu wilayah dengan daerah luas dan pemandangan alam yang unik, sebagian besar penduduknya tinggal di kota-kota besar.

Penduduk Barat secara tradisional sangat antusias terhadap negara bagian tempat tinggal mereka. Penduduk Washington, Oregon, dan Kalifornia berpegang teguh kepada tradisi tersebut. Namun, terdapat banyak isyu mendasar tertentu yang semakin memprihatinkan di wilayah itu. Kalifornia, misalnya, mulai menghadapi problem kelebihan penduduk, asbut, dan pencemaran yang ditimbulkan oleh semakin berjubelnya manusia dan mobil.

Semua laporan tentang bagaimana kehidupan yang nyaman di Barat itu telah mengakibatkan banjirnya pendatang baru ke Kalifornia dari segenap penjuru Amerika Serikat.

emua Negara Bagian Pasifik menghadapi problem keresahan perkotaan, pencemaran udara dan air, rusaknya lingkungan, dan pesatnya perluasan penggunaan lahan pertanian untuk pembangunan perumahan. Namun, penduduk barat telah bertekad untuk mencari cara guna memecahkan problem-problem itu.

Masing-masing Negara Bagian Pasifik mengambil namanya dari tradisi Amerika yang berbeda. Washington adalah satu-satunya negara bagian yang dinamai dengan nama seorang presiden Amerika. Oregon berasal dari kata Indian Amerika yang berarti Sungai Besar Barat yang legendaris. (Mungkin yang dimaksudkan oleh orang Indian adalah Sungai Kolumbia).

Nama ”Kalifornia” mungkin dicuplik dari halaman novel Spanyol. Nama itu aslinya adalah nama sebuah pulau ajaib yang dihuni oleh grifin yang jahat (makhluk bertubuh singa dan bersayap) dan wanita-wanita kesatria. Seperti namanya, yang berasal dari budaya yang berbeda, demikian pula berbagai kebudayaan modern negara bagian itu sendiri bersifat bhineka.

Kalifornia mempunyai reputasi sebagai wilayah yang penuh rona dan tak berpenghuni, sedangkan Oregon berkesan ramah dan stabil (sebagian orang menyebutnya konservatif). Washington terkenal karena penduduknya yang penuh gairah dan kebanggaan atas lingkungan alam pegunungan yang unik di negara bagian itu.

Bahkan dalam lingkungan negara bagian tersebut terdapat kebhinekaan regional. Misalnya, kota kosmopolitan San Francisco yang bergaya berlainan dengan Los Angeles yang resah dan semrawut itu. Namun, semua penghuni Negara Bagian Pasifik memiliki keekaan yang membuat mereka membentuk suatu rumpun penduduk yang lain dari kerabat mereka di ”timur sana”.

Peta Negara Bagian Pasifik Amerika Serikat

Geografi

Salah satu di antara keanekaan penduduk Pesisir Pasifik adalah kebanggaan mereka terhadap keelokan alam dan kebhinekaan fisik lahan mereka. Misalnya, bayangkan bahwa Anda naik pesawat terbang yang menuju ke timur dari pelabuhan laut yang molek, Monterey, bekas ibu kota Kalifornia Spanyol.

Begitu meninggalkan ombak yang berdebur, pohon pinus cipres Monterey, dan lahan-lahan asparagus, Anda melintasi Lembah Salinas, ”pusat selada dunia”. Kemudian Anda terbang melintasi Kisaran Cabilan, yaitu sebuah lembah kecil, dan kemudian Kisaran Diablo, lalu sampailah Anda di bentangan luas Lembah San Joaquin, yang terhampar ke arah timur seperti permadani hijau dan cokelat. Irigasi telah menyulap Lembah San Joaquin menjadi salah satu daerah pertanian paling subur di dunia.

Di depan menjulang puncak-puncak megah Sierra Nevada dan di bawahnya mencuat pohon kayumerah raksasa di Taman Nasional Sequoia; beberapa di antara pohon-pohon itu ada yang sudah berumur lebih dari 2.000 tahun. Selanjutnya, pesawat terbang melayang di atas Gunung Whitney yang tingginya 4.418 m, titik tertinggi di Amerika Serikat di luar Alaska.

Namun, setelah melintasi Lembah Owens dan Kisaran Panamint, tiba-tiba saja pandangan tertumbuk kepada titik terendah di Belahan Bumi Barat, yaitu gurun sangar yang sesuai dengan namanya Lembah Maut. Gurun tersebut serendah 86 m di bawah paras laut dan merupakan salah satu titik terpanas di muka bumi ini di musim panas.

Di luarnya, Pegunungan Penguburan yang angker menandai perbatasan sebelah timur Kalifornia. Semua kebhinekaan geografi yang tajam itu dapat kita saksikan selama penerbangan yang hanya 480 km jaraknya dalam suatu penerbangan langsung dari barat ke timur.

Sebagai suatu satuan fisik, Negara Bagian Pasifik mirip dengan huruf ”H” yang ramping dan miring. Di sepanjang pesisir membentang Kisaran Pesisir, yang secara geologi masih sangat muda dan masih mengalami pergolakan. Garis sesarnya yang terkenal, yaitu Sesar San Andreas, dapat memacu gempa bumi seperti yang menggetarkan San Francisco pada tahun 1906.

