Business plan: Pengertian, Alasan, Bagian penting, dan Download template

  • Whatsapp

Business plan untuk bisnis Anda, ini akan membahas semua tujuan dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya. Munkin suatu saat Anda akan diminta untuk menyerahkan Rencana Bisnis dengan aplikasi Pinjaman Awal.

Pengertian Business plan

Business plan (Rencana Bisnis) adalah dokumen tertulis yang menjelaskan tujuan bisnis inti dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya selama periode waktu tertentu. Ini dirancang untuk membantu Anda, dan orang lain, memahami bagaimana Anda berencana untuk menghasilkan uang dan membuat bisnis Anda berkelanjutan.

Bacaan Lainnya

Rencana Bisnis sering kali menyertakan informasi tentang tujuan, strategi, rencana pemasaran dan penjualan, serta prakiraan keuangan Anda. Baca di bawah untuk informasi lebih lanjut tentang bagian-bagian penting dari Rencana Bisnis.

Panduan ini adalah versi beranotasi dari template Rencana Bisnis dengan catatan dari Penasihat Bisnis tentang jenis informasi, contoh, dan bukti apa yang harus disertakan untuk membantu kami memahami Anda dan bisnis Anda. Meskipun kami menganjurkan Anda untuk menggunakan template ini, tetapi itu tidak wajib dan Anda dipersilakan untuk mengirimkan template Rencana Bisnis Anda sendiri dengan memberikan rincian informasi serupa.

Harap dicatat, dokumen berikut harus dibuka di perangkat apa pun dengan penampil dokumen dan editor, tetapi untuk pengalaman pengguna terbaik, kami sarankan untuk mengedit template ini di desktop.

Lihat juga: Template Rencana Bisnis tradisional sederhana untuk Pengusaha

Business plan

Mengapa Business plan itu penting?

Ada banyak alasan bagus mengapa Anda perlu waktu untuk membuat Rencana Bisnis, bahkan jika Anda belum siap untuk mengajukan Pinjaman Awal. Berikut ini hanya tujuh alasannya:

Rencana Bisnis:

  1. Menyediakan cara terstruktur untuk mengatur pemikiran Anda dan memperjelas ide Anda.
  2. Membantu Anda menetapkan tujuan Anda dan menemukan potensi masalah dalam mencapai tujuan ini.
  3. Memberi Anda strategi yang jelas untuk diikuti ketika segala sesuatunya menjadi sibuk.
  4. Sering kali penting untuk mengamankan keuangan eksternal untuk bisnis Anda (dan diperlukan jika Anda mengajukan permohonan Pinjaman Awal).
  5. Memungkinkan Anda mengukur kemajuan Anda seiring berjalannya waktu.
  6. Memastikan semua tim Anda bekerja menuju visi yang sama.
  7. Membantu Anda merencanakan masa depan.

Bagian penting dari Business plan

Rencana Bisnis dapat mencakup informasi apa pun yang Anda rasa diperlukan untuk menyampaikan rencana terbaik Anda untuk membuat bisnis Anda berkelanjutan dan, dalam hal mengajukan Pinjaman Awal, berikut adalah bagian inti yang kami butuhkan.

1. Bisnis Anda dan tujuan utama

Deskripsi singkat tentang bisnis Anda dan produk atau layanan intinya. Bagian ini juga mencakup ikhtisar yang jelas dan ringkas tentang tujuan yang ingin dicapai bisnis Anda selama periode waktu tertentu. Kadang-kadang ini dipecah menjadi tujuan jangka pendek, menengah dan panjang, tetapi akan membantu jika mereka dapat diukur (bagaimana Anda tahu jika Anda telah mencapainya?) dan realistis (dapatkah Anda mencapainya dengan uang, sumber daya, dan waktu yang Anda miliki?) memiliki?).

Jika Anda mengajukan Pinjaman Awal, Anda tentu juga perlu merinci bagaimana Anda ingin menggunakan uang itu jika Anda berhasil. Tim Penilaian Pinjaman kami ingin melihat bahwa Pinjaman Awal akan mendukung tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

2. Keterampilan dan pengalaman Anda

Gambaran umum tentang pengalaman Anda yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jika Anda sebelumnya pernah bekerja di bisnis serupa, atau memiliki pengalaman menjalankan bisnis lain, ini akan membantu memberikan keyakinan bahwa Anda berada dalam posisi yang baik untuk memulai. Bahkan jika ini semua baru bagi Anda, pikirkan tentang keterampilan yang dapat ditransfer yang telah Anda kembangkan, pengalaman hidup yang Anda miliki atau pelatihan yang telah Anda selesaikan yang mungkin berguna.

3. Target pelanggan, pasar, dan persaingan Anda

Ringkasan wawasan utama yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang pelanggan Anda (dan cara mengidentifikasi mereka), pasar Anda (dan bagaimana memposisikan diri Anda di dalamnya) dan pesaing Anda (dan cara membedakan diri Anda dari mereka pada faktor-faktor seperti harga, kualitas, merek dll).

4. Rencana penjualan dan pemasaran Anda

Bagian ini adalah tentang bagaimana Anda berencana untuk menarik pelanggan. Anda dapat menyertakan informasi tentang di mana Anda akan mendistribusikan produk Anda, seperti apa merek dan logo Anda, dan harga yang akan Anda terapkan. Selain itu, Anda perlu menunjukkan bagaimana Anda akan menyebarkan berita tentang produk/layanan Anda untuk menghasilkan permintaan, seperti menggunakan media sosial, berpameran di konferensi perdagangan, atau berinvestasi dalam iklan online.

