Apa itu asuransi kewajiban direktur dan pejabat?

  • Whatsapp

Apa itu asuransi kewajiban direktur dan pejabat? Direktur, mitra, dan pejabat memikul tanggung jawab tingkat tertinggi dalam sebuah perusahaan. Mereka memiliki kewajiban untuk peduli terhadap pemberi kerja dan anggota masyarakat serta kewajiban terhadap investor, regulator, perusahaan mitra, pesaing, dan pemangku kepentingan lainnya. Hal ini membuat anggota staf paling senior pada risiko klaim kesalahan tertinggi.

Satu keputusan yang dinilai dengan buruk atau salah langkah dapat mengakibatkan tuntutan hukum yang besar dan kerugian finansial yang besar, mulai dari membayar perwakilan hukum hingga pembayaran kompensasi jika klaim tersebut berhasil.

Bacaan Lainnya

Asuransi kewajiban direktur dan pejabat, yang dikenal sebagai asuransi D&O, dapat membantu melindungi mereka yang berada di puncak organisasi dari tuntutan hukum yang mahal.

Berikut ulasan lengkap seluk beluk asuransi D&O:

Apa itu asuransi kewajiban direktur dan pejabat?

asuransi kewajiban direktur dan pejabat

Jika seseorang membuat klaim terhadap direktur bisnis, manajer kunci, atau pejabat atas dugaan tindakan salah, individu yang bersangkutan dapat dianggap bertanggung jawab secara pribadi.

Tanggung jawab pribadi berarti bahwa bukan tanggung jawab perusahaan untuk menanggapi klaim atau membiayai proses hukum. Sebaliknya, beban keuangan ini turun ke direktur secara pribadi. Oleh karena itu, kebijakan D&O dirancang untuk melindungi direktur dari biaya-biaya ini, mencegah mereka dari kehilangan aset pribadi mereka seperti tabungan, mobil, atau bahkan rumah mereka.

Setiap direktur atau pejabat terkait tuduhan pelanggaran atau pelanggaran memerlukan penyelidikan yang tepat, yang dapat menghabiskan biaya tinggi bahkan tanpa sampai ke pengadilan. Jika seseorang mengejar klaim lebih lanjut, direktur yang bersangkutan akan membutuhkan pembelaan hukum.

Jika penyelesaian kompensasi disepakati di pengadilan, petugas yang bersalah dapat menemukan diri mereka sendiri dengan total tagihan menjadi jutaan.

Asuransi kewajiban direktur dan pejabat dapat menanggung semua biaya ini, termasuk biaya pembelaan hukum , biaya pengadilan dan kerugian finansial yang terkait dengan tuntutan hukum terhadap tindakan yang dilakukan oleh tertanggung dalam kapasitas mereka sebagai direktur. Itu dapat dibayarkan kepada direktur, pejabat atau mitra tertanggung secara pribadi sehingga mereka tidak perlu membayar tindakan yang diambil atas nama perusahaan dari kantong mereka sendiri.

Apa perbedaan antara asuransi kewajiban D&O dan asuransi kewajiban manajemen?

Tanggung jawab direktur dan pejabat sering dikacaukan dengan tanggung jawab manajemen, dan bahkan penyedia asuransi diketahui menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian. Secara teknis, asuransi kewajiban manajemen adalah polis menyeluruh yang mencakup kewajiban D&O sebagai salah satu komponen utamanya.

Seperti yang telah kita lihat, pertanggungan D&O dirancang untuk melindungi direktur dan pejabat perusahaan dari tuntutan kesalahan di mana mereka dianggap bertanggung jawab secara pribadi, dan oleh karena itu harus menanggung biaya proses hukum itu sendiri, bahkan ketika keputusan yang dipermasalahkan telah diambil. dalam kapasitas mereka di dalam perusahaan.

Oleh karena itu, pertanggungan D&O berfungsi untuk melindungi aset pribadi direktur dan pejabat dan juga dapat mengganti biaya perusahaan yang secara sukarela menutupi biaya ini atas nama manajer mereka.

Jika tanggung jawab manajemen berbeda adalah dalam cakupan perlindungan yang diberikan oleh suatu polis. Tanggung jawab manajemen mencakup perlindungan D&O bersama dengan dua bidang perlindungan utama lainnya: tanggung jawab hukum perusahaan dan kewajiban praktik ketenagakerjaan.