Lebih jauh ke timur, sejajar dengan kisaran Pesisir, adalah Pegunungan Cascade (di utara) dan Sierra Nevada (di selatan) yang lebih tinggi. Pegunungan Klamath di Kalifornia sebelah utara dan sebelah selatan Oregon, yang menghubungkan kedua sistem yang lebih besar itu, membentuk garis melintang dari formasi huruf H.

Di atas garis melintang itu dan di sela-sela kisaran tersebut terletak lembah Perairan Dalam Puget di Washington dan Sungai Willamette di Oregon. Di bawah garis melintang itu terdapat Sungai Sacramento dan San Joaquin, yang merupakan sumber air utama di Lembah Tengah besar di Kalifornia.

Suatu kisaran melintang lainnya, yaitu Kisaran Tehachapi, melengkung di sekeliling ujung selatan Lembah Tengah, memisahkannya dari Kalifornia selatan, dan membentuk subwilayahnya sendiri.

Air dan Iklim

Meskipun pemeo ”tidak pernah hujan di Kalifornia” itu tentu saja tidak benar, tampaknya memang seperti itulah keadaannya bagi para pengunjung di musim panas, karena sebagian besar Kalifornia jarang disiram hujan dari bulan April sampai Oktober. Di Pesisir Barat curah hujan biasanya lebih tinggi di utara daripada di selatan dan lebih tinggi di musim dingin daripada di musim panas.

Pegunungan lebih lembap ketimbang lembah dan lereng sebelah barat lebih lembap daripada lereng timur. Awan rendah dan kabut yang berhembus ke timur dari samudra sering berubah menjadi hujan di sepanjang Kisaran Pesisir.

Karena arus yang lebih tinggi, kelembapannya cenderung melompati lembah dan tercurah sebagai hujan (atau salju di musim dingin) sewaktu menerpa puncak-puncak tinggi Pegunungan Cascade dan Sierra Nevada, maka curah hujan di beberapa lahan pertanian di lembah paling subur yang bermusim tanam panjang tidak memadai karena setelah memperoleh pasok tahunan dari banjir musim dingin, hampir tak pernah disiram hujan selama 9 bulan berikutnya-maka irigasi dan pengendalian banjir merupakan tindakan yang perlu untuk sebanyak mungkin memanfaatkan lahan pertanian, bahkan yang terbaik sekalipun.

Air benar-benar merupakan raja, tetapi raja yang sulit ditebak dan tiran. Untuk mengatasi despotismenya dibangunlah berbagai sistem irigasi, bendungan, dan saluran air raksasa. Daerah Los Angeles, yang dihuni 60°o penduduk Kalifornia dan menyedot 2% sediaan airnya, memperoleh sebagian pasok airnya dari Lembah Owens, 320 km di sebelah utara. Sistem air terusmenerus dikembangkan. Air merupakan komoditi vital bagi pertanian komersial yang mahaluas dan bagi konsumsi rumah tangga wilayah itu.

Salah satu sebab yang membuat iklim Pesisir Pasifik itu terkenal adalah bahwa samudra tersebut mempernyaman suhu alur pesisir, yang menjadi pusat sebagian besar penduduknya-misalnya Seattle, Washington, yang meskipun jauh lebih ke utara ketimbang Minneapolis, Minnesota, rata-rata 26° lebih hangat di bulan Januari dan 7° Iebih sejuk di bulan Juli. Namun, Iebih jauh dari pantai dan dari pengaruh samudra yang mempernyaman suhu itu, termometer mungkin menunjukkan angka-angka yang ekstrem.

Penduduk

Tidak ada bagian lain Amerika Serikat yang memiliki kebhinekaan etnik yang lebih besar daripada Negara Bagian Pasifik. Wilayah itu menampung sejumlah besar orang Indian Amerika; orang keturunan hampir semua bangsa Eropa, termasuk sejumlah besar penduduk berdarah Hispanyola; kelompok-kelompok besar masyarakat Asia; dan penduduk kulit hitam yang cukup besar pula.

Sebagian besar dari kebhinekaan budaya itu terdapat di Kalifornia. Washington dan Oregon masing-masing mempunyai lebih dari 90% penduduk kulit putih. Namun, Kalifornia dihuni oleh kelompok-kelompok besar masyarakat dari golongan minoritas ras. Daerah Watts di Los Angeles merupakan wilayah masyarakat kulit hitam terbesar di Barat, sedangkan San Francisco mempunyai Daerah Pecinan yang besar dan penuh rona.

Penduduk Jepang Amerika cukup besar jumlahnya. Lebih dari itu, semakin banyak orang Vietnam dan orang Asia Tenggara lainnya yang membanjiri daerah tersebut sejak pertengahan tahun 1970-an.

Di Kalifornia Selatan, khususnya, terdapat pertumbuhan penduduk Chicano , atau Meksiko-Amerika, yang sangat pesat (4.500.000 jiwa dalam tahun 1980). Kebanyakan dari mereka adalah para pendatang baru dari Meksiko dan merupakan lapisan masyarakat paling miskin di sana.

Orang Chicano sering masuk ke Amerika Serikat secara tidak sah sehingga tidak terjangkau oleh kebanyakan pelayanan sosial dan rawan terhadap pemerasan oleh para tuan tanah dan majikan. Mungkin keluarga buruh tani migran, yang mengikuti musim-musim panen di sekitar negara bagian tersebut, adalah yang paling papa di antara mereka.

