Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI, Wapres Gunakan Pakaian Adat Melayu

  • Whatsapp
Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI, Wapres Gunakan Pakaian Adat Melayu
Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI, Wapres Gunakan Pakaian Adat Melayu

Jakarta, sejarah-negara.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pagi ini menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 di halaman Istana Merdeka, Senin (17/8/2020).

Didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Wapres tiba di Istana Merdeka pada pukul 09.30 WIB. Terlihat mengenakan pakaian adat Melayu Indonesia bercorak warna gelap, Wapres tampak serasi berdampingan dengan Ibu Hj. Wury yang mengenakan baju kurung modern dan Songket Tabur.

Bacaan Lainnya

Upacara Detik-Detik Proklamasi yang diselenggarakan secara sederhana dan terbatas di tengah pandemi itu belangsung khidmat hingga pukul 10.35 WIB. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Dalam satu kesempatan, Wapres menuturkan bahwa kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia merupakan suatu berkat dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, yang dihasilkan melalui kegigihan perjuangan para pahlawan bangsa.

“Dengan semangat juang dan semangat kesatuan dan persatuan, kita jadikan sebagai landasan utama di dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan yang sejahtera,” pesannya dalam Khutbah Jumat di Masjid Baiturrahim Istana Kepresidenan pada 14 Agustus 2020 lalu.

Selain itu, menurut Wapres semangat juang para pahlawan juga harus dijadikan landasan bagi bangsa Indonesia dalam melawan pandemi Covid-19.

“Dengan semangat itu pula kita jadikan landasan untuk menghadapi Covid-19 yang tengah menimpa bangsa kita dan bahkan seluruh bangsa di dunia,” imbuhnya.

Wapres juga berpesan kepada generasi saat ini dan yang akan datang agar terus bersyukur karena para pendiri bangsa telah meletakkan dasar-dasar kebangsaan dan kenegaraan Indonesia yang kokoh dengan lahirnya Pancasila, UUD 1945, dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mereka telah menyusun, menyepakati Pancasila sebagai dasar negara, begitu juga dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan bentuk negara NKRI. Ketiga hal ini merupakan kesepakatan nasional kesepakatan nasional yang harus dijaga dan dipelihara,” pungkasnya.

Sebelum menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi, pada malam harinya pukul 00.00 Wapres menghadiri acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sore nanti, Wapres juga terjadwal menghadiri Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Merdeka. (RN, KIP-Setwapres)

Pos terkait