Cara membuka Rekening Bank Bisnis, Bagaimana cara memilihnya?

  • Whatsapp
Cara membuka Rekening Bank Bisnis

Menggunakan rekening bank pribadi mungkin terdengar simpel dan mudah untuk bisnis kecil Anda, namun, memiliki rekening bank bisnis adalah ide yang lebih baik. Mengapa demikian? Inilah alasannya.

Secara sekilas, menggunakan akun yang sama untuk bisnis dan keuangan pribadi tampak seperti opsi paling sederhana dan paling murah. Tetapi, membuka dan memelihara setidaknya satu rekening bank bisnis yang terpisah dari keuangan pribadi akan lebih bijaksana.

Bacaan Lainnya

Karena ini akan memudahkan untuk melacak pengeluaran bisnis, menghadirkan citra yang lebih profesional untuk bisnis Anda, ditambah Anda dapat memanfaatkan potongan pajak dan kredit tersedia untuk pemilik usaha kecil sekaligus menghindari masalah pajak lainnya.

Namun, layanan, biaya, dan fasilitas yang ditawarkan dengan rekening bank bisnis berbeda dari satu bank ke bank lain, dan bisnis yang berbeda memiliki kebutuhan perbankan bisnis yang berbeda. Itulah sebabnya mengapa anda biasanya enggan untuk mendaftar rekening bank bisnis.

Kapan harus membuka rekening bank bisnis dan mengapa Anda harus melakukannya?

Menurut Administrasi Bisnis Kecil AS, Anda dapat dan harus membuka rekening bank bisnis segera setelah bisnis memiliki nomor identifikasi karyawan (EIN) dari Internal Revenue Service atau mulai menerima atau membelanjakan uang.

IRS mewajibkan setiap bisnis berbadan hukum memiliki rekening bank bisnis. Aturan tersebut berlaku apakah bisnis tersebut disusun sebagai kemitraan tunggal yang tergabung, kemitraan antara banyak individu, atau korporasi.

Meskipun bisnis Anda adalah kemitraan tunggal yang tidak berhubungan dan tidak terikat secara hukum untuk membuka rekening bank bisnis, Anda tetap membutuhkannya. Rekening bank bisnis merupakan prasyarat untuk memperoleh pinjaman bisnis; pemberi pinjaman tidak menyetujui pinjaman ini kecuali dana dapat disimpan ke rekening bank bisnis.

Pikirkan Anda tidak perlu mengajukan pinjaman bisnis? Keadaan berubah, dan Anda mungkin mendadak membutuhkan pinjaman untuk mempertahankan atau mengembangkan bisnis Anda. Dengan telah memiliki rekening bank bisnis, permintaan pinjaman Anda tidak akan ditunda atau ditolak.

Terlebih lagi, rekening bank bisnis adalah suatu keharusan jika Anda ingin menerima pembayaran kartu kredit untuk barang atau jasa. Jika Anda memiliki bisnis ritel, maka rekening bank bisnis sangat dibutuhkan untuk menerima pembayaran melalui sistem tempat penjualan Anda.

IRS mengharuskan bisnis berbadan hukum memiliki rekening bank bisnis. Untuk bisnis tidak berbadan hukum, kemampuan untuk mendapatkan pinjaman bisnis dan menerima pembayaran dengan kartu kredit semakin menambah kebutuhan memiliki rekening bank bisnis.

4 manfaat rekening bank bisnis

Selain mematuhi aturan IRS, membuka rekening bank bisnis memiliki manfaat dan keunggulan tambahan dibandingkan menggunakan rekening bank pribadi untuk menangani keuangan bisnis Anda.

Rekening bank bisnis hadir dengan berbagai fasilitas dan perlindungan untuk bisnis, termasuk kemampuan untuk memanfaatkan pengurangan pajak dan kredit serta melindungi aset pribadi dengan memisahkan transaksi pribadi dan bisnis Anda.

Dengan rekening bank bisnis, Anda mendapatkan empat keuntungan berikut.