Meskipun dalam waktu singkat berbagai kelompok etnik tersebut telah berbaur dengan penduduk yang lain, para anggota golongan minoritas itu masih juga mengalami diskriminasi. Orang Cina, yang dipekerjakan sebagai buruh dalam pembangunan jalur kereta api pada abad ke-19, sejak dulu telah dikesampingkan dan secara sah mendapat perlakuan diskriminatif.

Dalam tahun 1930-an, penduduk Kalifornia yang sudah mapan menentang migrasi para petani Dust Bowl yang telah kehilangan lahan mereka. Kemudian selama Perang Dunia II, orang Jepang Amerika dikirim ke ”kam-kam relokasi”, sehingga banyak di antara mereka yang kehilangan tempat tinggal dan perusahaan mereka.

Akhir-akhir ini, orang kulit hitam telah memprotes ketidakadilan dengan disertai tindak kekerasan yang ditandai oleh unjuk-rasa pada akhir tahun 1960-an. Orang Chicano telah berupaya untuk mengakhiri praktik-praktik diskriminasi yang diperlakukan terhadap mereka, sedangkan orang Asia Tenggara juga sedang berusaha memperoleh kedudukan mereka sebagai warga negara yang sederajat dalam masyarakat Kalifornia yang bhineka itu.

Orang Indian Pesisir Pasifik

Orang Indian di Negara Bagian Pasifik, berbeda dengan orang Indian dalam kisah rakyat, bukanlah pemburu atau penunggang kuda yang jempolan. Hanya sedikit di antara mereka yang mengenakan hiasan kepala dan hanya sedikit pula yang mengumpulkan tengkorak lawannya. Tidak banyak pula yang bertani.

Sebagian besar orang Indian Pasifik itu mengumpulkan kekayaan alam-yaitu baran, biji rumput, buah buni, ikan, dan hewan buruan kecil. Suku-suku Indian Kalifornia hidup di desa-desa kecil dan banyak di antaranya yang menggunakan bahasa mereka sendiri.

Di pesisir baratlaut, orang Indian terutama hidup dari ikan salem dan ikan lain yang melimpah-ruah. Mereka adalah kesatria-kesatria yang lebih keras, dibandingkan dengan orang Indian Kalifornia, dan ahli dalam pertukangan kayu, yang menciptakan tonggak-tonggak totem dengan ukirannya yang rumit.

Mereka mementingkan penumpukan kekayaan dan suka memamerkan kekayaan mereka yang berlebihan. Dalam suatu perayaan, yang disebut potlatch, tuan rumah mungkin menghancurkan sebuah kano atau setumpuk selimut atau bahkan membakar rumahnya sendiri untuk memperlihatkan kekayaannya. Di Dataran Tinggi Kolumbia di sebelah timur Kisaran Cascade, kehidupan orang Indian merupakan perpaduan antara ciri-ciri tertentu kebudayaan pesisir dan adat-istiadat orang Indian Dataran di dekatnya.

Orang Indian tidak merupakan tandingan orang kulit putih yang menyerbu lahan-lahan mereka pada abad ke-18 dan ke-19. Di Baratlaut, orang Indian mengadakan perlawanan yang paling gigih. Yang paling menakjubkan adalah perlawanan sengit Kepala Suku Joseph yang masih muda dan beberapa ratus kesatria Nez Perce’ pada musim panas tahun 1877. Setelah gagal mempertahankan tanah air mereka di Oregon timur terhadap para pemukim kulit putih, suku tersebut memulai perjalanan heroik mereka ke Kanada.

Berkali-kali, dalam jarak lebih dari 1.600 km para kesatria itu menangkis serangan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat yang mengejar mereka, yang jauh lebih banyak jumlahnya itu. Kepala Suku Joseph melarikan diri melintasi Washington, Idaho, dan Montana. Mereka akhirnya terpaksa menyerah di Montana hanya 48 km menjelang perbatasan Kanada.

Pertikaian militer dan penyakit orang kulit putih banyak menelan korban di kalangan suku Pasifik tersebut. Peri kehidupan Indian kuno dibinasakan, kecuali sisa-sisanya yang masih dilestarikan di suaka-suaka yang terpencil.

Sekarang ini di Negara Bagian Pasifik, hanya kira-kira 60.000 orang Indian yang tinggal di sana, padahal pada abad ke-18 jumlah mereka adalah 4 kali lipat. Sebagian besar dari mereka sangat miskin. Sebagian hidup dari bertani di lahan-lahan suaka, sedangkan yang sebagian lagi telah bermigrasi ke kota-kota besar untuk bekerja di pabrik-pabrik.

Akhir-akhir ini, seperti halnya golongan minoritas lain, mereka telah semakin lantang menyuarakan tuntutan mereka akan keadilan yang berada di tangan mayoritas kulit putih. Di Baratlaut, tuntutan itu terungkap dalam berbagai perlawanan untuk membela hak-hak penangkapan ikan salem di lingkungan suku mereka.

Ekonomi

Tidaklah mengherankan kalau perekonomian di suatu wilayah sama bhinekanya dengan Negara Bagian Pasifik ini. Dari usaha di bidang perkayuan di Baratlaut sampai ke kebun-kebun jeruk di Kalifornia Selatan, dari teknologi tinggi di Lembah Silikon sampai ke pemanufakturan pesawat terbang di Seattle, penduduk Negara Bagian Pasifik mencari nafkah dengan cara yang sangat beraneka ragam.