Yang pertama mencakup perusahaan terhadap klaim terhadap entitas secara keseluruhan untuk tindakan melanggar hukum, biasanya membayar biaya hukum, biaya investigasi dan pembayaran penyelesaian. Tanggung jawab praktik ketenagakerjaan secara khusus mencakup tindakan hukum yang diajukan terhadap perusahaan atau manajemennya karena melanggar hak karyawan, yang diajukan oleh karyawan saat ini atau mantan karyawan, termasuk klaim pelecehan seksual atau pemecatan yang tidak adil.

Baca juga: Apa itu asuransi kewajiban manajemen? di sini

Apa saja yang ditanggung oleh asuransi D&O?

Asuransi kewajiban direktur dan pejabat dirancang untuk melindungi klaim atas tindakan salah yang dilakukan oleh seorang direktur atau pejabat dalam lingkup peran manajerial mereka di perusahaan, baik tindakan tersebut diduga maupun tidak.

Ini dapat mencakup tindakan hukum dan pidana yang diajukan terhadap direktur, karena ini biasanya berjalan beriringan. Kebijakan D&O biasanya dapat menutupi biaya berikut yang terkait dengan klaim kesalahan:

  1. biaya pembelaan untuk direktur atau pejabat yang diasuransikan
  2. biaya penyelesaian tindakan hukum atau pidana
  3. kerugian finansial yang ditanggung oleh tertanggung.

Tindakan salah dapat mencakup sejumlah keputusan atau tindakan, yang dilakukan atau dicoba oleh direktur atau pejabat saat bekerja atas nama perusahaan. Ini dapat mencakup:

  1. pelanggaran kepercayaan
  2. pelanggaran tugas
  3. menelantarkan
  4. kesalahan atau kesalahan
  5. pernyataan menyesatkan
  6. pelanggaran peraturan perundang-undangan
  7. keadaan bangkrut
  8. perdagangan yang salah.

Perlu dicatat bahwa direktur atau pejabat dapat melakukan salah satu hal di atas secara tidak sengaja, tetapi masih dapat dianggap bertanggung jawab. Banyak pihak yang dapat mengajukan gugatan terhadap seorang direktur, antara lain:

  1. investor dan pemegang saham yang dapat mengklaim jika mereka menderita kerugian dan menyalahkan direksi secara pribadi
  2. HMRC, di mana mereka mencurigai penyelewengan pembayaran pajak
  3. investigasi oleh polisi di mana mereka mencurigai adanya penipuan
  4. Investigasi HSE di mana kelalaian dicurigai
  5. klaim yang dibuat oleh kreditur.

Siapa yang memiliki pertanggungan di bawah asuransi direktur dan pejabat?

Kebijakan D&O dapat mencakup direktur atau pejabat perusahaan atau anak perusahaan saat ini, di masa depan atau di masa lalu. Konsekuensi dari keputusan sederhana mungkin hanya akan terlihat lebih jauh, bahkan bertahun-tahun kemudian.

Dengan demikian, direktur masa lalu juga dapat menemukan pertanggungan D&O, dengan sebagian besar polis termasuk beberapa tahun pertanggungan run-off setelah orang yang diasuransikan pensiun. Biasanya perusahaan yang mengeluarkan dan membiayai asuransi, dan penerima manfaat adalah direktur, pejabat, atau perusahaan yang diasuransikan itu sendiri.

Apakah ada pengecualian utama?

Polis asuransi kewajiban direktur dan pejabat hanya dapat melindungi direktur dan pejabat perusahaan untuk dugaan tindakan salah dalam kapasitas mereka sebagai direktur atau pejabat di dalam perusahaan – ini tidak selalu mencakup klaim yang dibuat terhadap organisasi secara keseluruhan.

Sementara kebijakan tersebut biasanya dapat menutupi biaya pembelaan dalam kasus pengadilan kriminal atau investigasi peraturan, direktur tidak dapat menggunakan asuransi kewajiban D&O mereka untuk tindakan ilegal yang disengaja.

