Asuransi: Kepentingan, Jenis dan Manfaatnya

  • Whatsapp

Kehidupan dan harta benda seseorang dikelilingi oleh risiko kematian, cacat, atau kehancuran. Risiko ini dapat mengakibatkan kerugian finansial. Asuransi adalah cara yang bijaksana untuk mentransfer risiko tersebut ke perusahaan asuransi. Dalam artikel ini kami membahas topik-topik berikut:

Asuransi: Kepentingan, Jenis dan Manfaatnya

Apa itu Asuransi?

Asuransi adalah suatu perjanjian hukum antara dua pihak yaitu perusahaan asuransi (penanggung) dan orang perseorangan (tertanggung). Dalam hal ini, perusahaan asuransi berjanji untuk mengganti kerugian tertanggung atas terjadinya kontinjensi yang dipertanggungkan. Kontinjensi adalah peristiwa yang menyebabkan kerugian.

Bacaan Lainnya

Bisa berupa kematian pemegang polis atau kerusakan/penghancuran properti. Disebut kontingensi karena ada ketidakpastian tentang terjadinya peristiwa. Tertanggung membayar premi sebagai imbalan atas janji yang dibuat oleh penanggung.

Baca juga: Panduan Asuransi Kesehatan Bisnis Kecil

Bagaimana cara kerja asuransi?

Penanggung dan tertanggung mendapatkan kontrak hukum untuk asuransi, yang disebut polis asuransi. Polis asuransi memiliki rincian tentang kondisi dan keadaan di mana perusahaan asuransi akan membayar jumlah asuransi baik kepada tertanggung atau calon.

Asuransi adalah salah satu cara untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari kerugian finansial. Umumnya, premi untuk pertanggungan asuransi besar jauh lebih rendah dalam hal uang yang dibayarkan. Perusahaan asuransi mengambil risiko ini dengan memberikan pertanggungan tinggi untuk premi kecil karena sangat sedikit orang yang diasuransikan yang akhirnya mengklaim asuransi.

Inilah sebabnya mengapa Anda mendapatkan asuransi untuk jumlah besar dengan harga murah. Setiap individu atau perusahaan dapat mencari asuransi dari perusahaan asuransi, tetapi keputusan untuk memberikan asuransi adalah kebijaksanaan perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi akan mengevaluasi aplikasi klaim untuk mengambil keputusan. Umumnya, perusahaan asuransi menolak untuk memberikan asuransi kepada pelamar berisiko tinggi.

Baca juga: Perusahaan asuransi terbesar di dunia

Apa saja jenis asuransi?

Asuransi secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga kategori:

1. Asuransi jiwa

Seperti namanya, asuransi jiwa adalah asuransi atas hidup Anda. Anda membeli asuransi jiwa untuk memastikan tanggungan Anda dijamin secara finansial jika Anda meninggal sebelum waktunya.

Asuransi jiwa sangat penting jika Anda adalah satu-satunya pencari nafkah bagi keluarga Anda atau jika keluarga Anda sangat bergantung pada penghasilan Anda. Di bawah asuransi jiwa, keluarga pemegang polis diberi kompensasi finansial jika pemegang polis habis masa berlakunya selama jangka waktu polis.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan dibeli untuk menutupi biaya pengobatan untuk perawatan yang mahal. Berbagai jenis polis asuransi kesehatan mencakup berbagai penyakit dan penyakit. Anda dapat membeli polis asuransi kesehatan generik serta polis untuk penyakit tertentu. Premi yang dibayarkan untuk polis asuransi kesehatan biasanya mencakup biaya perawatan, rawat inap, dan pengobatan.

3. Asuransi mobil

Di dunia sekarang ini, asuransi mobil merupakan polis penting bagi setiap pemilik mobil. Asuransi ini melindungi Anda dari kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Beberapa kebijakan juga mengkompensasi kerusakan pada mobil Anda selama bencana alam seperti banjir atau gempa bumi. Ini juga mencakup tanggung jawab pihak ketiga di mana Anda harus membayar ganti rugi kepada pemilik kendaraan lain.

4. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan anak mirip dengan polis asuransi jiwa yang dirancang khusus sebagai alat tabungan. Asuransi pendidikan dapat menjadi cara yang bagus untuk menyediakan sejumlah uang sekaligus ketika anak Anda mencapai usia untuk pendidikan tinggi dan masuk ke perguruan tinggi (18 tahun ke atas).

Dana ini kemudian dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan tinggi anak Anda. Dalam asuransi ini, anak adalah tertanggung atau penerima dana, sedangkan orang tua/wali adalah pemilik polis. Anda dapat memperkirakan jumlah uang yang akan digunakan untuk mendanai pendidikan tinggi anak Anda menggunakan Kalkulator Perencanaan Pendidikan .

5. Asuransi rumah

Kita semua bermimpi memiliki rumah sendiri. Asuransi rumah dapat membantu menutupi kerugian atau kerusakan yang terjadi pada rumah Anda karena kecelakaan seperti kebakaran dan bencana alam atau bahaya lainnya. Asuransi rumah mencakup kejadian lain seperti petir, gempa bumi, dll.

Baca juga: Investasi di Perusahaan Asuransi, perhatikan ini!

Apa manfaat pajak atas asuransi?

Selain manfaat keselamatan dan keamanan membeli asuransi, ada juga manfaat pajak penghasilan yang dapat Anda manfaatkan.

  • Premi asuransi jiwa hingga 1,5 lakh dapat diklaim sebagai pengurangan penghematan pajak berdasarkan Bagian 80C
  • Premi asuransi kesehatan hingga 25.000 untuk diri sendiri dan keluarga Anda dan 25.000 untuk orang tua Anda dapat diklaim sebagai pengurangan pajak berdasarkan Bagian 80D

Klaim ini harus dibuat pada saat e-filing pengembalian pajak penghasilan .

Kesimpulan

Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau asuransi umum, Anda dapat membeli polis asuransi secara offline maupun online. Sama seperti ada agen asuransi yang akan membantu Anda membeli polis, ada juga situs web tempat Anda dapat membeli polis. Pastikan Anda telah melakukan riset sebelum memilih dan berinvestasi dalam polis asuransi.

Pos terkait