Pertanian

Kalifornia berada di peringkat teratas dibandingkan dengan semua negara bagian di negara ini dalam hal nilai dan keanekaragaman produksi pertaniannya. Negara bagian itu menyajikan ruang lingkup iklim yang luas, dari yang paling kering sampai yang paling lembab dan dari yang sedang sampai yang semitropis. Produk utamanya adalah kapas, buah-buahan (terutama produk jeruk), unggas, ternak, sayur-mayur (terutama tomat), anggur, dan rumput kering.

Irigasilah yang memungkinkan Kalifornia mengatasi hambatan yang berupa curah hujan yang tidak memadai dan memanfaatkan musim tanam yang panjang-rekor 300 hari di Lembah Imperial, cukup untuk panen alfalfa sebanyak 6 kali. Air yang dibelokkan dari Sungai Kolorado di dekatnya telah menyulap lahan yang dulunya gurun di Kalifornia selatan itu menjadi kebun dengan tingkat produktivitas yang menakjubkan.

Di Pasifik Baratlaut pun areal pedalaman yang luas dan lebih kering telah terjangkau irigasi. Di sana, proyek terbesar adalah pengembangan Cekungan Kolumbia di Washington timur. Secara keseluruhan, kira-kira 4.850.000 ha lahan pertanian Washington telah diirigasi. Komoditi pertanian utamanya adalah gandum.

Hasil pertanian utama lainnya adalah bunga-bungaan, umbi-umbian lapis, pohon Natal, dan buah-buahan. Washington mengungguli negara bagian lainnya dalam produksi apel dan buah ceri manis.

Di Oregon Pegunungan Cascade membelah negara bagian itu menjadi dua daerah pertanian yang berbeda satu sama lain. Di sebelah barat kisaran itu curah hujan memadai dan iklimnya sedang. Lembah Willamette, terutama, adalah daerah pertanian subur yang membanggakan kebun-kebun buah-buahan dan sayur-mayurnya.

Di sebelah timur Pegunungan Cascade, terlihat jelas kondisi setengah gersang. Peternakan dan usaha tani gandum merupakan industri utama di sana , sedangkan irigasi merupakan hal yang biasa. Oregon memiliki areal beririgasi per kapita yang lebih luas dibandingkan dengan kedua Negara Bagian Pasifik lainnya.

Pengembangan Sumber Daya Air

Di Barat Jauh yang modern itu, pengembangan sumber air dalam segala bentuknya sebagian besar disubsidi oleh pemerintah federal. Irigasi hanyalah merupakan salah satu dari sasarannya.

Proyek-proyek daerah raksasa seperti yang ada di Cekung Kolumbia dan Lembah Tengah juga dimaksudkan untuk menyediakan listrik tenaga air, pengendalian banjir, dan fasilitas-fasilitas rekreasi. Sekitar sepertiga potensi listrik tenaga air di negara ini tersedia di sistem Kolumbia meskipun sekarang baru sebagian kecil dari potensi itu yang sudah dimanfaatkan.

Untuk produksi tenaga listrik, diperlukan bendungan-bendungan tinggi. Itulah alasan untuk membangun struktur-struktur spektakuler seperti Bendungan Grand Coulee di Washington, Bendungan Shasta di Kalifornia utara, dan Bendungan Hoover di Sungai Kolorado (di perbatasan antara Nevada dan Arizona), yang memasok tenaga listrik dan air ke Kalifornia Selatan.

Industri

Meskipun pertanian penting artinya, masyarakat Pesisir Pasifik sebagian besar telah merupakan masyarakat perkotaan. Bahkan sejak tahun 1910, kira-kira setengah dari penduduk Washington dan Oregon tinggal di kota-kota besar dan kota-kota kecil. Perdagangan kelautan dan industri pertambangan telah menghimpun penduduk di berbagai pelabuhan, kota pertambangan, kota perkayuan, dan desa-desa nelayan.

Pemanufakturan baru sampai pada tahap awal di Negara Bagian Pasifik, sebagian karena terpencilnya daerah Barat Jauh. Ternyata lebih murah membeli produk-produk yang dimanufaktur di daerah itu daripada mengimpornya dari daerah lain di luar pegunungan. Produk-produk yang diangkut dari Barat Tengah dan Timur tidak urung lebih mahal daripada yang dimanufaktur di daerah tersebut.

Di zaman dahulu, industri khas Negara Bagian Pasifik-yaitu pengalengan, anggur, atau penggergajian kayu termasuk dalam pemrosesan sumber-sumber alam di daerah itu. Perusahaan-perusahaan itu menghasilkan anggur Kailifornia yang terkenal atau memproses kayu gelondongan dari Oregon.

Akhir-akhir ini, pemanufakturan telah semakin dianekaragamkan. Industri perkayuan dan penangkapan ikan salem Seattle hampir tertutup bayangan pemanufakturan terbesarnya, yakni Boeing Aircraft.

Pergeseran tersebut terutama tampak nyata di Kalifornia, tempat industri angkasa luar, elektronika, dan film merupakan perusahaan utamanya. Penduduk Kalifornia kira-kira sebanyak 24.000.000 jiwa tidak saja merupakan pasar yang sangat besar tetapi juga merupakan sumber buruh dan ketrampilan teknik yang besar.

Penduduk itu sendiri kini merupakan sumber tenaga utama negara bagian itu. Meskipun iklim yang bagus itu telah merupakan faktor utama yang menarik berbagai industri, seperti pembuatan film dan pesawat terbang, kemasyhuran perusahaan itu sendiri sekarang merupakan magnet tambahan bagi bakatbakat baru.