Pengecualian khas lainnya adalah:

  1. klaim yang dibuat berdasarkan polis sebelumnya
  2. klaim yang ditanggung oleh polis asuransi lainnya
  3. denda dan hukuman
  4. tindakan yang mengakibatkan imbalan yang tidak sah atau keuntungan pribadi bagi tertanggung;
  5. tipuan
  6. ketidakpatuhan yang disengaja
  7. tindakan hukum yang diajukan terhadap tertanggung sebelum polis dimulai
  8. kerusakan harta benda dan kerusakan tubuh.

Baca juga: Apa itu Asuransi Saham?

Klaim umum yang dibuat terhadap direktur dan pejabat

Hampir setiap keputusan yang dibuat dalam tim manajemen dapat memiliki konsekuensi yang merugikan bagi pihak ketiga.

Sementara beberapa orang atau organisasi memilih untuk mengambil tindakan hukum secara sembrono, beberapa klaim datang dari kelalaian serius yang dilakukan oleh anggota manajemen senior yang memiliki konsekuensi signifikan pada penggugat. Either way, D&O cover dapat membantu melindungi direktur dan pejabat dalam banyak kasus, termasuk jenis skenario berikut.

Kesehatan dan keselamatan

Jika seorang karyawan mengalami cedera parah saat memindahkan beberapa alat berat, mereka dapat menuntut penyelia mereka karena tidak memastikan bahwa mereka memiliki pelatihan kesehatan dan keselamatan yang memadai.

Dalam hal ini, baik karyawan maupun Health and Safety Executive (HSE) dapat mengambil tindakan hukum. Kebijakan D&O dapat membayar biaya kompensasi, biaya hukum, dan denda.

Informasi yang menyesatkan

Jika sebuah perusahaan berekspansi ke pasar internasional dan segera setelah likuidasi, pemberi pinjaman dapat mengalami kerugian yang signifikan.

Jika pemberi pinjaman menganggap direktur telah memberikan informasi yang tidak akurat tentang posisi keuangan dan perdagangan bisnis, direktur dapat dianggap bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian pihak pemberi pinjaman. Ini merupakan informasi yang menyesatkan, membuat mereka secara keliru percaya bahwa perusahaan cukup stabil secara finansial untuk melanjutkan ekspansi.

Kesalahan

Karyawan individu dan regulator keuangan dapat menuntut jika seorang direktur melakukan kesalahan dalam administrasi skema tunjangan karyawan atau pensiun mereka. Pertanggungan D&O dapat membayar biaya hukum dan penyelesaian kompensasi bagi karyawan.

Fitnah

Anda juga dapat dianggap bertanggung jawab secara pribadi atas pencemaran nama baik jika Anda dikutip membuat pernyataan yang tidak akurat.

Misalnya, seorang direktur dapat membuat pernyataan yang salah tentang pesaing. Jika pesaing mengejar mereka karena pencemaran nama baik, kebijakan D&O dapat menutupi biaya, melindungi direktur yang bersangkutan.

Apakah saya memerlukan asuransi kewajiban D&O?

Sulit untuk menentukan siapa yang membutuhkan asuransi kewajiban D&O. Sayangnya, sebagai direktur, keputusan Anda memengaruhi orang-orang di semua tingkat perusahaan, serta investor dan pemegang saham, yang menghadapkan Anda pada risiko serius tuduhan kesalahan pribadi dari semua pihak.

Bahkan tindakan yang tampak logis dan masuk akal pada saat itu dapat berbalik melawan Anda jika seseorang menderita akibat yang merugikan sebagai akibatnya. Karena tuduhan bisa datang dari mana saja, hampir semua direktur dan pejabat harus mempertimbangkan untuk mengambil kebijakan.

Terlebih lagi, tanggung jawab hukum sudah mulai bergeser dari perusahaan dan menuju tanggung jawab pribadi. Ketika sebelum seorang karyawan atau investor mungkin telah mengajukan klaim terhadap perusahaan secara luas, baik penggugat maupun perusahaan direktur sendiri semakin menuntut pertanggungjawaban individu atas tindakan tersebut sebagai pertanggungjawaban.

