Profil Negara Cyprus Lengkap Sejarahnya

Posted on

CYPRUS, sebuah republik pulau, anggota Persemakmuran, terletak di Laut Tengah bagian timur, 64 km di sebelah selatan Turki, 95 km di sebelah barat Suriah, dan 760 km dari daratan Yunani. Luas: 9.251 km2. Penduduk: 719.000 (1989). Kepadatan penduduk: 78/km2. Agama: Ortodoks Yunani (77%); Islam (18%). Bahasa: Yunani, Turki. Ibu kota: Nicosia. Satuan mata uang: Pound Cyprus (£C).

Hal yang perlu diketahui

Hal-hal yang perlu diketahui tentang negara Cyprus adalah sebagai berikut:

  • Nama resmi : Kipriaki Demokrtia atau Kibris Cumhuriyeti
  • Ibu kota : Nicosia
  • Luas : 9.251 km persegi
  • Penduduk : 719.000 (1998)
  • Bahasa : Yunani (resmi), Turki (resmi)
  • Agama : Ortodoks Yunani, Islam
  • Pemerintahan : Republik
  • Kepala negara : Presiden
  • Kepala pemerintahan : Presiden
  • Satuan mata uang : Pound Cyprus (£C)

Lambang Cyprus

Lambang Siprus
Lambang Siprus

Bendera Cyprus

Bendera Siprus
Bendera Siprus

Kilas Sejarah

Menurut penelitian para ahli, Cyprus sudah di huni manusia sekitar tahun 6000 SM. Negeri ini dimasuki orang Yunani sekitar tahun 1200 SM. Selanjutnya negeri ini berada di bawah kekuasaan asing: Assyria, Mesir Persia, Yunani, Romawi, Byzantium dan Ottoman Turki.

Pada tahun 1878 negeri ini di serahkan kepada Inggris. Perjuangan rakyat yang dimulai pada tahun 1950 membuahkan kemerdekaan Cyprus pada 16 Agustus 1960.

Tetapi akibat perselisihan mengenai undang-undang dasar timbullah perang saudara antara orang Cyprus-Turki dan Cyprus-Yunaní. Akibatnya, pada tahun 1974 Cyprus serang Turki, dan daerah yang dikuasai dijadikan Republik Cyprus-Utara Turki” (1983), yang hanya diakui oleh Turki sendiri. Berbagai usaha PBB untuk menyatukan seluruh Turki tidak berhasil.

Peta Letak Cyprus

Peta Letak Cyprus

Peta Wilayah Cyprus

Peta wilayah Cyprus
Peta wilayah Cyprus

Fisiografi

Cyprus adalah pulau terbesar ketiga di Laut Tengah setelah P. Sicilia dan P. Sardínia. Letaknya sangat strategís karena berada di jalur lalu lintas antara Eropa dan Asia. Pulau ini dapat dibagi atas tiga daerah utama, yakni Peg. Kyrenia dekat pantai utara, Peg. Troodos di bagian barat daya, dan Dataran Mesaoria di antara kedua pegunungan tersebut.

Alamnya sangat bervariasi, mulai dari pesisir yang penuh pasir dan tanjung yang berbatu-batu hingga dataran yang subur dan pegunungan yang tinggi.

Pegunungan Kyrenia
Pegunungan Kyrenia terletak di sebelah utara Pulau Cyprus

Pegunungan Kyrenia di utara, yang terbentuk terutama dari batu kapur, memanjang dan barat ke tímur sejauh kira-kira 128 km dengan serangkaian puncak yang berketinggían 900 m lebih. Tetapi gunung tertinggi di negeri ini (G. Olympus, 1.952 m) terdapat di Peg. Troodos, yang terletak di sebelah baratdaya pulau ini, dengan panjang kira-kira 80 km.

Di antara kedua pegunungan ini terletak sebuah dataran rendah yang subur, yaitu Dataran Mesaoria, yang membentang dari teluk Morphou di pantai barat sampai ke teluk Famagusta di pantai tímur, dengan ukuran panjang kira-kira 130 km dan lebar 25 -50.

