Bisnis Kecil Kecilan: Keuntungan, Tips, dan 7 Contoh

  • Whatsapp

Bisnis Kecil Kecilan adalah usaha mencari rezeki yang dapat dilakukan siapa saja karena modalnya yang tentu saja tidak begitu besar. Di zaman serba internet seperti sekarang ini, meskipun disebut usaha kecil namun potensi untuk mendapatkan keuntungan bisa saja menjadi besar, berbanding terbalik dengan sebutannya. Cukup dengan bermodalkan smartphone yang terkoneksi dengan internet, apa saja bisa anda tawarkan tanpa malu-malu.

Coba bayangkan jika anda harus berdagang secara offline, paling tidak harus menyediakan kios untuk menunjukkan kepada pembeli bahwa anda memiliki stok barang yang mereka inginkan. Berbeda dengan zaman sekarang, tanpa memiliki kios, bahkan tidak memiliki barang pun anda menjadi seorang juragan.

Bacaan Lainnya

Keuntungan Membuka Bisnis Kecil Kecilan

Alasan mengapa banyak masyarakat mulai dari pelajar, karyawan swasta dan ibu rumah tangga memilih menekuni bisnis kecil kecilan adalah karena keuntungan yang didapat. Hanya dengan modal yang relatif kecil namun sudah mendapatkan beberapa keuntungan. Berikut keuntungannya yang dapat dijadikan alasan berbisnis:

1. Modal relatif kecil

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa bisnis kecil kecilan tidak memerlukan modal yang terlalu besar, modalnya relatif kecil bahkan ada juga yang tanpa modal sedikitpun. Dimana modal yang relatif kecil ini tidak akan mengganggu kebutuhan sehari-hari ataupun membengkakkan pengeluaran dana. Modalnya yang tidak besar juga membuat siapapun dapat mencoba untuk menjalankan.

2. Waktu Fleksibel

Menjalankan sebuah bisnis sendiri tentu saja tidak akan memakan waktu instens seperti bekerja di sebuah kantor, jadi bisnis ini dapat dijadikan bisnis sampingan. Dimana pelajar bisa melakukannya bersamaan dengan kegiatan sekolah atau ibu rumah tangga sembari mengurus rumah. Waktunya yang fleksibel membuat bisnis ini cukup mudah dijalankan bersamaan kegiatan sehari-hari lainnya.

3. Mampu menambah penghasilan

Keuntungan yang utama dari bisnis ini adalah mampu memberikan penghasilan tambahan yang terbilang lumayan, jika mampu menjalankan bisnis dengan tekun. Selain itu penghasilan yang didapatkan akan lebih dapat dirasakan secara utuh jika bisnis dijalankan sendiri. Jadi dengan menjalankan bisnis ini kebutuhan sehari-hari akan semakin terpenuhi karena adanya penambahan penghasilan.

4. Tahan banting (tidak mudah bangkrut)

Jika perusahaan besar akan cukup dibuat was-was jika terjadi krisis moneter ataupun ekonomi pada negara hal ini tidak akan terjadi pada bisnis kecil kecilan. Semua itu karena bisnis ini dimulai dari bawah dan perlahan meningkat tentu tidak akan terkena imbasnya karena tentu saja tetap banyak yang mencari.

Baca Juga: 21 ide Bisnis Kecil

Tips Sukses Mendirikan Bisnis Kecil Kecilan

Untuk memperoleh keuntungan serta bisnis tahan banting dan mampu berkembang hingga sukses tentu saja memerlukan beberapa tipsnya. Kesuksesan tidaklah mungkin didapatkan dengan instan dan proses dan rencana yang matang tentunya. Berikut tips sukses mendirikan bisnis kecil kecilan yang wajib dipahami:

1. Menentukan Jenis Bisnis Terlebih Dahulu

Jika ingin menjalankan bisnis dengan sukses baik itu bisnis besar atau kecil kecilan tentu haruslah menentukan jenis bisnis yang akan ditekuni terlebih dahulu. Dimana akan jauh lebih baik jika fokus dengan satu jenis terlebih dahulu dan baru menambah jenis lainnya. Cukup pikirkan sebuah bisnis sederhana namun cukup dicari banyak orang sehingga peluang sukses akan jauh lebih mudah di dapat.