Ini adalah kasus bahkan di perseroan terbatas, di mana banyak direktur melebih-lebihkan perlindungan mereka dari tanggung jawab. Untuk alasan ini, direktur, pejabat, atau mitra mana pun harus mempertimbangkan untuk memiliki asuransi kewajiban D&O, terlepas dari ukuran atau sektor bisnisnya.

Sangat penting untuk dicatat bahwa definisi hukum seorang perwira relatif kabur. Dengan demikian, pihak ketiga dapat mengajukan tuntutan terhadap hampir semua orang dalam posisi manajerial dalam sebuah perusahaan, bahkan jika orang yang dituduh tidak menganggap diri mereka sebagai pejabat.

Individu di berbagai tingkatan perusahaan dapat secara tidak sengaja memicu klaim. Oleh karena itu, perlindungan D&O layak dipertimbangkan untuk setiap individu dengan peran pengawasan.

Tidak ada aturan keras dan cepat mengenai apakah seorang direktur perusahaan memiliki risiko tinggi terkena klaim asuransi D&O. Karena itu, perusahaan asuransi biasanya menganggap industri tertentu memiliki risiko klaim D&O yang lebih tinggi atau lebih rendah, seperti:

  1. Risiko lebih rendah: pertanian, hiburan, industri, manufaktur, gudang
  2. Risiko rendah hingga menengah: komersial, perhotelan, rekreasi, logistik, ritel
  3. Risiko sedang: pendidikan, jasa keuangan, perusahaan media, profesional, transportasi
  4. Risiko sedang hingga tinggi: konstruksi, teknik, eksplorasi, properti
  5. Risiko lebih tinggi: bioteknologi, eksplorasi minyak, telekomunikasi, farmasi.

Pertimbangan terakhir saat menimbang pertanggungan D&O dan tingkat risiko Anda adalah di mana perusahaan Anda beroperasi secara geografis. Amerika Serikat adalah salah satu negara paling sadar hukum di dunia, di mana menuntut perusahaan dan direktur lebih umum daripada Inggris. Jika cakupan aktivitas bisnis Anda mencapai AS, Anda lebih rentan terhadap klaim D&O dan harus mempertimbangkan asuransi D&O dengan lebih hati-hati.

Baca juga: Asuransi Bisnis: Pengertian dan jenisnya di sini

Berapa banyak penutup yang saya butuhkan?

Asuransi kewajiban D&O adalah salah satu produk asuransi paling luas di pasar, dengan batas ganti rugi mulai dari £100.000 dan mencapai mana saja hingga £10 juta atau lebih. Berapa banyak yang Anda butuhkan sulit untuk ditentukan, karena sulit untuk memprediksi jenis klaim yang mungkin diajukan orang atau organisasi terhadap Anda. Namun, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tingkat perlindungan yang Anda butuhkan.

Ukuran bisnis/dampak keputusan

Perhatian utama adalah ukuran perusahaan Anda. Untuk raksasa multinasional dengan ratusan investor dan pemegang saham, keputusan kecil dapat memicu konsekuensi yang sangat besar, terutama ketika begitu banyak investasi, modal, dan pendapatan terlibat. Secara keseluruhan, direktur perusahaan besar membutuhkan tingkat pertanggungan yang lebih tinggi.

Peran yang berbeda memiliki risiko yang berbeda

Peran Anda di perusahaan juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Tidak ada dua peran direktur yang sama, dan direktur dari perusahaan berukuran serupa mungkin memiliki tingkat kendali yang sangat berbeda di dalam perusahaan, yang juga akan mempengaruhi tingkat perlindungan yang diperlukan.

Saat memilih polis, penyedia asuransi, penasihat atau pialang dapat membantu Anda memilih tingkat perlindungan yang sesuai dengan industri Anda dan peran spesifik Anda.

Tanggung jawab internasional

Elemen ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah fitur pertanggungan mana yang Anda butuhkan dalam polis Anda. Perusahaan yang beroperasi secara internasional, dengan anak perusahaan atau kantor global di seluruh dunia akan memerlukan program asuransi internasional, untuk melindungi mereka dari tuduhan yang dibuat di luar Inggris.

Beberapa pasar luar negeri mungkin mengharuskan perusahaan untuk mengambil asuransi dari perusahaan asuransi lokal yang berbasis di negara yang bersangkutan.