Kehutanan dan Perikanan

Negara Bagian Pasifik merupakan daerah perkayuan utama di negara ini. Oregon, Washington, dan Kalifornia masing-masing menduduki peringkat pertama, kedua dan ketiga dalam volume kayu yang masih berbentuk pohon. Di Oregon, hampir setengah negara bagian itu berupa lahan hutan, sedangkan Washington mempunyai 9.300.000 ha lahan hutan.

Jenis-jenis kayu utama yang diproses adalah Douglas fir, hemlock, spruce, pinus lodgepole dan pinus ponderosa, serta (di Kalifornia) kayu merah.

Kalifornia menduduki peringkat teratas di antara negara bagian lainnya dalam hal perikanan komersial, berdasarkan nilai ikan tangkapannya. Anchovy, tuna, dan makerel adalah jenis-jenis ikan utamanya.

Penangkapan dan pemrosesan ikan sarden dulu merupakan industri penting di negara bagian itu, tetapi sekarang ikan sarden jarang mendatangi perairan Kalifornia. Ikan salem dan halibut adalah ikan komersial penting di Washington. Negara bagian itu menduduki peringkat kedua sesudah Alaska dalam penangkapan ikan salem.

Mineral

Kalifornia menduduki peringkat ketiga (sesudah Texas dan Louisiana) di antara negara bagian lainnya dalam produksi minyak bumi. Di sana juga terdapat endapan gas alam yang berarti.

Di antara mineral penting lain yang terdapat di ketiga Negara Bagian Pasifik itu adalah emas, perak, tembaga, seng, timbel, pasir dan kerikil, semen, serta batubara. Oregon adalah satu-satunya negara bagian di negara ini yang menghasilkan nikel.

Kota Besar

Los Angeles, San Diego, dan San Francisco, yaitu ketiga kota terbesar di Kalifornia, dibicarakan dalam uraian tentang KOTA AMERIKA SERIKAT.

San lose, kota terbesar keempat di Kalifornia, terletak sekitar 64 km sebelah tenggara San Francisco. Kota itu didirikan pada tahun 1777 dan merupakan ibu kota negara bagian dari tahun 1849-1851.

Sebagai pusat pemasaran dan pemrosesan untuk daerah pertanian yang kaya, San Jose membanggakan lebih dari 50 perusahaan anggurnya. Pada tahun-tahun belakangan ini, kota itu telah menjadi kota utama daerah.teknologi tinggi yang dikenal sebagai Lembah Silikon, yakni suatu pengelompokan pusat industri dan pusat penelitian yang terkait dengan semikonduktor.

Oakland, yang terletak di seberang teluk dari San Francisco, adalah salah satu pelabuhan utama Kalifornia. Di antara industrinya adalah pemrosesan pangan, pabrikasi logam, peralatan transportasi, dan bahan kimia. Sacramento, ibu kota negara bagian, terletak di Kalifornia tengah pada titik temu Sungai Sacramento dan Sungai American.

Di samping kegiatan pemerintahan negara bagian, industri utamanya adalah pemrosesan pangan dan pemanufakturan peralatan medis dan rumah sakit serta produk peralatan angkasa luar dan produk teknologi tinggi lainnya.

Fresno adalah pusat keuangan, pemasaran, dan pemrosesan untuk kawasan pertanian Lembah San Joaquin yang kaya itu. Pemrosesan pangan dan pembuatan anggur merupakan industri penting.

Kalifornia selatan mempunyai beberapa kota besar di daerah Los Angeles pada umumnya. Long Beach, di Teluk San Pedro, adalah pelabuhan utamanya. Industri pemanufakturannya mencakup peralatan angkasa luar, suku cadang mobil dan pesawat terbang, serta peralatan logam dan kimia. Kota ini juga merupakan pusat pariwisata utama.

Santa Barbara, yang terletak di pesisir Samudra Pasifik, adalah kota permukiman dan pariwisata. Minyak diproduksi di dekatnya dan kota itu memiliki banyak fasilitas pemanufakturan dan penelitian teknologi tinggi. Anaheim, adalah pusat industri dan pariwisata utama; Disneyland, salah satu atraksi pariwisata nasional paling menonjol, terletak di kota tersebut.

Oregon dan Washington

Portland, yang terletak pada titik temu Sungai Kolumbia dan Sungai Willamette, adalah kota terbesar di Oregon. Pemanufakturan berbagai produk kayu dan kertas dan peralatan perkayuan merupakan industri utamanya.

Kegiatan lainnya termasuk pabrik yang memproduksi peralatan listrik dan elektronik. Kota itu juga merupakan pusat pemasaran bagi sebagian besar wilayah Oregon dan Washington baratdaya. Salem, ibukota Oregon, terletak di Lembah Willamette yang molek. Industri utamanya mencakup pemrosesan pangan dan produk kayu.

Seattle adalah kota besar di Washington dan merupakan pusat keuangan dan perasuransian di negara bagian itu. Kota itu merupakan pelabuhan utama dan pusat ekspor untuk berbagai bahan dari dan ke Timur Jauh. Boeing Company adalah pemberi pekerjaan terbesar di kota itu (lebih dari 70.000 karyawan).

Produk kayu dan kertas merupakan kegiatan penting lainnya. Olympia, ibu kota negara bagian, adalah kota pelabuhan yang terletak di Selat Puget. Kota terbesar di Washington adalah Tacoma. Kota itu juga merupakan pemanufaktur produk kayu dan kertas dan mempunyai banyak pabrik kimia.