Iklim

Cyprus beriklím Laut Tengah. Musim dinginnya lunak dan lembab, sedang musim panas bersuhu tinggí dan kering. Suhu di Nicosia rata-rata 35°C pada bulan Agustus dan rata-rata 10°C pada bulan Januari. Curah hujan rata-rata 1.000 mm per tahun.

Curah hujan di tanah rendah berada jauh di bawah rata-rata, hanya berkisar dari 380 mm hingga 500 mm per tahun; sedang curah hujan di pegunungan lebih tinggi dari rata-rata.

Pegunungan Troodos diselimuti salju selama kira-kira 10 minggu setiap tahun. Sungai-sungai di Cyprus umumnya kering pada musim kemarau.

Flora dan fauna

Cyprus kaya akan flora, termasuk berbagaí jenis tanaman langka. Di musim semi, lembah dan padangnya yang luas ditumbuhi bunga liar, seperti cyclamen (tumbuhan berumbi), anemon, anggrek, dan iris.

Pegunungan Kyrenia masih tertutup hutan yang ditumbuhi pohon pinus Aleppo dan pohon cemara L. Tengah. Lereng-lereng bukit ditumbuhi pohon zaitun. Tanjung Andreas di ujung Semenanjung Karpas tertutup semak belukar juniper. Pegunungan Troodos di barat daya tertutup oleh hutan yang ditumbuhi pohon pinus dan ek emas.

Sebuah lembah kecil yang terdapat di sana ditumbuhi pohon cedar. Di sana-sini tumbuh semak-belukar dengan bunga cístus (sejenis bunga mawar). Dataran Mesaoria yang semula berhutan lebat nyaris tak berpohon kalau tidak ditanami pohon zaitun, pohon badam, dan kayu putih; dalam bulan Juni, dataran ini tampak ookelat serta berdebu, dan hanya di sana-sini terdapat tumbuhan oleander.

Akibat perburuan dan kurangnya perlindungan, kehidupan binatang liar di pulau ini benar-benar terancam. Satu-satunya binatang liar besar yang masih bertahan hidup di negeri ini tinggal mouflon (kambing liar Cyprus), tetapi itu pun sekarang terpaksa dilindungi di sebuah hutan lindung di Paphos.

Penduduk

Dengan jumlah penduduk sekitar 719.000 dan luas wilayah 9.251 km2, kepadatan penduduk diperkirakan hanya mencapai 78/km2. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah perkotaan. Kota terbesar adalah ibu kota Nicosia, dengan penduduk sekitar 123.000 jiwa. Tetapi angka-angka ini agak meragukan, karena secara de fakto negeri ini sekarang terdiri dari dua negara (lihat sejarah) dan data
dari “Republik Cyprus-Turki” sulit diperoleh.

Ada dua kelompok etnis terbesar di Cyprus, yakni orang Cyprus-Yunani dan orang Cyprus-Turki. Selain itu terdapat kelompok-kelompok etnis lain yangjauh lebih kecil, termasuk orang Cyprus-Armenia dan orang Cxprus-Maronít.

Pemandangan kota di Cyprus
Pemandangan salah satu sudut kota Kyrenia, kota pelabuhan di pantai utara Cyprus.

Orang Cyprus-Yunani mencakup sekitar tiga perempat dari seluruh penduduk pulau ini, sedangkan orang Cyprus-Turki, keturunan pendatang dari Turki yang memasuki negeri ni mulai tahun 1571, mencakup sekitar 22 % dari seluruh penduduk.

Sesudah Republik Cyprus-Turki diproklamasikan, bahasa Turki, di samping bahasa Yunaní, tetap diakui sebagai bahasa resmi di Republik Cyprus, sedang di Republik Cyprus-Turki hanya diakui bahasa Turki. Bahasa Inggris dipakai secara luas di semua kelompok masyarakat.