Durasi D&O adalah pertimbangan utama

Aspek terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah durasi pertanggungan yang Anda pilih. Asuransi D&O melindungi tertanggung berdasarkan klaim yang dibuat, yang berarti bahwa polis hanya dapat menutupi klaim yang dibuat selama polis berlaku.

Oleh karena itu masuk akal untuk mengamankan jangka panjang yang tersedia dan memilih perlindungan yang melindungi direktur Anda hingga pensiun. Beberapa perusahaan asuransi mungkin dapat menawarkan periode pelaporan yang diperpanjang, biasanya hingga 72 bulan lagi.

Batas kebijakan umum berdasarkan omset

Rincian berikut menunjukkan tingkat perusahaan pertanggungan yang biasanya dibeli:

  1. Perusahaan menyerahkan kurang dari £1 juta per tahun: batas £1 juta asuransi D&O
  2. Perusahaan dengan omset tahunan kurang dari £5 juta: batas £2 juta
  3. Perusahaan dengan omset tahunan di bawah £50 juta: batas £5 juta
  4. Perusahaan menyerahkan lebih dari £50 juta per tahun: batas £10 juta.

Jika Anda adalah bisnis tahap awal yang telah mengumpulkan modal untuk mendanai operasi, penasihat menyarankan agar Anda mempertimbangkan ukuran aset Anda daripada omset Anda.

Ini hanya contoh batas pertanggungan biasa yang dibeli oleh bisnis – untuk panduan, carilah nasihat profesional dari penasihat asuransi, pialang, atau penasihat keuangan terlatih.

Berapa biaya kewajiban direktur dan pejabat?

Biaya premi Anda akan tergantung terutama pada batas ganti rugi yang Anda miliki, serta faktor-faktor lain, termasuk omset tahunan bisnis dan jangkauan geografis. Jika Anda telah menjabat sebagai direktur atau pejabat untuk waktu yang lama tanpa masalah, beberapa penyedia asuransi dapat mengurangi premi Anda.

Berapa banyak yang Anda bayar juga akan sangat bergantung pada struktur asuransi D&O yang Anda pilih. Biasanya ada tiga struktur perjanjian asuransi dalam hal kebijakan D&O, yang dikenal sebagai Sisi A, Sisi B, dan Sisi C.

Umumnya, perusahaan dapat memilih antara kebijakan AB, khas untuk perusahaan swasta atau nirlaba, atau kebijakan ABC, yang cenderung menjadi kebijakan standar untuk perusahaan publik. Sisi A, B, atau C menentukan perlindungan yang ditawarkan oleh paket, umumnya didefinisikan sebagai berikut:

Sisi A kadang-kadang dikenal sebagai ‘tidak diberi ganti rugi’

Melindungi aset direktur atau pejabat individu, di mana perusahaan tidak dapat mendanai ganti rugi karena kendala hukum atau keuangan. Pejabat atau direktur individu adalah orang yang diasuransikan.

Sisi B, atau ‘diganti rugi’

Melindungi aset perusahaan. Menawarkan perlindungan kepada perusahaan publik atau swasta dengan mengganti mereka untuk setiap ganti rugi atau kemajuan biaya hukum yang telah dibuat atas nama direktur atau pejabatnya. Di sini perusahaan adalah tertanggung.

Sisi C, atau ‘cakupan sekuritas entitas’

Memperluas pertanggungan untuk perusahaan publik dan memberikan pertanggungan kepada korporasi secara keseluruhan untuk klaim keamanan saja. Perusahaan adalah pihak tertanggung dalam hal ini.

Dalam dasawarsa terakhir, asuransi D&O telah berkembang untuk sering memberikan perlindungan kepada perusahaan itu sendiri dalam kasus klaim yang diajukan terhadap direktur dan pejabatnya, di mana perusahaan telah mengganti kerugian mereka terhadap klaim tersebut. Kebijakan D&O tipikal menggunakan struktur AB, mengasuransikan direktur dan perusahaan.

Baca juga: Daftar Perusahaan Asuransi di Indonesia dan manfaatnya di sini

Cara menemukan penyedia asuransi D&O

Asuransi kewajiban direktur dan pejabat adalah produk yang kompleks. Menentukan tingkat risiko individu terhadap klaim D&O bergantung pada banyak faktor yang saling mempengaruhi, dan tidak ada risiko dua direktur yang sama. Untuk alasan ini, adalah ide yang baik untuk mencari nasihat profesional sebelum membeli polis, di mana pun Anda membeli.

