Cara memilih Mitra Bisnis terbaik

  • Whatsapp

Cara memilih Mitra Bisnis terbaik – Memiliki mitra bisnis yang baik akan membantu membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi bahkan lebih cepat daripada kita melakukannya sendiri. Anda tidak hanya akan memiliki seseorang untuk dapat menambah memberikan ide, tetapi juga dapat memiliki seseorang yang keahliannya akan melengkapi keahlian Anda. Ini akan menjadi tim bisnis yang berpengetahuan luas dan kuat.

Tetapi seperti hubungan lainnya, Anda perlu membicarakannya terlebih dahulu untuk menguji hubungan tersebut, sehingga nantinya tidak akan membuat kesalahan yang serius. Memutuskan kemitraan bisnis adalah gangguan besar, jadi Anda harus memilih dengan baik.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Tren Pemasaran, Desain, dan Teknologi tahun 2021

Cara memilih Mitra Bisnis terbaik

Berikut tips cara memilih partner bisnis agar Anda memastikan orang yang Anda pilih tepat untuk bisnis Anda.

1. Pilih Pasangan Anda Dengan Hati-hati

Jika tak kenal maka tak sayang, inilah pepatah yang akan menuntun langkah pertama anda menuju kerja sama yang hebat. Penting untuk mengenal orang yang ingin Anda ajak berbisnis.

Bagaimana Anda bisa melakukan itu? Kerjakan beberapa proyek bersama sebelum bergabung dalam bisnis. Amati bagaimana Anda bekerja sama. Apakah Anda mengalir dengan baik, atau apakah Anda bertengkar? Apakah Anda senang bekerja sama?

Setelah sekian lama menjalani kerja sama pastilah anda akan mampu ketiga pertanyaan di atas. Setelah itu, ada baiknya juga melakukan pemeriksaan latar belakang untuk mengetahui dengan siapa Anda berbisnis.

Baca juga: 4 cara perusahaan Anda Sukses Besar di 2021

2. Dapatkan Prabisnis Pengusaha

Jika Anda mempercayai pasangan bisnis baru Anda secara implisit, tetap merupakan ide yang baik untuk menyewa pengacara untuk mengembangkan perjanjian kemitraan formal. Pastikan itu membahas bagaimana uang akan dikelola dan kapan keuntungan bersih akan dibagikan, serta bagaimana keputusan perekrutan akan dibuat, dan menjelaskan masing-masing peran dan tanggung jawab Anda.

Pastikan untuk mengklarifikasi persyaratan tentang keluar, pembelian, maupun kematian.

Uang sangat bisa merusak kemitraan yang baik. Miliki kebijakan yang jelas tentang bagaimana uang ditangani, termasuk pembayaran vendor, penggantian, penarikan tunai, dll.

Memiliki dokumen ini dapat membantu Anda jika pada suatu saat ada yang tidak beres dan Anda membutuhkan bukti hukum dari perjanjian asli yang telah dibuat sebelumnya. Jika ada yang kurang pas, Anda bisa mengubah perjanjian kemitraan, dokumentasikan perubahan tersebut secara hukum.

Baca juga: 5 tips membangun Website Bisnis Kecil yang hebat

3. Pertahankan Bisnis

Selain Anda telah menjalin hubungan dengan mitra bisnis Anda, hubungan akan lebih baik jika Anda fokus pada bisnis dan menjaga ego. Jangan pernah membuat keputusan berdasarkan emosi, dan pertimbangkan pendapat mitra bisnis Anda.

Jadwalkan pertemuan untuk meninjau laporan keuangan bersama-sama secara teratur. Terbuka dengan informasi dan jelas dengan komunikasi.

4. Jangan Menjadi Hog Kredit

Tidak ada kata “aku” dalam sebuah tim bisnis. Kemitraan yang sukses dapat hancur berantakan ketika salah satu ingin menerima pujian atas segalanya. Jika pasangan Anda mendapatkan ide bagus, tepuk punggungnya dan pastikan penghargaan diberikan pada tempatnya.

Dibutuhkan kerja tim untuk mewujudkan sebuah impian. Jika salah satu dari Anda mendominasi hubungan, yakinlah kemitraan bisnis tidak akan bertahan lama.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Kemitraan Bisnis yang perlu diperhitungkan

5. Hargai Kemitraan yang Baik

Jika Anda memiliki mitra yang baik dan bisnisnya sukses, rayakanlah ini. Dengan begitu keduanya akan berkembang. Selalu pastikan untuk membuat keputusan demi kepentingan terbaik bisnis dan bukan untuk kepentingan pribadi Anda. Sama seperti dalam hubungan apa pun, Anda membutuhkan waktu dan upaya untuk mengembangkan kepercayaan dan menjaga keseimbangan dalam kemitraan.

Memahami nilai kemitraan itu dan membuat konsesi untuk kebaikan kemitraan. Ingat: ini bukan hanya bisnis Anda lagi. Anda membagikannya dengan orang lain, dan semua yang Anda lakukan harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Baca juga: Belajar Bisnis dari Orang Kaya dan Sukses

Baca artikel bisnis lainnya

Pos terkait