5. Rencana operasional Anda

Ini akan berbeda tergantung pada model bisnis Anda, tetapi dapat mencakup informasi tentang di mana Anda akan berdagang (seperti kantor pusat atau tempat eksternal), jumlah staf yang perlu Anda pekerjakan, apa peran mereka nantinya dan peralatan atau alat apa pun yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda.

Anda juga dapat menggunakan bagian ini untuk merinci proses apa pun yang penting bagi operasi Anda, serta industri, pajak, atau peraturan hukum apa pun yang terkait dengan bisnis Anda. Ada baiknya juga untuk memikirkan risiko apa pun yang mungkin Anda hadapi, bagaimana Anda akan mengatasinya dan apa yang akan Anda lakukan jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

6. Keuangan

Banyak rencana bisnis menyertakan bagian keuangan, yang menguraikan bagaimana Anda akan mendanai semua kegiatan yang telah Anda uraikan dan pendapatan apa yang Anda harapkan untuk dihasilkan. Karena kami meminta Anda untuk melengkapi Prakiraan Arus Kas sebagai bagian dari aplikasi Pinjaman Awal Anda, kami tidak memerlukan terlalu banyak detail tentang ini dalam Rencana Bisnis Anda. Sebaliknya, kedua dokumen ini harus saling melengkapi.

Baca juga: 12 Tips Membangun Situs Web Bisnis yang Efektif

Tips menulis Business plan

Kiat-kiat di bawah ini telah disiapkan oleh Penasihat Bisnis dan tim Penilai Pinjaman kami untuk membantu Anda memahami beberapa hal utama yang akan memperkuat aplikasi Anda. Untuk saran yang lebih mendalam, baca panduan kami tentang cara menulis Rencana Bisnis .

1. Tunjukkan bahwa Anda memahami pasar dan pelanggan Anda.

Agar tim Loan Assessment kami merasa nyaman bahwa rencana bisnis Anda layak, mereka akan ingin melihat bahwa ada pasar yang menginginkan dan membutuhkan produk/layanan Anda, bahwa Anda telah memikirkan bagaimana Anda akan membedakan diri Anda dari pesaing dan bahwa Anda tahu bagaimana menarik pelanggan Anda. Riset pasar apa pun yang dapat Anda lakukan, seperti survei online sederhana, mencari laporan industri, atau wawancara dengan calon pelanggan akan membantu.

2. Gunakan bukti dan contoh untuk mendukung pernyataan apa pun yang Anda buat.

Itu selalu lebih kuat ketika Anda dapat membuktikan apa yang Anda katakan dengan fakta-fakta keras, apakah itu dengan statistik yang kuat, kutipan pelanggan, contoh aktivitas serupa atau penelitian lainnya. Tidak harus rinci – terkadang cukup dengan menyertakan tautan ke informasi lebih lanjut – tetapi ini akan membantu tim penilai pinjaman kami merasa lebih yakin bahwa rencana bisnis Anda dapat dijalankan.

3. Pastikan semuanya terikat bersama dengan menghubungkan setiap strategi dengan tujuan inti Anda.

Tujuan dari Rencana Bisnis adalah untuk menunjukkan apa tujuan Anda dan bagaimana Anda akan mencapainya, jadi ingatlah untuk menempatkan tujuan Anda di jantung rencana Anda. Misalnya, jika salah satu sasaran Anda adalah menghasilkan 10 penjualan baru per bulan, maka di bagian pemasaran Anda harus memikirkan berapa banyak penjualan yang harus dilakukan oleh setiap saluran promosi untuk mendukung tujuan ini.

4. Pertimbangkan risiko apa pun yang Anda hadapi dan bagaimana Anda akan mengatasinya.

Setiap bisnis memiliki risiko, jadi jangan menghindar dari referensi ini dalam rencana bisnis Anda. Menunjukkan bahwa Anda menyadari risiko utama Anda. Memiliki rencana yang jelas tentang cara mengurangi atau mengatasinya adalah sesuatu yang akan membedakan rencana bisnis Anda dan memberikan keyakinan kepada tim penilai pinjaman kami bahwa Anda siap menghadapi tantangan.

5. Buatlah sejelas dan sesingkat mungkin dan hindari wafel.

Ingat, kami tidak ingin melihat setiap detail tentang bagaimana bisnis Anda akan beroperasi, melainkan kami hanya perlu mengetahui informasi yang cukup untuk memberi kami keyakinan bahwa Anda memiliki rencana yang jelas. Anda mungkin ingin menggunakan poin-poin, grafik, tabel, dan subjudul untuk membantu Anda menjaga konten Anda tetap fokus dan membantu Anda menghindari godaan untuk membahas terlalu banyak detail.

6. Hal-hal presentasi: proof read, review dan format dokumen Anda.

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, kesan pertama diperhitungkan. Gunakan judul yang jelas, susun dokumen Anda dalam urutan yang jelas, dan periksa apakah Anda telah menggunakan font yang konsisten. Ingat, Anda tidak perlu menjadi penulis atau desainer untuk menyiapkan dokumen yang terlihat profesional. Yang terpenting, periksa kembali apakah Anda tidak membuat kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Sebaiknya minta seseorang untuk membacakan bukti pekerjaan Anda untuk Anda setelah Anda selesai mengambil apa pun yang mungkin Anda lewatkan.

Baca juga: Apa itu IVR? Panduan untuk Pemilik Bisnis

Download template

Template Business plan tersebut berformat .doc berbahasa Inggris, namun bisa anda edit sesuai kebutuhan, dan disediakan pula petunjuknya dalam bentuk PDF.

Pos terkait