Mendekati perusahaan asuransi secara langsung

Cara sederhana untuk menemukan produk asuransi D&O adalah dengan mencari penawaran langsung dari penyedia asuransi. Banyak penyedia asuransi komersial menawarkan asuransi kewajiban direktur dan pejabat dan mungkin dapat memberikan penawaran secara online.

Sangat penting untuk tidak menilai polis pada nilai nominal dengan harga premi, karena polis yang lebih murah mungkin tidak menawarkan tingkat ganti rugi yang sesuai untuk Anda. Sebaiknya bicarakan dengan penasihat untuk mendapatkan penawaran yang lebih akurat. Memang, banyak perusahaan asuransi bersikeras bahwa Anda mencari nasihat ahli dari sumber pihak ketiga sebelum mengambil polis.

Melalui broker

Pialang sangat membantu untuk produk asuransi yang kompleks, di mana polis mencakup banyak orang, peristiwa khusus, atau kebutuhan untuk mengakomodasi permintaan yang dipesan lebih dahulu. Asuransi D&O adalah salah satunya.

Pialang dapat memberi tahu klien tentang tingkat risiko mereka dan tingkat pertanggungan yang sesuai untuk dipilih. Mereka juga memiliki akses ke sebagian besar pasar dan dapat menggunakan pengetahuan dan pengalaman ahli mereka untuk membandingkan produk, menemukan Anda solusi yang paling tepat.

Pialang juga memiliki akses ke produk dan harga eksklusif yang tidak tersedia untuk masyarakat umum. Pergi melalui broker dapat berarti Anda dapat menemukan produk yang lebih luas dengan harga yang lebih rendah. Dengan produk yang lebih kompleks, ada juga risiko sengketa klaim antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Pialang dapat bertindak sebagai perantara, membantu bernegosiasi dan menangani sengketa klaim.

Situs perbandingan

Cara yang bermanfaat untuk mengevaluasi pro dan kontra dari berbagai kebijakan dan penyedia adalah dengan menggunakan situs web perbandingan. Situs tersebut dapat merangkum fitur berbagai produk di pasar, menyoroti manfaat kebijakan dan menawarkan penawaran dari berbagai penyedia di satu tempat.

Banyak dari platform ini memberikan opsi untuk memfilter atau memesan hasil pencarian menurut beberapa variabel, seperti harga atau tingkat cakupan. Anda dapat menggunakan situs web perbandingan biasa untuk menemukan kesepakatan, atau mencari situs web bisnis spesialis untuk membandingkan produk.

Kesimpulan & Pertanyaan

Satu dari tiga perusahaan telah menghadapi tuntutan terhadap salah satu direktur atau pejabatnya selama sepuluh tahun terakhir di Inggris. Lingkungan yang semakin sadar hukum ini berarti bahwa mereka yang berada di puncak berada di bawah pengawasan yang semakin ketat oleh investor, karyawan, dan di mata publik.

Semakin banyak orang mencari pertanggungjawaban pribadi atas tindakan atau keputusan yang berdampak negatif bagi mereka. Karena direktur dan pejabat memegang tanggung jawab dan kekuasaan yang signifikan dalam peran manajerial mereka, hal ini membuat mereka terkena semua jenis tuntutan hukum.

Asuransi kewajiban direktur dan pejabat dapat menawarkan perlindungan finansial bagi direktur dan pejabat ini, serta perusahaan tempat mereka bekerja. Memiliki kebijakan dapat membantu menjaga kehidupan profesional dan pribadi direktur tetap independen satu sama lain, dengan melindungi keuangan dan aset pribadi mereka dari masalah di tempat kerja.

Masih ada pertanyaan tentang asuransi D&O? Temukan jawaban atas pertanyaan umum di bawah ini.

Apa perbedaan antara ganti rugi profesional dan asuransi direktur dan pejabat?