Sebagian besar penduduk Cyprus menganut agama Ortodoks Yunani dan Islam. Umat Ortodoks kebanyakan berasal dari kalangan orang Cyprus-Yunani, sedangkan umat Islam kebanyakan berasal dari kalangan orang Cyprus-Turki.

Pendidikan ikut menjadi penyebab terjadinya perpecahan antara masyarakat Cyprus-Yunani dan Cyprus-Turki. Sekolah-sekolah untuk kedua kelompok etnis Cyprus-Turki dipisahkan dan mereka kurang diberi kebebasan dalam mengelola sekolah.

Pemerintahan

Sejak “Republik Cyprus-Utara Turki” diproklamasikan pada tahun 1983, pemerintah di Cyprus secara de fakto terbagi dua. Bagian selatan tetap berada di bawah pemerintahan lama Presiden Spyros Kyprianou, seorang Cyprus-Yunani; sedangkan daerah Cyprus-Turki diperintah oleh Presiden Rauf Denktas, seorang Cyprus-Turki. Kedua wilayah ini dibatasí oleh garis hijau yang dijaga oleh pasukan PBB.

Perekonomian

Di Cyprus-Turki, pertanian memegang peranan yang sangat penting, dengan sumbangan sekitar 20 persen dari seluruh pendapatannya; sedang di Cyprus-Yunani pertanian hanya menyumbang sekitar 7 persen dari pendapatannya, tetapi menjadi basis perindustrian. Dari kedua Cyprus, hasil utama pertanian adalah bijí-bíjian, anggur, kentang, zaitun, jeruk dan buah-buahan lain, serta sayur-sayuran.

Pengembangan sektor ini mengalami banyak hambatan akibat sempitnya tanah pertanian dan kurangnya sumber air. Tanah pertanian tersebut mengandalkan air hujan dari musim dingin, dan hanya sebagian kecil yang telah beririgasi.

Sementara di Cyprus-Turki peranan perindustrian tidak begitu menonjol, di Cyprus-Yunaní sektor ini memegang peranan yang sangat penting, kendati industri berat tidak ada dan industri ringan masih terbatas akíbat kurangnya bahan mentah dan sempitnya lingkup pemasarannya.

Menurut data tahun 1986, misalnya, sektor ini menyumbang lebih dari 15 persen pendapatan Cyprus-Yunani, lebih dari dua kalí lipat sumbangan sektor pertanian.

Gereja peninggalan zaman Byzantium di Cyprus

Barang-barang hasil industri negeri ini antara lain adalah semen, buah kalengan dan minuman, sepatu, kaín, dan perabot rumah tangga.

Dahulu pertambangan menjadi salah satu tumpuan perekonomian kedua Cyprus. Tetapi karena banyak cadangan mineral negeri ini yang sudah terkuras, misalnya cadangan tembaga, harapan diarahkan pada sektor perdagangan.

Sektor perdagangan menjadi sumber terbesar pendapatan di kedua Cyprus, dan juga paling banyak menyerap tenaga kerja di Cyprus-Yunani. Barang ekspornya, yang terdiri dari hasil perindustrian dan pertanían, sebagian besar dikirim ke Inggrís.

Inggris juga menjadi sumber utama barang impor Cyprus-Yunani, yang terdiri dari barang-barang konsumsi, minyak, mesin-mesin dan alat-alat transportasi. Sedang sumber utama barang impor Cyprus-Turki adalah Turki dan Inggris, dengan mesin-mesin dan alat-alat transportasi sebagai barang impor utama.

Baca juga: Profil Negara Albania

Demikian Profil Negara Cyprus Lengkap Sejarahnya, semoga menjadi informasi bermanfaat.

Terkait Cyprus

Peta politik Cyprus
Peta Cyprus
Peta Buta Cyprus
Peta Buta Cyprus
Bendera Siprus
Bendera Cyprus
Lambang Siprus
Lambang Cyprus

Profil Negara Cyprus Lengkap Sejarahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *