Alat musik tradisional Indonesia yang mendunia

  • Whatsapp

Alat Musik Tradisional Indonesia – Indonesia sebagai negara yang paling populer keberagaman budayanya. Satu diantaranya ialah alat musik tradisional yang telah populer sampai luar negeri. Alat musik tradisional di Indonesia ini memiliki nama dan manfaatnya yang unik di masing-masing wilayahnya.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Di Indonesia

Di bawah ini adalah jenis alat musik tradisional di Indonesia, jenis bunyi dan penjelasannya:

Bacaan Lainnya
NoNama DaerahAlat Musik/gambarJenis BunyiKeterangan
1ACEHSERUNE KALEEAEROFONditiup dan juga terkandung lubang yang dimainkan dengan jari sebagai pengatur nada
2SUMATERA UTARAARAMBAIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan pemukul khusus
3SUMATERA BARATSALUANGAEROFONditiup dan juga terkandung lubang yang dimainkan dengan jari sebagai pengatur nada
4RIAUGAMBUSKORDOFONdipetik dengan memanfaatkan jari, dan juga memainkan suara dengan memanfaatkan jari
5JAMBIGAMBUSKORDOFONdipetik pada bagian senarnya
6SUMATERA SELATANACCORDIONAEROFONdengan memanfaatkan ke-2 tangan, tangan yang satu sebagai pengatur alunan suara sedang tangan yang satu kembali sebagai pengatur nada
7BENGKULUDOLLMEMBRANOFONdipukul dengan memanfaatkan alat pemukul
8LAMPUNGBENDEIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan alat pemukul khusus
9KEPULAUAN BANGKA BELITUNGGENDANG MELAYUMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
10KEPULAUAN RIAUGENDANG PANJANGMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
11DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTATEHYANKORDOFONdigesek dengan alat khusus pada bagian senar/ dawainya layaknya memainkan biola
12JAWA BARATANGKLUNGIDEOFONdi getarkan dengan memanfaatkan tangan
13JAWA TENGAHGAMELANIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan pemukul khusus
14DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAGENDANGIDEOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
15JAWA TIMURBONANGIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan pemukul khusus
16BANTENGENDANGMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
17BALICENGCENGIDEOFONdiletakkan di ke-2 telapak tangan sesudah itu ditepuk agar saling berbenturan dan mengeluarkan suara
18NUSA TENGGARA BARATSERUNAIAEROFONditiup sambil memainkan suara dengan memanfaatkan jari pada lubang-lubangnya
19NUSA TENGGARA TIMURSASANDOCHORDOFONdipetik dengan memanfaatkan jari pada senarnya
20KALIMANTAN BARATTUMAMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
21KALIMANTAN TIMURSAMPEKORDOFONipetik pada bagian senarnya
22KALIMANTAN TENGAHJAPENKORDOFONdipetik pada bagian senarnya
23KALIMANTAN SELATANPANTINGKORDOFONdipetik pada bagian senarnya
24SULAWESI UTARAKOLINTANGIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan pemukul khusus
25SULAWESI TENGAHGANDAMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
26SULAWESI SELATANKESOCHORDOFONdigesek pada bagian senar dengan memanfaatkan alat khusus
27SULAWESI TENGGARALADOLADOIDEOFONdipukul dengan memanfaatkan pemukul khusus
28GORONTALOGANDAMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
29SULAWESI BARATKECAPIKORDOFONdipetik pada bagian senarnya
30MALUKUNAFIRIMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan
31MALUKU UTARAFUAEROFONditiup dan juga dikendalikan oleh telapak tangan sebagai pengatur suara
32APUA BARATGUOTOKORDOFONdipetik pada bagian senarnya
33PAPUATIFAMEMBRANOFONditepuk dengan memanfaatkan telapak tangan

Baca juga: Alat Musik Harmonis

Alat Musik Tradisional Asli Indonesia Yang Mendunia

Indonesia sendiri memiliki banyak suku dengan masing-masing memiliki kebudayaan dan ciri-ciri uniknya masing-masing tidak kecuali alat musik tradisionilnya. Bahkan juga yang lebih luar biasanya, alat musik itu sudah go-international dan benar-benar dicintai oleh masyarakat negara asing.