Perbedaan utama antara asuransi D&O dan asuransi ganti rugi profesional adalah bahwa D&O dirancang untuk memberikan perlindungan finansial bagi anggota senior tim, biasanya mencakup setiap keputusan manajemen yang dibuat di perusahaan.

Klaim yang ditanggung oleh asuransi D&O dapat diajukan oleh pemegang saham, investor, karyawan, klien atau lebih. Asuransi ganti rugi profesional dapat mencakup klaim apa pun yang secara eksplisit dibuat oleh klien atau pelanggan karena kesalahan atau kelalaian yang dibuat oleh bisnis atau karyawannya.

Terkadang, kedua jenis klaim itu berjalan beriringan. Jika seorang akuntan memberikan nasihat yang buruk yang menyebabkan kerugian finansial klien dan klien mengejar klaim, ini kemungkinan akan berada di bawah asuransi ganti rugi profesional.

Namun, klaim selanjutnya dapat diajukan terhadap direktur karena gagal mengawasi akuntan yang memberikan nasihat yang tidak benar. Klaim berikutnya ini akan memerlukan asuransi D&O, karena berkaitan dengan pengawasan dalam lingkup tanggung jawab manajerial direktur.

Apakah asuransi direktur dan pejabat dapat dikurangkan dari pajak?

Umumnya, setiap pembayaran premi yang dilakukan pada polis asuransi direktur dan pejabat dapat dikurangkan dari pajak, menurut Manual Penghasilan Ketenagakerjaan EIM30509 . Namun, selalu ada pengecualian dan ketentuan dalam peraturan pajak mengenai direktur dan pejabat, jadi Anda harus meminta nasihat dari penasihat pajak yang berkualifikasi.

Dapatkah kebijakan tanggung jawab direktur dan pejabat melindungi saya dari tanggung jawab direktur luar?

Banyak direktur memilih untuk menjabat sebagai dewan direksi di entitas eksternal. Jika hal ini terjadi pada Anda, Anda akan menjadi direktur luar saat melayani dalam kapasitas ini.

Banyak penyedia asuransi direktur dan pejabat menawarkan perlindungan tanggung jawab direktur luar (ODL) sebagai perpanjangan opsional untuk melindungi direktur dalam peran mereka di perusahaan eksternal, meskipun beberapa penyedia mungkin memasukkan ini sebagai standar.

Perpanjangan ini dapat melindungi direktur untuk setiap klaim yang diajukan terhadap mereka untuk tindakan yang diambil dalam peran mereka di entitas luar.

Namun, banyak perusahaan asuransi hanya akan membayar lebih dari ganti rugi yang sudah disediakan oleh perusahaan luar, jadi penting untuk memverifikasi tingkat pertanggungan yang dimiliki entitas mana pun sebelum Anda menjadi direktur luar.

Anda juga harus memeriksa dengan penyedia asuransi D&O Anda untuk kondisi lain apa pun untuk perpanjangan pertanggungan ODL, karena banyak perusahaan hanya akan menawarkan pertanggungan jika perusahaan direktur telah meminta agar mereka menjadi direktur luar.

Apakah organisasi nirlaba memerlukan asuransi direktur dan pejabat?

Nirlaba memiliki eksposur yang sama terhadap litigasi, dari donor, pesaing, karyawan, dan regulator pemerintah di antara pemangku kepentingan lainnya. Bahkan lebih penting lagi bagi organisasi nirlaba untuk memiliki perlindungan D&O untuk membayar tagihan biaya hukum dan tuntutan hukum yang mahal.

Banyak individu yang duduk di dewan direksi untuk badan amal dan nirlaba tidak menyadari tanggung jawab pribadi mereka dalam organisasi, sehingga mungkin mengabaikan kebutuhan mereka akan perlindungan. Banyak produk asuransi D&O cocok untuk organisasi nirlaba, sementara beberapa mungkin menawarkan kebijakan yang disesuaikan untuk organisasi ini.

Apakah asuransi D&O melindungi perusahaan?

Kebijakan D&O juga dapat melindungi perusahaan. Dalam banyak kasus, perusahaan dapat memilih untuk menutupi biaya pembelaan hukum dan proses hukum untuk melindungi direktur atau pejabatnya. Dalam kasus ini, asuransi D&O dapat mengganti biaya klaim D&O kepada perusahaan.

Pos terkait