Sejarah

Penjelajahan Eropa atas wilayah Pasifik diawali pada abad ke-16 dengan adanya pelayaran Rodriguez Cabrillo, seorang pelayar Portugis yang berlayar untuk Spanyol, dan pelayaran orang Inggris Sir Francis Drake. Berbagai kekuatan Eropa menjelajahi Pesisir Pasifik selama lebih dari 200 tahun sebelum mendirikan koloni.

Beberapa penemuan penting terjadi agak terlambat. Teluk San Francisco baru ditemukan pada tahun 1769, Selat Juan De Fuca pada tahun 1787, sedangkan muara Sungai Kolumbia pada tahun 1792. Menjelang akhir abad ke-18, kolonisasi Spanyol telah dimulai dari basis-basis di Meksiko.

Lebih jauh ke utara, kapal-kapal Rusia (Uni Soviet), Inggris, dan Amerika melakukan imbal-beli dengan orang Indian untuk memperoleh bulu binatang, sedangkan bulu binatang itu nantinya diimbalbelikan di Cina dengan teh, sutera, dan rempah-rempah.

Penjelajahan lintas daratan dimulai dengan ekspedisi Lewis dan Clark (1804-1806), yang dilanjutkan dengan petualangan para manusia pegunungan seperti Jedediah Smith. Pada awal abad ke-19, orang Rusia pun mempunyai pos perdagangan, yaitu Fort Ross, di Kalifornia.

Kalifornia mula-mula merupakan propinsi Spanyol (1769-1822) dan kemudian menjadi propinsi Meksiko (1822-1848). Pemukiman dirintis oleh para biarawan Franciscus seperti Pater Junipero Serra, yang mendirikan mata rantai misi yang membentang di sepanjang pesisir dari San Diego sampai ke suatu daerah di utara Teluk San Francisco.

Para pendeta misi mengubah ribuan orang Indian menjadi umat Kristen dan mengajarkan kepada mereka bercocok-tanam dan seni industri sederhana. Mereka memperkenalkan tanaman budi-daya yang kelak menjadi tanaman khas Kalifornia, seperti pohon jeruk dan tanaman anggur.

Di samping itu, para misionaris itu juga mengekang penduduk pribumi sampai ke suatu status yang mendekati perbudakan. Dengan tenaga kerja Indian, misi tersebut mekar menjadi pemilik lahan yang maha luas dan pemilik gerombolan besar biri-biri dan sapi.

Pada tahun 1830-an, pemerintah Meksiko menghapuskan sistem pemilikan lahan yang luas di kalangan misi tersebut. Orang Indian yang telah bekerja di lahan-lahan misi itu tercerai berai, bangunan hancur menjadi puing, sedangkan lahan dan ternaknya jatuh ke tangan para peternak swasta.

Pemukiman Amerika

Pada waktu misi-misi tersebut dicampakkan, beberapa ratus orang Amerika telah bermukim di kawasan tersebut. Banyak di antara mereka itu adalah saudagar dan pemilik lahan yang terkemuka.

Pemeliharaan ternak dan ”perdagangan kulit mentah dan lemak hewani” disebut begitu karena digunakannya kulit mentah untuk membuat kulit samakan dan lemak untuk membuat lilin lemak hewani merupakan tulang punggung perekonomian. Kapal-kapal Yankee mengimbalbelikan barang-barang manufaktur dengan kulit mentah sapi yang masih kaku yang dijuluki ”uang kertas Kalifornia”.

Sementara itu negara-negara pesaing mengklaim wilayah baratlaut. Pada tahun 1819, Spanyol menangguhkan pendakuannya atas wilayah di sebelah utara Kalifornia, dan serta-merta orang Rusia menerima garis lintang 54°40’ sebagai batas sebelah selatan koloni Alaska mereka.

Amerika Serikat dan Inggris terus mendaku wilayah Oregon. Secara teoretis mereka berbagi permukiman, tetapi dalam praktik Hudson’s Bay Company milik Inggris menguasai Oregon sampai tahun 1840-an.

Tidak ada benturan militer yang terjadi. Pendakuan terkuat Amerika atas daerah tersebut dibentuk oleh para pemburu bulu binatang bebas dan kemudian oleh para pemukim Amerika. Iring-iringan kereta lintas daratan pertama, yaitu rombongan Bidwell, terdiri atas para petani, yang siap menempuh perjalanan selama 3 atau 4 bulan sejauh 3.200 km di kawasan yang belum dihuni itu disertai harapan untuk memulai hidup baru di lahan yang masih perawan.

Mereka mengikuti jalur yang serta-merta terkenal sebagai Jalur Oregon. Di Fort Hall di tepi Sungai Snake, rombongan tersebut terpecah, separuh menuju ke Oregon dan separuhnya lagi ke Kalifornia. Marcus Whitman dan anggota lainnya yang terkenal juga menuju ke Oregon dan mengirimkan laporan-laporan yang mengesankan.

Pemukim melintasi Jalur Oregon tahun 1840an
Ribuan pemukim melintasi Jalur Oregon tahun 1840-an

Menjelang tahun 1843 iring-iringan orang yang melintasi Jalur Oregon yang semula hanya satu-dua itu telah menjadi iring-iringan panjang. Peristiwa tersebut disebut Migrasi Besar. Lebih dari 1.000 pemukim berjejal di jalur tersebut, sebagian besar menuju ke padang rumput Lembah Willamette yang lengang di Oregon.