Alat musik yang menyebar di Indonesia datang dari beragam wilayah ingat Indonesia terdiri jadi 34 propinsi yang menyebar. Penyebaran alat musik di Indonesia ini tidak terlepas dari riwayat pada kehidupan jaman dulu. Peranan dari alat musik ini berbagai macam setiap wilayah.

Ingin tahu alat musik tradisional Indonesia yang go-international? Berikut ialah daftar alat musik Indonesia yang go-international:

1. Angklung

Angklung Caruk

Angklung alat musik tradisional berasal dari Jawa Barat. Untuk angklung sendiri dibuat dari bambu dimainkan dengan digoyangkan. Alat musik angklung telah go-international yang sukses memikat pemirsa di Prancis dan Amerika Serikat. Angklung sendiri sudah dianggap sebagai peninggalan Indonesia oleh UNESCO.

2. Sarune kale

Sarune kale datang dari wilayah Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki tipe bunyi aerofon. Yaitu bunyi yang dari embusan angin yang ditiupkan. Langkah memakai serune kale ini dengan ditiup dan memakai jari-jari untuk atur suara yang berada di lubang serune kale itu.

3. Aramba

aramba

Aramba sendiri datang dari Pulau Nias, Sumatera Utara yang memiliki tipe bunyi ideofon. Yaitu sebuah bunyi yang dari material dasarnya. Langkah memakai aramba sendiri yaitu dipukul dengan memakai pemukul seperti stik.

4. Saluang

Saluang
Saluang

Alat musik tradisional yang setelah itu saluang. Saluang sendiri datang dari Minagkabau, Sumatera Barat yang memiliki tipe bunyi aerofon. Yaitu bunyi yang dari embusan angin. Langkah memakai alat musik ini dengan ditiup dan lubang yang berada di salung juga dipakai untuk atur suara dan jari-jari tangan berperan untuk tutup pada lubang itu.

5. Gambus

Gambus
Gambus

Gambus sendiri datang dari wilayah Riau yang memiliki tipe bunyi kordofun. Yaitu bunyi yang dari beberapa dawai atau senar. Gambus sendiri memiliki 3 sampai 12 senar. Gambus ini biasa dimainkan sekalian disertai dengan alat musik gendang.

6. Serangko

Serangko sebagai alat musik tradisional yang dari Jambi yang dibuat dari sundul kerbau. Dan langkah untuk memakai alat musik ini dengan ditiup. Serangko sendiri biasa dipakai untuk pernyataan bila ada bencana pada warga Jambi.

7. Accordion

Accordion
Accordion

Accordion datang dari Sumatera Selatan salah satunya alat musik tradisional yang memunyai tipe bunyi aerofon. Langkah memakai alat musik ini dengan ditiup dan menggunakan ke-2 tangan untuk atur alunan suara.

8. Doll

Doll
Doll

Doll sebagai alat musik tradisional datang dari Bengkulu yang memiliki tipe bunyi membranofon. Yaitu sebuah tipe bunyi yang aslinya dengan memukul. Langkah memakai doll ini juga yaitu dengan dipukul dengan menggunakan alat pemukul.

9. Bande

Bande sebagai alat musik tradisional yang dari Lampung yang memiliki tipe bunyi ideofon. Langkah memakai alat musik ini dengan dipukul dengan alat jam yang khusus.

10. Sasando

Alat Musik Sasando dari Rote, NTT

Sasando sebagai alat musik tradisional dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yang dibuat dari daun lontar. Alat musik Sasando sendiri memiliki wujud yang serupa dengan harpa dan dimainkan dengan diambil seperti gitar. Sasando sendiri telah populer sejak konser WOW 2013 yang diadakan oleh wonderful Indonesia.

11. Gamelan

Gamelan
Gamelan

Alat musik tradisional yang selanjutnya adalah gamelan. Gamelan sebagai alat musik yang dari tanah Jawa. Alat musik gamelan rupanya juga disukai oleh musikus dunia. Yang lebih luar biasanya gamelan diberikan dan masuk kurikulum di sejumlah sekolah di Amerika Serikat Dan New Zaeland.

12. Kolintang

Kolintang

Kolitang sebagai barisan gong kecil yang ditaruh mencatat. Alat musik kolintang sendiri datang dari Sulawesi Selatan. Alat musik ini dimainkan dengan disertai oleh gong dan drum. Yang lebih bagusnya, kolintang ini sudah lama dimainkan di beberapa negara melayu seperti Malaysia dan Filipina.

