Boneka Barbie, Bisnis Menggiurkan yang terus berlanjut

Bisnis Boneka Barbie

Sejarah Negara Com – Bagaimana bisnis boneka Barbie? Boneka Barbie yang mengenakan pakaian muslimah? Walau bukan boneka Barbie yang asli, ternyata boneka berpakaian muslimah ini menarik perhatian banyak orang. Mau tidak mau pakaian yang dikenakan kepada boneka yang mirip dengan Barbie, bisa dikatakan terinspirasi boneka paling masyur tersebut. Tanpa adanya Barbie yang berpakaian terlalu terbuka, mungkin tidak ada pikiran untuk membuat boneka dengan pakaian tertutup.

Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya anda baca dahulu sejarah Boneka Barbie

Bisnis Menggiurkan

Pihak pembuat boneka Barbie, Mattel, mengungkapkan bahwa boneka berpostur gadis cantik bertubuh tinggi semampai dengan tubuh langsing berkulit putih ini, telah terjual tidak kurang dari satu miliar buah. Itu artinya Barbie sudah dikenal di seluruh dunia. Jangan bayangkan keuntungan yang diraih. Walau boneka ini termasuk barang mewah, peminatnya sangat banyak.

Tidak hanya anak-anak tetapi juga kaum pria, ada yang menjadi penggemar Barbie yang sangat fanatik. Apa kegilaan yang bisa dilakukan oleh seseorang yang sangat mengagumi Barbie? Apakah mereka hanya mengoleksi semua pernak-pernik yang berbau Barbie? Tidak hanya sampai disitu. Mereka memandang, memainkan, hingga membuat rumah Barbie yang sangat khusus.

Museum Barbie ukuran mini pun ada. Sebuah tempat yang memamerkan hal-hal yang berhubungan dengan Barbie. Biaya pembuatannya tidak tanggung-tanggung. Kalau satu buah boneka saja berbilai hingga puluhan juta. Bisa dibayangkan kalau ada seribu jenis pernak-pernik boneka imut ini.

Rumah Barbie yang berisi aneka rupa hal yang berkaitan dengan Barbie pun ada. Para penggemar boneka ini sepertinya tidak mau tanggung dalam melampiaskan kecintaannya kepada sang boneka mewah tersebut. Mereka bisa menghabiskan waktu cukup lama saat tenggelam dalam permainan yang melibatkan Barbie.

Banyak artis yang ingin mempunyai wajah dan penampilan seperti Barbie. Mereka bangga kalau bisa mirip atau bisa dikatakan seperti Barbie. Krisdayanti, misalnya. penyanyi terkenal ini cukup luas diketahui sebagai salah satu penggemar Barbie. Beberapa kali Krisdayanti terlihat menampilkan dirinya layaknya seperti boneka kesayangannya.

Melihat antusiasme yang begitu besar dari banyak orang, tidak salah kalau akhirnya banyak orang yang melirik bisnis menjual boneka seperti Barbie. Wajah boneka dibuat semirip mungkin dengan Barbie dan didandani seperti boneka tersebut. Harganya memang jauh lebih murah dari harga Barbie yang asli.

Satu buah boneka dijual dengan harga mulai dari 15 ribu – 25 ribu rupiah. Bandingkan dengan harga bonek Barbie yang asli dengan sertifikat keaslian. Seorang penggemar bisa merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

Kemewahan Barbie

Bisnis boneka Barbie itu memang cukup fenomenal. Seolah tiada ada henti kejutan yang disajikan oleh Mattel. Bahkan karena tak ingin kehilangan momentum kemewahan yang sudah menjadi ciri khas Barbie, pihak Mattel pun pernah membuat boneka ini dengan harga yang begitu fantastis.

Selama ini, pembuatan Barbie sudah membuat orang berdecap kagum. Rambut Barbie itu saja dikerjakan oleh beberapa orang agar menghasilkan seperti rambut asli dan tidak rontok saat disisir atau dibentuk. Belum lagi pakaiannya yang dirancang oleh perancang kenamaan. Bahan pembuat boneka dipilih yang terbaik dan tentu saja sudah melewati uji laboratorium. Bahan yang tidak mengandung racun dan aman untuk anak-anak.

Belum lagi perangkat lain seperti perhiasan Barbie, alat-alat mainnya, rumah, perabotan, dan lain sebagainya. Semua bentuk mini ini didesain khusus dan dikerjakan oleh tangan-tangan terampil yang tidak dibayar murah. Mattel sangat serius dengan bisnisnya.

Agar Barbie tetap mendapatkan perhatian, pihak Mattel pernah menggandeng Stefano Canturi.

Pria ini adalah seorang ahli pembuat perhiasan kelas atas. Ia diminta oleh pihak Mattel untuk merancang sebuah kalung berlian yang akan dikenakan oleh Barbie. Hasilnya adalah sebuah boneka yang dijual dengan harga tidak kurang dari 6 miliar rupiah saja. Boneka ini dinamakan Barbie by Canturi.

Boneka yang lebih murah dari Barbie by Canturi ada, yaitu Barbie and The Diamond Castle. Boneka satu ini dijual dengan harga kurang sari satu miliar. Tepatnya kurang lebih 920 juta rupiah. Boneka mengenakan gaun dan perhiasan yang terbuat dari 318 buah berlian. Sebelumnya, ada juga boneka yang dipatok dengan harga 800 jutaan.

Barbie satu ini pun berhias berlian. Namanya, De Beers 40th Anniversary Barbie.

Kalau Barbie dan The Diamond Castle dibuat dalam rangka memeriahkan penayangan film Barbie dengan judul yang sama, De Beers 40th Anniversary Barbie, dibuat dalam rangka memperingati hari jadi Barbie ke-40.

Baca juga: Bisnis Bengkel Kendaraan Bermotor, sistem kemitraan atau umum?

Kemewahan yang Terus Berlanjut

Pola kemewahan yang dimiliki oleh Barbie memang diusahakan untuk terus bertahan sebagai salah satu bentuk dari identitas. Bukti dari komitmen kepada kemewahan ini adalah kerjasama yang dilakukan oleh Mattel dengan beberapa orang bertalenta bagus. Misalnya, pada tahun 1999, Mattel bekerja sama dengan Stefano Canturi.

Mattel juga bekerja sama dengan rumah lelang Christie untuk menjual salah satu koleksinya yang diberi nama Barbie No.1. Hasil dari lelang Barbie yang mengenakan sebuah baju renang dengan motif zebra, terjual seharga 77 juta rupiah. Itu harga ditahun 2006. Pada saat ini, harga tersebut tentunya sudah jauh lebih tinggi karena Barbie No.1 dianggap sebagai barang langka.

Kerja sama dengan orang lain untuk membuat Barbie yang langka terus berlanjut. Tahun 2012, Mattel membuat Bling Barbie. Pada saat itu Mattel menggandeng Lorraine Schwartz. Boneka yang mengenakan sebuah gaun hitam itu terjual dengan harga 73 juta rupiah. Belum lagi Barbie yang dibuat menyerupai beberapa artis terkenal seperti Cher dan Diana Ross. Barbie ini dijual dengan harga belasan juta karena memang dibuat semirip mungkin dengan perawakan para artis tersebut.

Baca juga: Mencari Bisnis Baru yang lebih Profitable

Ajang Pamer Atau Ajang Pengukuhan Diri?

Kemewahan yang ditampilkan oleh boneka Barbie, bisa dikatakan sebagai salah satu ajang pamer. Bagaimana tidak, dengan harga yang luar biasa tinggi ini, pemilik boneka satu ini bisa menjadi pusat perhatian hanya dengan menampilkan atau memamerkan bonekanya. Ini juga menjadi salah satu ajang pengukuhan diri sebagai orang yang berpunyai.

Tentu tidak semua pemilik Barbie memang sengaja memamerkan kekayaannya. Tapi impresi atau kesan yang dirasakan oleh orang yang paham tentang Barbie adalah bahwa hanya orang kaya yang bisa memiliki Barbie. Boneka satu ini adalah simbol mainan orang berduit. Para orangtua kaya, seolah tak mau kehilangan kesempatan memberikan Barbie kepada anak perempuannya.

Ada diantara mereka yang sudah merencanakan memberikan Barbie kepada anaknya yang masih didalam kandungan. Dengan kemudahan fasilitas teknologi, jenis kelamin anak sudah bisa diketahui. Inilah yang membuat Barbie sudah ada sebelum si anak lahir ke dunia.

Bisnis boneka Barbie menjadi satu mainan yang serius dan bukan sekadar mainan. Mulai dari apa yang dipakai dan dikenakan oleh Barbie hingga semua perlengkapan seperti rumah, alat-alat mainan lainnya, dibuat dengan sangat serius. Untuk memfasilitasi semua keinginan penggemarnya, pihak Mattel terus membuat boneka Barbie yang menakjubkan. Mattel tetap ingin mempertahankan Barbie sebagai boneka mewah yang bertabur kemewahan.