Masalah siapa yang berhak memiliki Oregon akhirnya terselesaikan melalui perjanjian antara Inggris dan Amerika Serikat, yang ditandatangani pada tahun 1846. Meskipun masing-masing pihak sebelumnya telah mendaku jauh lebih banyak, kompromi tersebut membagi wilayah Oregon pada garis lintang ke-49, yang telah terlebih dahulu menjadi perbatasan internasional sampai jauh ke timur.

Bagian Amerika, yaitu Wilayah Oregon, mencakup daerah yang bakal menjadi negara bagian Washington, Oregon, dan Idaho, dan sebagian Montana. Oregon menjadi negara bagian pada tahun 1859 dan Washington pada tahun 1889.

Di lain pihak, Kalifornia adalah hadiah penaklukan militer. Pada bulan Juni 1846, para pemukim di Lembah Sacramento memberontak terhadap penguasa Meksiko. Dengan dukungan penjelajah John C. Fremont mereka memproklamasikan Republik Bear Flag.

Tak lama kemudian revolusi mereka berbaur dengan persengketaan yang lebih besar, yaitu Perang Meksiko. Melalui perang, Amerika Serikat merebut Kalifornia dan seluruh daerah baratdaya, yang diserahkan oleh Meksiko, dalam perjanjian tahun 1848.

Demam Emas

Dengan demikian, Amerika Serikat memperoleh seluruh Daerah Barat dalam waktu dua tahun. Meskipun permukiman di lahan yang demikian luas dan terpencil biasanya tidak akan berjalan cepat, ditemukannya “harta karun membuat permukiman di Kalifornia unik.

Pada tanggal 24 Januari 1848, James Marshall melihat jarah-jarah yang bergemerlapan di belakang tempat penggergajian kayu di Sacramento dan serta merta meneriakkan ”Emas di Kalifornia” ke seluruh dunia. Teriakan itu merupakan aba-aba bagi salah satu migrasi masal paling gencar dalam sejarah.

Demam Emas Kalifornia tahun 1849
Angkatan empat puluh sembilan yang haus emas beristirahat di kam pertambangan sederhana selama Demam Emas Kalifornia tahun 1849

Diawali pada tahun 1849, beribu-ribu angkatan empat puluh sembilan datang lewat darat dan laut. Dalam beberapa bulan, para karyawan bank New York, petani Illinois, orang-orang Jerman, Prancis, Meksiko, Amerika Selatan, Cina, dan Australia ramai-ramai menggali dengan penasaran kaki-kaki bukit dan riam-riam di Pegunungan Sierra Nevada.

Penduduk Kalifornia melonjak dari kira-kira 15.000 jiwa pada tahun 1847 menjadi hampir 250.000 jiwa pada tahun 1852. Karena adanya lonjakan penduduk tersebut, Kalifornia berhasil melangkahi tahap wilayah dan memperoleh status negara bagian sebagai bagian dari Kompromi tahun 1850 yang terkenal itu.

Menggali bijih dan mendulang emasnya bukanlah pekerjaan yang ringan, baik itu dikerjakan dengan beliung runcing, singkup, dan dulang mau’ pun dengan teknologi yang lebih rumit yang tak lama kemudian telah dikembangkan. Kam-kam pertambangan yang lusuh itu berwarna-warni, tetapi juga tidak nyaman.

Hanya sedikit penambang yang berhasil mewujudkan impian mereka mengeruk harta karun itu. Banyak yang mengidap rasa nyeri otot dan makan makanan yang jelek, penyakit dan rindu kampung halaman, serta seolah-olah hanya mengalami kekecewaan demi kekecewaan.

Namun, ketika mengenang masa itu, kebanyakan angkatan empat puluh sembilan paling terkesan oleh masa mereka yang penuh kekerasan, rasa setia kawan, dan kenikmatan petualangan. Permukiman di baratlaut Pasifik berjalan lebih lamban. Terdapat demam emas sedang ke Oregon dan Washington pada tahun 1850-an.

Namun, hanya di sebelah timur Pegunungan Cascade, di daerah yang kelak menjadi Idaho dan Montana, pertambangan benar-benar berkembang dalam skala besar. Pertanian, perkayuan, perikanan, dan perdagangan merupakan landasan yang tidak begitu semarak tetapi lebih stabil bagi pertumbuhan ekonomi di Oregon dan Washington.

Transportasi

Dengan menggunakan kereta barang dari Lembah Missouri, atau dengan kapal layar cepat mengelilingi Tanjung Tanduk dari Boston, diperlukan waktu tiga sampai empat bulan untuk sampai ke Pesisir Pasifik. Keterpencilannya itu menimbulkan dampak mencolok atas karakter daerah tersebut.

Keadaan itu mengucilkan penduduk barat jauh dari banyak masalah yang dihadapi bagian lain negara ini dan membuat mereka lebih mengandalkan sumber daya mereka sendiri. Lambat-laun berbagai perubahan teknologi akhirnya semakin mempertautkan Negara Bagian Pasifik dengan daerah-daerah lama.

Pada tahun 1858 Dinas Pos Lintas Darat Butterfield mengurangi lama perjalanan St. Louis-San Francisco menjadi 24 hari. Pony Express yang terkenal itu semakin mempercepat komunikasi meskipun surat yang dikirim dari Missouri ke Kalifornia baru diterima paling cepat 10 hari kemudian.

