Bisnis Franchise Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis Franchise

Sejarah Negara Com – Bisnis franchise merupakan suatu peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak yang menjalankan bisnis ini terutama bagi pihak pemula yang baru pertama kali melakukan atau mendirikan sebuah usaha atau bisnis. Franchisor atau pemberi hak franchise atau waralaba akan memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan nama atau usahanya.

Sedangkan franchisee atau penerima franchise akan menerima hak atas pemanfaatan dan penggunaan usaha dari pihak yang memberinya hak tersebut dengan persyaratan tertentu. Franchise atau waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer yang membuat mesin jahit Singer.

Franchise atau waralaba memiliki dua jenis yakni franchise luar negeri yang cenderung lebih disukai karena sistemnya yang jelas merek atau brand yang sudah sangat dikenal di dunia, dan dirasa lebih bergengsi bagi franchisee-nya.

Yang kdua yaitu franchise atau waralaba dalam negeri yang menjadi pilihan investasi pula bagi orang-orang yang ingin cepat memilki sebuah usaha dan menjadi pengusaha yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai awal dan kelanjutan berwirausaha, sedangkan usaha franchise atau waralaba ini sudah disediakan kelanjutannya oleh pemilik usaha yang memberikan hak atau franchisor mengenai bagaimana bisnis franchise ini akan berjalan dan seperti apa sistemnya.

Baca juga: 4 peluang Bisnis Online paling mudah dilakukan

Berbisnis Franchise di Bidang Kuliner

Untuk saat ini banyak sekali orang yang sudah bekerja dan memilki penghasilan namun tidak puas dengan apa yang telah diperolehnya sehingga mereka mencari hal baru apa yang dapat mereka lakukan untuk mengatasi ketidak puasan tersebut.

Ketidakpuasan dan kebosanan yang dimilki oleh setiap orang yang sudah bekerja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu bosan dengan kegiatan dan aktivitas yang itu-itu saja, kurun waktu yang lama untuk naik jabatan atau pangkat, pendapatan yang kurang memuaskan, atau memang ingin menambah kesibukan dan kegiatan dalam kehidupan keseharian. Maka usaha franchise dapat menjadi pilihan usaha yang menarik untuk mengatasi hal tersebut.

Mengalami kebosanan saat menjadi seorang pegawai memang wajar dirasakan oleh seseorang yang telah bekerja. Terkadang banyak pegawai yang mengundurkan diri dari pekerjaannya saat usaha yang dijalani telah mencapai kesuksesan. Mereka meninggalkan pekerjaan karena alasan yang logis yakni penghasilan yang diperoleh dari menjalankan usahanya itu lebih besar daripada penghasilannya saat menjadi pegawai dan bekerja.

Selain pendapatan atau penghasilan yang lebih besar itu, maka akan semakin banyak juga cabang yang dapat didirikan dari usaha yang sedang dan telah dijalani. Usaha franchise yang paling banyak digandrungi oleh pengusaha yaitu dalam bidang kuliner yang menjanjikan.

Makan merupakan hal yang pasti dan akan terus dilakukan oleh setiap orang, maka usaha franchise kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang paling menjanjikan karena dengan adanya bisnis ini, orang tidak akan merasa kelaparan karena kekurangan tempat yang menyediakan makanan serta orang tidak akan merasa bosan dengan bisnis kuliner yang selalu melihat selera konsumen yang selalu berubah.

Baca juga: Mengenal Bisnis Online: Pengertian, proses dan keuntungannya

Setiap orang pasti sering melakukan perjalanan atau hanya sekedar jalan-jalan berkeliling untuk merefresh pikiran yang penat dengan kegiatan sehari-hari tentu mereka membutuhkan tempat makan untuk singgah dan mengisi kekosongan perut sebelum melnjutkan acara jalan-jalannya.

Ada beberapa tempat yang tepat untuk mendirikan usaha kuliner yaitu di mall, sepanjang pinggir jalan yang ramai, dan bisa juga didirikan di rumah. Usaha franchise tidak memerlukan modal yang sangat besar karena pengusaha pemula diberikan kemudahan oleh franchisor yaitu menjual produk makanan dengan menggunakan nama atau merek atau brand usahanya yang telah dikenal oleh sebagian banyak masyarakat sehingga franchisee tidak memerlukan biaya untuk pemasaran dan lain sebagainya.