1. Perlindungan finansial untuk diri sendiri dan bisnis Anda

Menjaga keuangan pribadi Anda terpisah dari keuangan bisnis dengan membuat rekening bank bisnis akan melindungi bisnis dan dana pribadi Anda. Misalnya, jika bisnis Anda didirikan sebagai LLC, aset pribadi Anda tidak akan terancam jika bisnis Anda tidak dapat membayar utangnya. Pada saat yang sama, nilai kredit bisnis Anda tidak akan terpengaruh secara negatif jika Anda mengalami krisis atau kemunduran keuangan pribadi.

2. Penanganan biaya yang lebih mudah dan terorganisir

Melacak pengeluaran, memantau pengeluaran, dan menghindari pengeluaran berlebihan tidak disengaja yang semuanya sangat menentukan keberhasilan bisnis kecil mana pun lebih mudah jika Anda memiliki rekening bank bisnis terpisah. Jadi, juga menghasilkan laporan dan pernyataan yang mencerminkan status sebenarnya dari bisnis Anda.

3. Lebih sedikit sakit kepala pada waktu pajak

Memisahkan pengeluaran bisnis dari pengeluaran pribadi adalah suatu keharusan untuk memanfaatkan sepenuhnya pengurangan pajak bisnis tanpa memicu audit.

4. Profesionalisme

Pelanggan dan klien akan merasa percaya diri jika melakukan pembayaran untuk bisnis dibanding membayar lewat rekening pribadi Anda. Dan membayar dengan kartu kredit atau debit ketika Anda memiliki rekening bank bisnis akan terasa lebih menyenangkan. Ini akan menyederhanakan keuangan dan memberikan citra bisnis yang lebih profesional.

Memiliki rekening bank bisnis, daripada menggabungkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, melindungi bisnis dan keuangan pribadi Anda, merampingkan persiapan pajak, dan memoles citra profesional perusahaan Anda.

3 jenis rekening bank bisnis

Seperti rekening bank pribadi, rekening bank bisnis terbagi dalam beberapa kategori. Ada tiga jenis, yaitu: rekening giro tradisional, rekening tabungan dan rekening pengelolaan kas. Setiap jenis akun memiliki fitur yang berbeda.

1. Rekening giro bisnis

Sebuah rekening giro bisnis memungkinkan Anda menangani semua tugas keuangan dasar dan penting yang terlibat dalam menjalankan bisnis. Tugas-tugas ini termasuk menulis cek untuk membayar vendor dan biaya lainnya, mentransfer atau menerima dana secara elektronik, menyimpan cek yang diterima dari pelanggan atau klien, dan menarik atau menyetor uang menggunakan kartu debit bisnis.

Beberapa bank menawarkan rekening giro bisnis berbunga. Rekening ini memiliki fitur standar yang sama dengan rekening giro bisnis “biasa”, tetapi Anda bisa memperoleh hasil persentase tahunan dan akibatnya lebih mahal untuk memeliharanya.

Bank tertentu melayani bisnis baru dan kecil dengan penawaran rekening koran bisnis kecil gratis. Rekening giro bisnis jenis ini layak dipertimbangkan jika Anda baru memulai dan kekurangan dana, tetapi mungkin memiliki batasan jumlah transaksi yang dapat Anda lakukan dalam jangka waktu tertentu. Juga, rekening giro gratis tertentu datang dengan persyaratan setoran minimum yang ketat.

2. Rekening tabungan bisnis

Rekening tabungan bisnis melengkapi rekening giro bisnis. Dengan itu, Anda dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan bisnis dan mendapatkan bunga darinya. Ini juga berguna untuk memisahkan tabungan bisnis dari modal kerja, membuat manajemen keuangan sehari-hari lebih mudah.

Saat membuka rekening tabungan bisnis, selain rekening giro bisnis, Anda dijamin memiliki bantalan finansial jika terjadi keadaan darurat. Anda akan memiliki sejumlah uang untuk bertahan hidup tanpa pendapatan atau meskipun ada pengeluaran tak terduga tanpa memanfaatkan cadangan keuangan pribadi.

3. Akun pengelolaan kas

Cash management account (CMA) adalah rekening online yang menyediakan layanan rekening giro, tabungan dan investasi yang digabung menjadi satu.

Sebagian besar CMA menawarkan suku bunga tinggi untuk tabungan dan biaya lebih rendah daripada bank batu bata dan mortir tradisional dan jalur kredit bisnis. Anda dapat melakukan semua urusan perbankan bisnis Anda dari CMA.

Jenis rekening bank bisnis termasuk pemeriksaan, tabungan, dan pengelolaan kas.

Menemukan rekening bank bisnis yang tepat: 5 pertanyaan untuk diajukan

Sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki kebutuhan dan prioritas yang berbeda dengan pemilik bisnis lainnya. Untuk alasan ini dan untuk menghindari kejutan yang tidak menyenangkan, Anda perlu mengetahui pertanyaan yang tepat untuk diajukan kepada bank, credit unions dan penyedia layanan keuangan lainnya serta diri Anda sendiri saat mencari bank terbaik untuk bisnis kecil.

1. Apa saja biaya dan persyaratannya, dan adakah fleksibilitas dengan biaya tersebut?

Bank biasanya mengenakan biaya pemeliharaan untuk rekening giro bisnis. Beberapa bank membebaskan biaya ini jika Anda memenuhi persyaratan saldo minimum tertentu setiap bulan, dan banyak yang membuat persyaratan ini relatif rendah sehingga bisnis kecil memiliki lebih sedikit masalah untuk memenuhinya. Dalam beberapa kasus, Anda dapat melanggar persyaratan ini jika Anda juga memiliki rekening pribadi (atau rekening) di bank yang bersangkutan.

Dengan beberapa akun, biaya transaksi berlaku jika Anda melebihi jatah transaksi tertentu setiap bulan, dan biaya penghentian awal mungkin dikenakan jika Anda menutup rekening.

Bank juga biasa mengenakan biaya tetap jika Anda menarik dana dari ATM lembaga lain. Beberapa bank membebankan biaya setoran jika Anda melebihi batas yang ditetapkan pada jumlah uang atau jumlah setoran yang dapat Anda selesaikan setiap hari, minggu, atau bulan.

Demikian pula, rekening tabungan memiliki persyaratan setoran minimum atau saldo minimum. Biaya pemeliharaan bulanan juga mungkin berlaku, tergantung pada lembaga keuangannya. Namun, beberapa bank mengesampingkan beberapa atau semua ini jika Anda memenuhi persyaratan lain, misalnya rekening giro bisnis Anda dibuka di lembaga itu, dan saldo yang Anda simpan di rekening giro tersebut tetap pada atau melebihi ambang batas yang ditetapkan.

2. Apakah ada penawaran perkenalan?

Banyak bank mempromosikan penawaran perkenalan sebagai cara untuk menarik pemilik bisnis agar membuka rekening bisnis di institusi mereka. Beberapa penawaran termasuk uang tunai bonus untuk melakukan setoran awal dalam jumlah tertentu dan mempertahankan saldo untuk jangka waktu tertentu (biasanya beberapa bulan). Yang lain menawarkan biaya yang lebih rendah untuk bisnis yang membuka akun baru.

Jika bank dan fitur rekeningnya mencentang kotak Anda yang lain, kemungkinan besar Anda tidak akan salah dengan membuka rekening bank bisnis di institusi dengan penawaran perkenalan yang kuat.

3. Layanan apa dan pilihan lain yang tersedia?

Salah satu contoh layanan lain yang harus dicari adalah aplikasi seluler yang sekarang ditawarkan oleh banyak bank. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk memantau saldo, mentransfer dana antar akun, membayar tagihan (secara individu atau melalui fungsi autopay) dan memeriksa arus kas, dari mana saja menggunakan smartphone. Aplikasi perbankan seluler tidak penting, tetapi kemudahan akses kapan pun dan di mana pun ke rekening bank bisnis membuatnya lebih berharga untuk dimiliki.

Selain itu, saat dalam tahap awal meluncurkan bisnis, Anda mungkin ingin membuka akun kartu kredit bisnis untuk pembelian bisnis dan, mungkin, uang muka. Anda mungkin ingin membangun lini bisnis kredit (sumber dana yang dapat Anda akses sesuai kebutuhan) atau mendapatkan pinjaman usaha kecil. Melakukannya kemungkinan akan lebih mudah jika opsi ini tersedia dari bank tempat Anda memiliki rekening giro bisnis.

