Barbara Walters jurnalis TV pensiun dari ABC News

Barbara Walters jurnalis TV pensiun dari ABC News

Sejarah hari ini – Pada 16 Mei 2014, jurnalis penyiaran dan pembawa acara TV Barbara Walters pensiun dari ABC News dan sebagai co-host program siang hari “The View.” Dalam karir penting yang berlangsung selama sekitar 50 tahun mengudara, Walters yang berusia 84 tahun membuka jejak bagi wanita di berita TV.

Pada pengiriman Walter pada 16 Mei “View”, Oprah Winfrey, Diane Sawyer dan Katie Couric termasuk di antara lebih dari dua lusin penyiar wanita yang muncul di acara itu untuk memberi penghormatan kepada pembawa berita legendaris.

Lahir di Boston pada 25 September 1929, Walters, yang ayahnya adalah pemilik klub malam, dibesarkan di Massachusetts, Kota New York dan Miami. Lulusan Sarah Lawrence College, Walters bekerja sebagai penulis dan produser TV di New York sebelum bergabung dengan “The Today Show” NBC pada tahun 1961 sebagai penulis dan, akhirnya, reporter siaran.

Pada tahun 1974, dia ditunjuk sebagai co-host resmi program tersebut, wanita pertama yang memegang pekerjaan itu. Dua tahun kemudian, Walters menjadi wanita pertama yang ikut menyiarkan siaran berita jaringan malam, menghasilkan rekor $ 1 juta setahun.

Namun, setelah mengalami ketegangan dengan pembawa acara “ABC Evening News”, Harry Reasoner, dan peringkat rendah, Walters meninggalkan program tersebut pada tahun 1978. Dari tahun 1984 hingga 2004, ia menjadi pembawa acara dan produser majalah berita TV “20 / 20. ”Selain itu, pada tahun 1997, ia membuat “The View,” yang menjadi tuan rumah bersama program tersebut dari awal hingga pensiun.

Terkenal karena wawancaranya, selama beberapa dekade Walters pergi satu lawan satu dengan presiden Amerika (dia menginterogasi setiap komandan tertinggi dari Richard Nixon hingga Barack Obama ), pemimpin dunia, bintang film, terpidana pembunuh, dan sejumlah pembuat berita lainnya.

Pada tahun 1977, dia meyakinkan presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin untuk menyerahkan wawancara bersama pertama mereka, dan pada tahun yang sama dia juga pergi ke Kuba untuk membuat berita utama duduk dengan diktator Fidel Castro. Pada 2001, dia mewawancarai Presiden Vladimir

PutinRusia dan bertanya apakah dia pernah memerintahkan seseorang untuk dibunuh (dia berkata “nyet”). Dia juga melakukan wawancara dengan tokoh-tokoh terkenal seperti Saddam Hussein Irak, Moammar Qadaffi dari Libya dan Bashir al Assad dari Suriah.

Pada tahun 1999, Monica Lewinsky, yang perselingkuhannya dengan Presiden Bill Clinton menyebabkan pemakzulannya, memberikan wawancara TV pertamanya kepada Walters; 74 juta pemirsa yang memecahkan rekor menonton, menjadikannya program berita dengan rating tertinggi yang pernah disiarkan oleh satu jaringan.

Walters, yang mewawancarai hampir semua selebriti Hollywood terkemuka, juga mendapatkan reputasi karena dengan terampil mengajukan pertanyaan-pertanyaan menyelidik yang membuat sejumlah subjek terkenalnya berkaca-kaca.

Namun, satu pertanyaan Walters mengalami kesulitan hidup terjadi selama percakapan siaran tahun 1981 dengan Katharine Hepburn. Setelah aktris tersebut membandingkan dirinya dengan sebatang pohon, Walters berkata, “Pohon jenis apa kamu, jika kamu pikir kamu adalah pohon?”

Pada 13 Mei 2013, Walters mengumumkan bahwa setelah lebih dari setengah abad di TV, dia akan pensiun pada tahun berikutnya. Sesaat sebelum jurnalis terkenal itu mengucapkan perpisahan resminya di “The View” pada Mei 2014, majikan lamanya, ABC, menghormatinya dengan menamai kantor pusat beritanya di New York City sebagai Gedung Barbara Walters.

Profil

Nama
Barbara Walters
Lahir25 September 1929 (umur 91), Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat
StatusJanda
PekerjaanWartawati, Pemandu gelar wicara
Karya terkenalJangkar The Today Show (1962-1976) Pemandu acara Not For Women Only (1971-1976) Jangkar ABC Evening News (1976-1978) Pemandu acara 20/20 (1984-2004) Pencipta/pemandu acara The View (1997 – sekarang)
GajiAS$12 juta (2007)
Suami/istriMerv Adelson 1986-1992) Lee Guber (1963-1976) Robert Henry Katz (1955-1958)
AnakJacqueline Dena Guber