Baca juga: Cara memilih Nama Perusahaan, inilah 8 elemen kunci penting

2. Riset Pasar Terlebih Dahulu

Jika masih bingung menentukan bisnis apa yang akan dijalankan dapat melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sehingga akan mengetahui bisnis manakah yang saat ini memiliki segmentasi pasar cukup besar. Dimana saat riset ini juga lihatlah berapa banyak pesaing yang ada disekitar. Informasi ini tentunya sangat penting dimiliki.

3. Menghitung Modal Dan Menyesuaikan Dengan Dana Yang Ada

Setelah riset pasar telah dilakukan dan telah mantap memilih bisnis yang akan dijalankan hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung modal. Penghitungan modal bisnis harus dilakukan dengan teliti sehingga tidak ada yang luput dari perhitungan. Setelah itu sesuaikanlah dengan dana yang telah dipersiapkan, apakah sudah cukup atau harus menambah lagi.

4. Menentukan Lokasi Bisnis

Jika ingin meminimalisir pengeluaran cara paling mudah adalah dengan mencari lokasi bisnis yang tidak memerlukan biaya sewa. Perlu diketahui bahwa biasa sewa sebuah tempat usaha apa lagi di pinggir jalan besar cukuplah besar. Ada baiknya membuka usaha dirumah dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

5. Kritis Dalam Mengolah Kemampuan

Hal mudah jika ingin bisnis kecil kecilan berjalan sukses adalah dengan kritis dan mampu mengelola kemampuan diri. Dimana hal itu tentu akan menghemat biaya serta membuat usaha berbeda dari yang lain. Untuk itu manfaatkan kemampuan diri dan buatlah menjadi peluang usaha.

6. Jangan Rekrut Karyawan Terlebih Dahulu

Sama halnya seperti harus fokus dengan satu jenis bisnis terlebih dahulu dan baru menambah bisnis lainnya untuk dijalankan merekrut karyawan juga begitu. Semua itu karena tergolong kecil kecilan sehingga ada baiknya dijalankan dahulu sendiri dan baru jika telah sukses carilah karyawan.

7. Lakukan Promosi Secara Offline Dan Online

Hal terpenting dalam membuat bisnis sukses adalah dengan melakukan promosi yang baik, dimana saat ini promosi akan mudah dilakukan secara online. Dimana jika secara online segmentasi pasarnya akan cukup luas namun jangan lupakan juga promosi secara offline. Kedua hal ini harus imbang jika ingin bisnis sukses.

Baca Juga: Usaha Online yang menguntungkan

Contoh Bisnis Kecil Kecilan yang bisa anda jalankan

Setelah memahami tips sukses berbisnis langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari secara benar bisnis yang akan ditekuni. Dimana saat ini ada begitu banyak peluang bisnis yang dapat dicoba dan tentu saja harus dilakukan seleksi yang ketat sehingga tidak salah memilih. Berikut contoh beberapa bisnis kecil kecilan yang dapat dijadikan referensi :

1. Bisnis Online Secara Dropship

Saat ini memang hampir semua rana kehidupan dapat dilakukan secara online termasuk juga menjalankan bisnis. Semua itu karena saat ini hampir semua lapisan masyarakat memilih sesuatu hal yang tidak ribet dan hanya perlu berdiam saja namun kebutuhan terpenuhi. Untuk bisnis kecil kecilan tanpa modal dapat melakukan sebuah bisnis dengan bergabung pada situs jual beli online dan lakukan sistem dropship.

Dimana hanya perlu menentukan supplier yang memiliki produk unggul dan sedang banyak dicari. Cukup dengan modal sebuah smartphone saja bisnis ini sudah dapat berjalan, dimana produk supplier tinggal dipromosikan saja. Perlahan tapi pasti jika terus tekun bisnis akan semakin banyak pelanggan. Tentu saja hal ini tidak menutup kemungkinan untuk suatu saat nanti mampu mendirikan bisnis sendiri tanpa perlu menjadi dropshiper.

2. Bisnis Franchise Minuman

Jika yang memiliki rumah di pinggir jalan atau dekat dengan pasar, sekolah ataupun lainnya dapat mencoba bisnis waralaba satu ini. Dimana bisnis franchise minuman memang sudah banyak dicoba banyak orang dan sudah banyak bukti suksesnya. Jenis untuk minuman yang dapat dipilih pun cukup banyak, mulai dari susu, teh,coklat kopi, sirup dan minuman lainnya. Dengan menjual ditempat yang strategis tentu akan lebih mudah untuk meraup keuntungan.

Jika terus tekun dan bersabar tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti dapat membuka cabang lain dengan mempekerjakan karyawan. Bahkan jika terus sukses semua dapat dikerjakan karyawan dan kegiatan sehari-hari dapat terus dilakukan.

4. Membuka Jasa Cuci Motor

Selain bisnis franchise minuman untuk yang memiliki rumah strategis dan juga memiliki lahan cukup luas dapat juga membuka jasa cuci motor yang menguntungkan. Saat ini motor merupakan kendaraan yang memiliki pengguna yang banyak sehingga akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini pun tidak memerlukan skill khusus dan waktunya fleksibel.

Modal yang dibutuhkan pun cukup mudah, yaitu kompresor, pompa air, semir ban, kain lap dan shampo motor tentunya. Pengguna motor saat ini beragam mulai dari pelajar, ibu rumah tangga hingga seorang pekerja kantor. Dimana ada beberapa orang tidak sempat jika mencuci motor sendiri dan memilih mencari jasa cuci motor pinggir jalan.

5. Menjual Pulsa

Saat ini penggunaan smartphone adalah kebutuhan yang tidak dapat dihindari, sehingga tentu saja keperluan akan pulsa juga terus meningkat. Modal yang terbilang kecil ini memang memiliki keuntungan yang kecil juga. Namun jika dijalankan dengan benar dan sabar tidak menutup kemungkinan akan sukses nantinya.

Untuk para karyawan ataupun pelajar akan memiliki peluang sukses lebih besar. Dimana teman kantor dan juga sekolah dapat menjadi konsumen utama penjualan pulsa. Tanpa memerlukan konter pun juga bisa dilakukan dan meraup keuntungan karena berjualan pulsa merupakan bisnis fleksibel.

Menjual pulsa dengan sistem seperti diatas lebih menguntungkan karena hanya dengan berdiam diri orang-orang akan mencari karena sudah tahu ada yang menjual pulsa. Jika nanti terus berjalan dan menjadi besar tidak menutup kemungkinan dapat membuka konter dan berjualan dengan lebih besar lagi.

6. Membuka Bisnis Laundry

Saat ini saja serba praktis dimana mencuci pun tidak perlu dilakukan sendiri karena sudah banyak laundry kiloan yang ada. Hal ini tentu saja peluang usaha yang cukup besar dan menguntungkan jika dilakukan. Apa lagi jika membuka dekat kos-kosan dan juga para pekerja kantor, dimana kesibukan membuat laundry adalah pilihan tepat.

Untuk membuat bisnis laundry menjadi semakin menarik dan membuat orang tertarik dapat juga menambahkan jasa antar jemput laundry. Sehingga konsumen akan merasa mendapatkan servis yang memuaskan, selain itu tentu saja harga juga akan berbeda. Dengan menekuninya secara serius tentu saja akan membuat bisnis kecil kecilan ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan akan membesar.