Jika Anda berencana untuk menerima pembayaran kartu kredit dan debit dari pelanggan, Anda membutuhkan layanan pedagang agar dapat memproses transaksi ini. Prosesor pihak ketiga menawarkan layanan ini dan biasanya memiliki tarif yang lebih rendah, tetapi mungkin lebih nyaman dan efisien untuk menggunakan bank yang juga melakukannya.

4. Apa persyaratan dan preferensi Anda sendiri?

Misalnya, jika Anda mengantisipasi penyelesaian transaksi pemeriksaan bisnis dalam jumlah besar setiap bulan, pertimbangkan hanya bank yang menawarkan opsi rekening giro dengan batas transaksi tinggi.

Terlebih lagi, Anda mungkin tertarik dengan biaya yang lebih rendah dan kenyamanan rekening giro atau tabungan bisnis online, tetapi pertimbangkan apakah Anda bersedia menerima pengorbanannya. Salah satu trade-off tersebut adalah tidak adanya cabang fisik, yang dapat merugikan jika Anda lebih suka melakukan kontak langsung dengan personel layanan pelanggan bank atau Anda tidak nyaman menyimpan dana secara online.

Beberapa bank online tidak menerima setoran tunai, jadi rekening bank bisnis di bank fisik mungkin merupakan cara yang tepat jika Anda menjalankan bisnis yang menangani banyak transaksi tunai.

5. Bagaimana dengan perlindungan dana dan asuransi?

The Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) menyediakan lembaga keuangan dengan asuransi untuk semua jenis deposito yang diterima di sana, termasuk namun tidak terbatas pada memeriksa dan tabungan rekening. Pastikan bank yang Anda pilih diasuransikan oleh FDIC.

Pertimbangkan biaya, layanan, penawaran khusus, dan kebutuhan serta preferensi Anda sendiri saat mencari bank untuk rekening bisnis.

Dokumentasi dan informasi apa yang Anda perlukan untuk membuka rekening bank bisnis?

Setelah Anda menentukan jenis rekening bank bisnis yang Anda butuhkan dan mengidentifikasi fitur dan layanan yang mutlak harus Anda miliki, anda telah menyelesaikan sebagian besar langkah untuk membuat rekening bank bisnis.

Langkah terakhir adalah membuka rekening bank bisnis, dan tentu saja ini tidaklah sulit. Cukup kunjungi cabang bank lokal yang Anda pilih atau masuk ke situs webnya. Anda harus memiliki dokumen dan informasi tertentu untuk menyelesaikan proses. Persyaratan ini bervariasi bergantung pada struktur bisnis Anda.

Semua bank akan meminta hal berikut:

  • Nama resmi bisnis, seperti yang tercantum di dokumen yang diajukan ke negara bagian Anda atau IRS. Jika bisnis Anda adalah perusahaan perseorangan dan namanya berbeda dengan milik Anda, Anda mungkin memerlukan pendaftaran DBA (“Doing Business As”) .
  • EIN, jika bisnis Anda adalah korporasi atau LLC. Bank menginginkan ini sebagai bukti bahwa bisnis Anda sah.
  • Alamat bisnis yang digunakan untuk melisensikan bisnis Anda. Jika Anda menjalankan bisnis dari rumah atau merupakan pemilik tunggal, pertimbangkan kotak PO.
  • Informasi kontak, termasuk nomor telepon bisnis, alamat email, dan situs web Anda.
  • Nomor SIM.
  • Bukti identitas berfoto lainnya, seperti paspor.

Jika bisnis Anda adalah LLC atau korporasi, bank mungkin juga meminta Anda untuk menyediakan:

  • Perjanjian kemitraan bisnis, jika Anda menjalankan kemitraan
  • Artikel organisasi bisnis, jika itu adalah LLC
  • Anggaran dasar bisnis, jika itu korporasi
  • Izin bisnis Anda

Bersiaplah untuk memberikan berbagai macam informasi dan dokumen pribadi saat Anda membuka rekening bank bisnis Anda. Dengan semua ini di tangan (dan dengan mengikuti saran yang kami tawarkan di atas), prosesnya akan lancar.