Bisnis makanan sudah sangat menjamur di seluruh pelosok Indonesia sehingga apabila ada pengusaha pemula yang mendirikan usaha kuliner yang baru kemungkinan akan kesulitan dalam memasarkan usahanya.

Bisnis makanan dapat mengusung kepada beberapa konsep, yaitu mulai dari makanan western, makanan tradisional atau kedaerahan, makanan berat, makanan ringan, konsep indoor seperti café atau resto maupun konsep pinggiran seperti lesehan dan angkringan. Usaha franchise kuliner dengan berbagai konsep ini tentu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menambah variasi dan jumlah bisnis kuliner di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis kuliner dengan aneka konsep ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha pemula yang akan mengikuti jejak pengusaha lamanya. Daya tarik dari berbagai konsep bisnis kuliner tersebut kini banyak dilirik oleh pengusaha-pengusaha pemula.

Berbisnis Franchise Minimarket atau Convenience Store

Kehadiran usaha minimarket di tanah air sudah sangat menjamur terbukti dari keberadaannya yang berdekat-dekatan dengan lampu yang terang benderang dan terlihat sangat mencolok. Keberadaan minimarket sangat mendominasi dan letaknya yang berdekat-dekatan bahkan saling berhadap-hadapan.

Sejak para pemilik usaha minimarket memperkenalkan sistem waralaba minimarketnya, maka perkembangan usaha ini semakin pesat hingga kota kabupaten bahkan sampai masuk ke kecamatan-kecamatan di kota kabupaten, pemilik usaha ini saling beradu dan saling bersaing ketat dan bahkan persaingannya lebih seru karena ada pengusaha dengan nama lain ikut bermain di bidang ini.

Bagi beberapa orang yang berminat untuk berbisnis dan menjadi bagian dari mereka, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu siapa mereka dan bagaimana sistem yang mereka jalankan. Minimarket dan Convenience Store merupakan usaha yang hampir mirip namun terdapat perbedaan di antara keduanya.

Perbedaannya terletak pada konsep, minimarket menjual barang sehari-hari mulai dari beras, minyak goreng, rokok, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya, sedangkan Convenience Store menjual barang-barang yang langsung dikonsumsi dan lebih didominasi oleh makanan dan minuman. Ada bisnis waralaba yang paling terkenal dan berkembang di tanah air dengan konsep minimarket, yaitu Alfamart.

Bisnis waralaba minimarket atau yang lebih dikenal dengan nama Alfamart merupakan salah satu bisnis waralaba yang paling sukses dan menjamur di tanah air karena keberadaannya yang hamper di setiap sudut jalanan bahkan di komplek-komplek perumahan di mana pun.

Alfamart merupakan usaha yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan kesepakatan waralaba dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, selaku pemilik dan pemegang merek Alfamart dengan motto yang dimiliki yaitu “Belanja Puas, Harga Pas.” Bisnis waralaba Alfamart ini modelnya adalah menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang mudah dijangkau pula terbukti karena Alfamart ada di mana-mana.

Alfamart didirikan pada tahun 1999 tepatnya pada tanggal 18 Oktober, dan pada saat didirikannya itu Alfamart merupakan unit usaha dari ritel group Sampoerna dan pada saat didirikannya itu Alfamart masih menggunakan nama Alfa minimarket. Nama Alfa minimarket berganti nama menjadi Alfamart pada saat memasuki tahun 2003 hingga sekarang.

Baca juga: Agrobisnis pertanian buah Naga masih terbuka lebar

Berkat kerja keras dan pengalaman seluruh karyawan dan manajemen Alfamart, maka Alfamart menjadi salah satu raksasa bisnis waralaba di tanah air dan berbagai award pun dapat diraihnya seperti Super Brand dari IBBA (Indonesia’s Best Brand Award) hingga World Of Mouth Award dan pada tahun 2006 Alfamart telah mendapatkan ISO 9001:2000.

Itulah sekilas mengenai berbisnis franchise.