7. Membuka Warung Sembako

Usaha warung memang merupakan bisnis kecil kecilan yang memiliki peluang besar untuk sukses. Jika membuka warung sembako di rumah, tentu saja konsumen utamanya adalah tetangga sekitar. Sedangkan jika ingin lebih memiliki peluang konsumen besar dapat membuka di pinggir jalan. Namun tidak ada salahnya menekuni terlebih dahulu di rumah. Cukup memperlengkapi segala bahan sembako di warung sehingga akan membuat konsumen berasa ada di pasar.

Bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga karena dapat dilakukan sembari mengurus rumah dan anak. Selain itu bisnis warung sembako tidak membuat was-was jika ada yang belum terjual karena bahan sembako memiliki kadaluarsa cukup lama.

8. Membuka Jasa Pembuatan Kue

Untuk yang memiliki bakat dibidang pembuatan kue dapat memanfaatkan menjadi sebuah bisnis kecil kecilan yang dapat dilakukan dari rumah. Dimana tidak memerlukan sebuah toko cukup bermodalkan promosi yang baik dari media sosial. Selain itu dapat juga melakukan promosi secara offline dengan memasang banner di depan rumah yang akan membuat orang sekitar melihat.

Untuk itu pastikan hasil dari kue benar-benar enak dan berbeda dari kue lainnya. Sehingga konsumen akan setia dan tidak berpindah ke tempat lain. Selain itu membuka jasa pembuatan kue tidak akan terlalu memakan waktu lama dan dapat dilakukan sembari melakukan kegiatan lain. Tentu saja modal yang diperlukan juga tidak cukup besar namun harga jual cukup tinggi.

Itulah beberapa hal mengenai bisnis kecil kecilan yang harus dipahami dan dapat dijadikan referensi. Sebuah bisnis jika ingin sukses tentu saja memerlukan persiapan dan proses yang tidak mudah. Untuk itu jalani bisnis dengan tekun dan semangat, jangan mudah menyerah walau pertama sulit mencari pelanggan.

Cara Memulai Peluang Usaha Rumahan

Bisnis kecil kecilan untuk remaja

Masa remaja bukanlah masa untuk berfoya-foya, karena kehidupan anda mendatang ditentukan oleh kerja kerasmu di masa tersebut, meskipun semuanya tidak lepas dari kuasa Allah menentukan garis nasib anda. Banyak bisnis kecil yang bisa dirintis oleh kaum remaja, namun biasanya mereka memilih bisnis yang secara visual terlihat keren dan dan lebih menggunakan psikis dari pada fisik. Untuk itu, berikut ide bisnis kecil kecilan untuk remaja yang dapat dicoba:

  1. Blogger atau freelance writer
  2. Toko Online
  3. Menjadi Reseller atau Dropshipper
  4. Bisnis Laundry
  5. Warkop atau Kafe kecil-kecilan
  6. Jasa Les Privat
  7. Menjadi Fotografer
  8. Menjadi MC
  9. Tempat penitipan hewan peliharaan
  10. Jadi admin sosial media

Baca juga: 22 Ide Bisnis Online yang dapat segera dimulai

Usaha kecil menguntungkan di desa

Tidak seperti dahulu, di zaman yang serba internet semua usaha bisa dilakukan di mana saja tanpa batas dan waktu hanya dengan koneksi jaringan internet, dengannya dunia di genggaman anda. Bagi anda yang tinggal di desa tidak perlu bingung untuk memulai bisnis di desa melalui internet.

Berikut kami berikan referensi peluang usaha di desa yang patut dicoba:

  1. Toko retail sembako atau kelontong
  2. Pertamini karena biasanya di desa sedikit sekali tempat isi bensin seperti Pertamina
  3. Salon potong rambut atau barbershop
  4. Kedai makan
  5. Warung kopi
  6. Ternak ayam kampung/ayam potong
  7. Ternak lele
  8. Tempat fotocopy
  9. Ternak sapi dan kambing
  10. Studio foto sederhana
  11. Jual pulsa
  12. Bengkel motor
  13. Rental PS
  14. Warnet
  15. Penjahit
  16. Tukang pijat
  17. Toko alat dan bahan pertanian
  18. Tempat les
  19. Sewa alat-alat pesta pernikahan (tenda, sound system, dan lain sebagainya).
  20. Budidaya jamur tiram
  21. Usaha kayu atau mebel
  22. Toko sayur atau tukang sayur
  23. Pengepul hasil pertanian
  24. Jual baju
  25. Toko sepatu
  26. Toko bangunan
  27. Toko kerajinan oleh-oleh khas desa tersebut
  28. Pengrajin gerabah
  29. Tempat penggilingan padi
  30. Distributor hasil pertanian
  31. Mengembangkan desa wisata
  32. Jasa rias pengantin
  33. Jasa bidan
  34. Jasa travel dan wisata di daerah desa Anda
  35. Jasa tour guide
  36. Toko oleh-oleh
  37. Berbisnis online
  38. Berjualan properti
  39. Bertani atau berkebun
  40. Menjual produk hasil sendiri atau UMKM

Contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar

Pelajar tidak harus melulu belajar dan belajar, silahkan berinovasi untuk meraba-raba masa depan anda. Seorang pelajar bisa memulai bisnis kecil-kecilan tanpa meninggalkan pelajaran sekolah. Berikut beberapa contoh usaha kecil kecilan untuk pelajar yang dapat dilakukan tanpa menguras tenaga:

  1. Penyiar Radio
  2. Jualan Jajanan
  3. Usaha Voucher Isi Ulang
  4. Endorser di Instagram
  5. Guru Privat untuk Anak SD
  6. Menjadi Seorang Bloger
  7. Budidaya Tanaman

Dari contoh di atas anda bisa mempertimbangkannya, janganlah malu-malu untuk memulai sebuah usaha, jangan pula gengsi. Di jaman sekarang gengsi akan membuatmu tak tahu apa-apa.

Makanan untuk bisnis kecil-kecilan

Makanan merupakan kebutuhan primer bagi manusia. Siapa saja pasti membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Untuk itu, jika anda memiliki jiwa wirausaha makanan bisa anda jadikan sebuah bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya bisnis kecil, jika anda tekun mengelolanya tidak mustahil akan menjadi sumber rezeki yang besar. Namun, bagi yang masih pemula bisnis makanan ringan merupakan pilihan terbaik untuk menghindari modal besar.

Berikut contoh bisnis makanan ringan yang dapat anda pertimbangkan.

  1. Kerupuk Seblak
  2. Basreng
  3. Kedai Kopi
  4. Aneka Minuman Dingin
  5. Aneka Jus
  6. Bubur Kacang Hijau
  7. Roti Bakar
  8. Aneka Pepes
  9. Tahu Kremes
  10. Gorengan
  11. Singkong Keju
  12. Aneka Keripik
  13. Kebab
  14. Dimsum
  15. Aneka Olahan Pisang
  16. Mi Lidi
  17. Usus Crispy
  18. Keripik Pisang
  19. Tahu Bakso Daging
  20. Tahu Kremes
  21. Stik Talas
  22. Telur Gulung
  23. Sempol Ayam

Kesimpulan

Bisnis Kecil Kecilan bisa cepat anda jalankan, namun membutuhkan ketekunan yang kontinyu. Dari contoh usaha kecil di atas anda dapat mempertimbangkan kira-kira usaha kecil mana yang sesuai dengan keahlian anda. Namun, bukan berarti yang tidak memiliki keahlian tidak dapat menjalankannya.

Semua ilmu dapat kita pelajari dengan modal tekun, ini berarti jika anda tak memiliki keahlian dalam bidang tertentu dapat mempelajarinya untuk mendapatkannya. Yang terpenting sebenarnya bukan hasil, karena hasil adalah buah dari ketekunan anda dalam menjalankan sesuatu. Jika anda kontinyu, sabar menjalani proses yakinlah hasil dengan sedirinya akan datang. Ingatlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan umatnya yang telah bekerja keras sebagai bagian dari ibadahnya.

Bisnis Kecil Kecilan

Pos terkait