FAQ Perbankan Bisnis

Apakah Anda membutuhkan rekening giro dan tabungan bisnis?

Menurut North Shore Bank, selain rekening koran, bisnis juga harus memiliki rekening tabungan. Rekening tabungan memungkinkan bisnis untuk mengakses dana cair jika diperlukan, tetapi terutama dalam keadaan darurat. Tabungan juga melindungi aset Anda, karena setiap akun memiliki batasan asuransi. Sebagai contoh, pemerintah federal hanya akan mengasuransikan uang di setiap rekening hingga $ 250.000. Jika Anda memiliki rekening giro dan tabungan, masing-masing dapat menyimpan dengan aman hingga $ 250.000.

Alasan lain untuk memiliki tabungan dan rekening giro terpisah adalah untuk menempatkan dana di masing-masing untuk tujuan khusus. Sebagai contoh, banyak perusahaan menyimpan uang di rekening tabungan untuk mendapatkan bunga sambil mengumpulkan dana untuk membayar pengeluaran seperti pajak federal.

Apa yang dimaksud dengan rekening giro bisnis gratis?

Rekening giro bisnis gratis mengacu pada jenis rekening yang tidak dikenakan biaya pemeliharaan bulanan oleh bank. Pemeriksaan bisnis gratis tidak melibatkan pembebasan biaya lainnya. Dalam kebanyakan kasus, Anda harus mempertahankan saldo minimum tertentu untuk menghindari pembayaran biaya. Chase Bank, misalnya, mewajibkan pemegang akun untuk menjaga saldo $ 2.000 untuk akun bisnis gratis.

Haruskah saya membuka rekening bank bisnis secara online?

Ya, banyak pemilik bisnis merasa lebih nyaman membuka rekening bank bisnis secara online. Manfaat membuka rekening bank bisnis online antara lain prosesnya lebih cepat. Jika Anda khawatir tentang keamanan, semua dokumen yang diajukan secara online untuk rekening bank bisnis baru dilakukan melalui koneksi yang aman dan terenkripsi.

Apa perbedaan antara rekening bank pribadi dan bisnis?

Akun pribadi harus selalu dipisahkan dari akun bisnis. LegalZoom merekomendasikan untuk melindungi aset pribadi Anda dengan menyimpan dua rekening bank yang berbeda: satu untuk penggunaan pribadi dan satu untuk penggunaan bisnis. Akun bisnis memungkinkan pelacakan pengeluaran dan pengarsipan pajak yang lebih mudah. Rekening bisnis juga memberikan kredibilitas pada bisnis Anda, karena vendor akan menerima cek dari nama bisnis Anda, bukan dari akun pribadi Anda. Baik akun pribadi dan bisnis Anda dapat dikelola secara online melalui aplikasi perbankan virtual.

Apa perbedaan antara bank dan credit union?

Bank adalah lembaga nirlaba, sedangkan credit unions dikategorikan sebagai lembaga nonprofit. Koperasi kredit biasanya menawarkan tarif yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah. Keanggotaan biasanya diperlukan untuk menjadi bagian dari credit union.

Kesimpulan

  • Rekening bank bisnis digunakan hanya untuk transaksi bisnis, seperti menerima pembayaran dari klien dan membayar karyawan dan vendor.
  • Beberapa bisnis tidak diharuskan membuka rekening bank bisnis, tetapi melakukan hal itu menawarkan banyak keuntungan, termasuk – tetapi tidak terbatas pada – perlindungan kewajiban pribadi, lebih sedikit sakit kepala pada saat pajak, dan citra yang lebih profesional.
  • Menemukan bank yang tepat tidaklah sulit jika Anda tahu apa yang harus dicari dan pertanyaan mana yang harus diajukan.
  • Artikel ini untuk pemilik usaha kecil yang ingin memahami mengapa mereka harus membuka rekening bank bisnis dan bagaimana memilih jenis rekening dan bank yang tepat.

Pos terkait