13. Kendang

Kendang jaipong

Kendang sebagai alat musik tradisional berasal dari tanah Sunda. Tetapi ada yang menjelaskan jika kendang ini datang dari Jawa Timur. Alat musik ini sering ditemui untuk menemani tarian-tarian tradisionil, musik jazz dan musik kontemporer. Bahkan juga telah banyak musikus Amerika Serikat yang memakai kedang sebagai alat musik pendamping.

14. Tifa

Tifa
Tifa

Alat musik tradisional yang unik dari Maluku dan Papua ini seperti kendang tetapi berupa tube. Alat musik ini dimainkan dengan dipukul. Tifa sendiri sering dihias oleh ukir-pahatan-ukiran ciri khas Papua dan Maluku. Tifa mulai dikenali sejak banyak wisatawan asing yang tiba ke Maluku dan Papua dan bawa pulang tifa tersebut sebagai oleh-oleh.

15. Bonang

Bonang gamelan

Bonang sebagai salah satunya alat musik tradisional indonesia yang telah go-international. Untuk Bonang sendiri datang dari wilayah Jawa Timur. Langkah memainkan dengan dipukul agar hasilkan bunyi ideofon. Alat musik ini sendiri nyaris ada selalu pada tiap beberapa acara besar tradisi jawa.

16. Panting

Panting
Panting

Panting sebagai alat musik tradisional Indonesia yang dari daerah Kalimantan Selatan. Untuk Panting sendiri sebagai alat musik ciri khas tradisi di tempat, lebih persisnya tradisi dari suku Banjar. Alat musik ini dimainkan dengan diambil di bagian senarnya hingga hasilkan bunyi kordofon.

17. Kecapi

Kecapi

Alat musik tradisional kecapi berasal dari wilayah Sunda, Jawa Barat. Yang cara memainkan dengan dipetik.

18. Gong

Gong gamelan

Gong sebagai alat musik tradisional Indonesia yang dari Jawa Barat. Secara ukuran gong sendiri termasuk alat musik yang lumayan besar. Langkah mainkan alat musik ini ialah dengan dipukul memakai alat jam yang telah dibuat secara eksklusif. Dengan dipukul, karena itu gong akan hasilkan bunyi membranofon.

19. Gendang Melayu

Gendang Melayu
Gendang Melayu

Gendang melayu sebagai salah satunya alat musik tradisional dari teritori Kepulauan Bangka Belitung. Yang sudah pasti memang populer dengan tradisi melayunya yang kental. Langkah mainkan alat musik ini dengan dipukul untuk keluarkan suara menbranofon. Gendang melayu ini penting dalam elemen alat musik marawis.

20. Tebangan

Alat musik ini datang dari Sumatera Selatan, khususnya wilayah dengan dampak melayu yang paling kuat. Alat musik tradisional itu ialah tebangan. Wujud alat musik tebangan benar-benar seperti sekali dengan alat musik rebana. Langkah memainkan juga benar-benar persis sama yaitu dengan dipukul.

21. Genggong

Masih dari Sumatera Selatan, alat musik tradisional yang lain ialah genggong. Genggong sendiri dimainkan dengan ditiup yaitu serupa dengan harmonika. Dulu, genggong sendiri bermanfaat sebagai penyembuh kebosanan beberapa petani yang istirahat.

22. Kompang

Alat musik tradisional setelah itu kompang. Kompang sendiri sebagai alat musik yang dari Lampung. Alat musik ini dibuat dari kulit kambing atau kayu dengan dimainkan dengan dipukul.

23. Jengglong

Dan alat musik tradisional yang paling akhir ialah jengglong. Jengglong sebagai alat musik yang dari Jawa Barat. Sepintas, alat musik ini seperti gong. Cuman memang jengglong lebih ukuran dibanding gong. Alat musik ini dimainkan dengan dipukul dengan tangkai pemukul yang dibikin dengan khusus.

Itu alat musik tradisional Indonesia yang go-international. Sebagai masyarakat negara Indonesia semestinya benar-benar senang karena beberapa alat musik Indonesia diberikan bahkan masuk kurikulum di sekolah luar negeri.

Pos terkait