Dinas Pony Express itu digeser oleh telegrap lintas benua pada tahun 1861. Namun, baru pada tahun 1915 penduduk New York dapat menjangkau pelayanan telepon dan bercakap-cakap dengan rekan-rekannya di San Francisco. Jaringan penyiaran radio semakin mengurangi keterpencilan daerah barat pada tahun 1920-an. Seusai Perang Dunia II jaringan televisi semakin mempertautkan lagi Negara Bagian Pasifik dengan bagian lain negara ini.

Dalam sejarah transportasi daerah barat, tidak ada tanggal yang lebih penting artinya ketimbang tanggal 10 Mei 1869, ketika di Promontory, Utah (di dekat Ogden), para pejabat perkeretaapian secara simbolik menancapkan Paku Emas untuk mempertautkan jalur-jalur kereta api Union Pacific dengan jalur-jalur kereta api Central Pacific.

Dengan upacara itu, jalur kereta api lintas benua pertama telah berhasil dirampungkan. Di antara jalur lintas benua lainnya adalah Northern Pacific, yang mencapai Portland pada tahun 1883, dan Santa Fe, yang memasuki Los Angeles pada tahun 1883.

Kehadiran kereta api mengakibatkan membanjirnya para pemukim baru dan lonjakan ekonomi. Peristiwa lainnya yang penting, yaitu pembukaan Terusan Panama pada tahun 1914, semakin mengurangi jarak lewat laut dari Pantai Barat ke Pantai Timur dan ke Eropa.

Kemudian muncul mobil dan pesawat terbang untuk memparipurnakan revolusi transportasi itu. Pesawat jet masa kini mampu menempuh jarak yang dulu ditempuh oleh kereta barang dalam waktu 1 bulan hanya dalam tempo 1 jam saja.

Abad ke-20

Tidak ada peristiwa dalam abad ke-20 yang sedramatis demam emas pada abad ke-19, tetapi Negara Bagian Pasifik telah menyaksikan ledakan penduduk dan semakin menanjaknya arti penting daerah tersebut di bidang ekonomi di zaman modern ini. Industri perfilman yang pindah ke Hollywood dimulai pada tahun 1911, dan menjelang tahun 1920-an Hollywood merupakan pusat perfilman dunia.

Citra Kalifornia yang serba glamor yang tercermin dalam fiIm-filmnya itu tidak diragukan lagi merupakan penyebab terjadinya sebagian besar migrasi ke lahannya yang bermandikan sinar surya dan sarat dengan kebun-kebun jeruk serta pantai-pantainya dalam dasawarsa-dasawarsa berikutnya.

Selama Depresi Besar tahun 1930-an terjadi migrasi yang lebih gencar lagi. Ribuan petani dari daerah Dust Bowl yang porak-poranda di Oklahoma dan Texas utara membanjiri jalan-ialan raya untuk mencari kehidupan yang lebih baik di Kalifornia. Sudah barang tentu mereka tidak mendapatkan surga di sana.

Kalifornia masih berada di tengah-tengah kemelut depresi pula. Namun, akhirnya sebagian besar di antara mereka menemukan tempat bagi mereka sendiri di sana dan menjadi penduduk Kalifornia sejati.

Migrasi masal lainnya terjadi seusai perang Dunia II. Perang tersebut telah menciptakan industri baru yang berkembang pesat di sepanjang Pesisir Pasifik, dari pabrik-pabrik Boeing di Seattle sampai industri angkasa luar di San Diego.

Kesemuanya itu didukung oleh teknologi modern dan kebanyakan terkait dengan bidang kedirgantaraan, pertahanan, dan industri komputer. Kalifornia menggeser New York sebagai negara bagian paling padat penduduknya di negara ini dan semakin banyak lonjakan ekonomi terpusat di Sabuk Matahari itu.

Pengunjung yang jeli akan melihat bahwa Pesisir Pasifik itu dalam banyak hal terdiri atas dua kelompok masyarakat yang berbeda, yang garis pembaginya terletak sedikit di utara San Francisco. Bagian selatan penduduknya lebih banyak, lebih resah, dan lebih cepat pertumbuhannya.

Sebagai salah satu pusat utama peradaban modern, bagian itu akan menduduki salah satu peringkat di antara negara industri terkemuka di dunia sekiranya bagian itu merupakan sebuah negara merdeka. Universitas-universitasnya yang terkemuka terkenal di seluruh dunia, sedangkan politiknya dalam masalah nasional bahkan lebih besar lagi.

Daerah baratlaut Pasifik, termasuk sepertiga bagian utara Kalifornia, Oregon, dan Washington, adalah dunia yang lebih remaja, lebih hijau, dan tidak begitu hiruk-pikuk ketimbang daerah di selatannya, sedikit mirip dengan gaya Barat di zaman perintis.

Penduduknya meningkat dengan kecepatan yang lebih sedang dan lebih mapan sehingga tidak begitu cepat berubah. Di masa depan, Kalifornia mungkin akan berpenduduk paling tidak lima kali lebih banyak daripada penduduk Washington dan Oregon dijadikan satu. Masih harus dilihat daerah mana yang nantinya lebih sejahtera sebagai akibat keadaan tersebut.

Diulas oleh: DON E. FEHRENBACHER, Universitas Stanford DONALD WAYNE HUNT, Editor, the Scribner Desk Dictionary of American History
Editor: Sejarah Negara Com

Artikel Terkait