Agrobisnis tanaman dan jamur: tips sederhana yang perlu anda pertimbangkan

Agrobisnis tanaman

Sejarah Negara Com – Agrobisnis tanaman dan jamur: Jika bosan dengan pekerjaan kantor dan segala rutinitas yang terkadang membuat hidup tertekan, Anda perlu mencoba untuk beralih menjadi wirausahawan. Untuk menjadi wirausahawan, modal paling utama adalah keberanian. Keberanian untuk mencoba mandiri dengan membuka lapangan kerja sendiri.

Bagi Anda yang masih bingung memilih usaha yang bisa dilakukan, cobalah lirik usaha agro bisnis. Agro bisnis adalah bidang usaha yang tidak akan pernah surut permintaan karena semua orang di dunia ini selalu membutuhkan bahan pangan.

Jika Anda memiliki halaman lapang, itu merupakan langkah awal yang baik bisnis di bidang ini karena Anda dapat memanfaatkan halaman rumah untuk memulai bisnis ini. Sebetulnya, tidak diperlukan tempat yang besar untuk memulai argo bisnis. Semua bergantung jenis sayuran atau tanaman yang ingin Anda pasarkan.

Argo bisnis ini cukup beragam, bisa berupa sayur-mayur seperti bayam, selada, wortel, kentang, dan lain-lain. Bisa juga tanaman obat atau jamu seperti daun sirih, jahe, kencur, mahkota dewa, dan lain-lain. Dapat pula tanaman hias seperti anggrek, mawar, kamboja, dan lain-lain. Ada juga komoditas lain seperti jamur dan buah-buahan. Jadi, begitu banyak pilihan dalam bisnis ini. Semua dapat dimulai dari halaman rumah Anda.

Untuk Anda yang merasa minim informasi mengenai bidang pertanian dan perkebunan, maupun hal lain yang berkaitan dengan argo bisnis, jangan kawatir. Banyak sekali buku yang memberikan informasi cara mengolah halaman atau kebun Anda untuk dijadikan tempat menanam dan menyemai benih tanaman.

Usaha agro bisnis seperti ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan meningkatkan penghijauan di sekitar lingkungan, juga menyediakan bahan pangan yang sehat bagi kehidupan masyarakat.

Memang, ada segudang manfaat bisnis ini. Namun, terkadang yang menjadi kendala adalah bisnis ini sangat bergantung dengan kondisi cuaca dan iklim. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan jika ingin terjun di dunia bisnis agro tanaman dan jamur.

  1. Carilah informasi dari buku, internet, maupun orang lain yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan bisnis argo yang Anda kehendaki.
  2. Sesuaikan keadaan iklim atau temperatur udara di lingkungan Anda dengan jenis tanaman argo yang ingin Anda kembangkan, ada kesesuaian atau tidak. Jika tidak, jangan dipaksakan karena hasilnya tentu menjadi tidak maksimal.
  3. Mengikuti tren gaya hidup sehat seperti mengembangkan sayuran organik bisa Anda coba, terlebih masih sedikit orang yang tertarik di bisnis ini.
  4. Ikutlah dalam kelompok-kelompok pencinta bunga atau kelompok tani untuk mendapatkan informasi dari dinas pertanian mengenai teknologi pertanian terbaru.
  5. Pilihlah pupuk dan rawatlah tanaman Anda secara rutin dan benar supaya terhindar dari hama tanaman yang mengganggu. Jangan sembarangan menggunakan racun petisida karena itu bisa mempengaruhi kualitas produk argo Anda.
  6. Carilah rekan bisnis untuk penyaluran produk argo Anda ke toko-toko atau supermarket bahan pangan di kota.

Baca juga: Agribisnis: inovasi, contoh, potret usaha, dan strategi pengembangan