Asuransi dan Investasi, Mana yang lebih penting?

Asuransi dan Investasi, Mana yang lebih penting?

Asuransi dan investasi adalah dua bagian penting dari keuangan pribadi. Namun, asuransi sangat penting karena akan membantu Anda mengatasi kesulitan keuangan yang mungkin timbul karena perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia modern yang penuh ketidakpastian ini. Kami telah membahas hal berikut dalam artikel ini:

Apa Sebenarnya Asuransi itu?

Asuransi adalah perjanjian antara individu (orang yang menggunakan asuransi) dan perusahaan asuransi (biasanya entitas). Penanggung akan memberikan perlindungan finansial kepada tertanggung terhadap jenis kerugian tertentu. Penanggung menanggung risiko sebagai ganti pembayaran premi tepat waktu pada tanggal yang telah ditentukan.

Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia untuk aset yang berbeda. Yang paling populer adalah asuransi kesehatan dan berjangka. Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada tertanggung terhadap kemungkinan biaya pengobatan akibat keadaan darurat kesehatan yang mengarah ke rawat inap.

Asuransi berjangka menawarkan perlindungan finansial bagi tanggungan tertanggung ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan merenggut nyawa tertanggung. Dalam kasus seperti itu, polis asuransi berjangka membayar uang pertanggungan polis kepada calon penerima polis berjangka. Hal ini dilakukan dengan imbalan premi tahunan yang dibayarkan oleh tertanggung.

Baca juga: Asuransi: Kepentingan, Jenis dan Manfaatnya

Apa itu Investasi?

Berinvestasi adalah tindakan menggunakan uang Anda untuk membeli aset modal seperti saham, obligasi, dan sebagainya, dengan tujuan menghasilkan aliran pendapatan di masa depan. Beberapa individu berinvestasi dalam merealisasikan keuntungan modal, yang merupakan selisih harga dalam biaya pembelian dan biaya penjualan.

Investasi adalah satu-satunya cara untuk menumbuhkan uang Anda. Investasi membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda lebih cepat. Menyimpan uang saja tidak akan membantu Anda menjadi kaya. Untuk itu, Anda harus menginvestasikan uang Anda pada pilihan investasi yang sesuai.

Asuransi Terlebih Dahulu atau Investasi?

Di era ketidakpastian modern ini, menjadi penting untuk tetap terlindungi dari semua kemungkinan bahaya keuangan, yang bermanfaat bagi individu dan tanggungan mereka. Bersamaan dengan itu, tingkat inflasi yang terus meningkat telah membuat sangat penting bagi individu untuk memulai perjalanan investasi mereka sedini mungkin. Inilah saat pertanyaan apakah Anda harus mengasuransikan atau berinvestasi pertama kali muncul.

Mengingat bahwa polis asuransi yang tepat melindungi Anda dari kemungkinan kerugian finansial yang timbul karena perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sangat penting untuk memastikannya terlebih dahulu. Dengan polis asuransi berjangka, Anda mendapatkan uang pertanggungan yang tinggi untuk pembayaran premi tahunan nominal. Ini memberi Anda lebih banyak alasan untuk memanfaatkan asuransi sebelum berinvestasi.

Baca juga: Panduan Asuransi Kesehatan Bisnis Kecil

Bagaimana Seharusnya Asuransi?

Dunia modern sedemikian rupa sehingga Anda tidak yakin apa yang akan terjadi di menit berikutnya. Medtech telah berevolusi, begitu juga virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit dan infeksi. Jika Anda jatuh di ranjang rumah sakit, kemungkinan besar Anda akan menghabiskan banyak uang untuk melunasi tagihan medis Anda. Ini telah menyerukan ketersediaan polis asuransi kesehatan yang tepat.

Polis asuransi kesehatan harus memberikan perlindungan medis yang cukup untuk Anda dan anggota keluarga Anda. Anda harus memastikan bahwa polis tersebut mencakup sebagian besar penyakit yang rentan dialami anggota keluarga Anda dan memiliki beberapa rumah sakit di bawah jaringannya.

Memiliki polis asuransi kesehatan yang tepat menjauhkan Anda dari pembayaran tagihan medis yang besar dan kuat. Tak lupa, premi yang akan Anda bayarkan untuk polis asuransi kesehatan harus wajar.

Jika Anda adalah pencari nafkah dalam keluarga Anda, dan jika insiden yang tidak diinginkan mengakibatkan kematian Anda, anggota keluarga Anda akan terlantar tanpa penghasilan. Untuk menghindari skenario seperti itu dan melindungi masa depan keluarga Anda, Anda harus memanfaatkan polis asuransi jiwa berjangka.

Preminya terjangkau, dan polis berjangka memberikan uang pertanggungan yang tinggi, yang akan cukup untuk menutupi pengeluaran keluarga Anda dan mempertahankan gaya hidup mereka yang Anda berikan kepada mereka. Asuransi jiwa berjangka datang dengan premi rendah jika dicairkan pada usia muda. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan asuransi jiwa berjangka paling awal.

Bagaimana Seharusnya Anda Berinvestasi?

Mengasuransikan sebelum berinvestasi selalu merupakan langkah yang baik. Namun, Anda tidak boleh menunda berinvestasi. Anda harus mulai berinvestasi sejak usia muda untuk mewujudkan keuntungan yang lebih tinggi dari waktu ke waktu. Namun, Anda harus menyadari risiko yang terkait dengan investasi Anda dan harus menghindari opsi yang tingkat risikonya tidak sesuai dengan profil Anda.

Jika Anda adalah investor yang menghindari risiko, Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi di deposito bank (FD dan RD), skema tabungan pemerintah, obligasi, dan reksa dana utang. Jika Anda adalah investor yang sedikit agresif, Anda dapat berinvestasi dalam dana hibrida dan investasi terkait ekuitas.

Jika Anda siap untuk mengambil risiko yang cukup besar dengan imbalan pengembalian yang lebih tinggi, Anda dapat berinvestasi dalam ekuitas langsung dan reksa dana ekuitas.

Terlepas dari opsi investasi, Anda memilih untuk berinvestasi, Anda harus memastikan bahwa tujuan Anda terpenuhi dan tingkat risiko investasi selaras dengan tingkat toleransi risiko Anda.

Baca juga: Pengertian Investasi dan jenisnya

Kesimpulan

Mengasuransikan dan berinvestasi adalah dua komponen terpenting dari rencana keuangan Anda. Anda harus memastikan sebelum Anda mulai berinvestasi. Namun, Anda harus menunda investasi Anda karena inflasi akan menggerogoti tabungan Anda, dan cara terbaik untuk mencapai tujuan keuangan Anda adalah dengan berinvestasi.