Dasar Negara Israel diproklamasikan oleh David Ben-Gurion

Dasar Negara Israel diproklamasikan oleh David Ben-Gurion

Richard Cavendish menggambarkan pembentukan negara Israel, yang diproklamasikan oleh David Ben-Gurion, pada 14 Mei 1948.

Pada tahun 1948, situasi Inggris di Palestina, yang diperintah oleh Inggris di bawah mandat yang dikonfirmasi oleh Liga Bangsa-Bangsa pada tahun 1922, menjadi sangat tidak mungkin sehingga pemerintah Inggris mencuci tangannya dari seluruh keruwetan Yahudi-Arab, melepaskan mandat dan mengumumkan bahwa itu akan secara resmi menarik diri dari negara itu pada tengah malam pada tanggal 14 Mei.

Pada tanggal 13 Mei, Komisaris Tinggi Inggris, Jenderal Sir Alan Cunningham, menyiarkan pesan perpisahan di mana dia menyerukan moderasi baik oleh orang Yahudi maupun orang Arab untuk menjaga perdamaian. Pada tanggal 14, dengan seragam lengkapnya pada jam delapan pagi, dia meninggalkan Government House di Yerusalem setelah meninjau penjaga kehormatan dari lima puluh orang dari Highland Light Infantry, pasukan Inggris terakhir di negara itu.

Peta Israel
Peta Israel

Dia kemudian terbang ke Haifa, di mana dia menerima hormat dari detasemen Polisi Palestina,Euryalus , tidak diragukan lagi dengan perasaan lega.

Sementara itu, pada pukul 4 sore, di museum seni kecil di Rothschild Boulevard di Tel Aviv, David Ben-Gurion, pemimpin Dewan Nasional Yahudi berusia 62 tahun, bangkit untuk berbicara. Lahir di Polandia, Ben-Gurion telah beremigrasi ke Palestina sebagai pemuda pada tahun 1906, berperang melawan Turki di Angkatan Darat Inggris pada Perang Dunia Pertama dan menikmati karir yang sukses sebagai penyelenggara serikat buruh dan politisi.

Sekarang dia mengumumkan pembentukan negara Israel, negara Yahudi merdeka pertama dalam sembilan belas abad sejarah, dengan membacakan proklamasi. ‘Berdasarkan hak alami dan historis orang-orang Yahudi dan dengan resolusi Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, kami dengan ini memproklamasikan pembentukan negara Yahudi di Palestina yang disebut Israel’ (Yisrael dalam bahasa Ibrani).

Proklamasi membutuhkan waktu dua puluh menit untuk dibacakan, kepada sekitar 200 orang hadirin. Itu juga disiarkan di stasiun radio baru ‘Voice of Israel’ di Tel Aviv. Lagu kebangsaan Zionis, Hatikvah (‘Harapan’), dinyanyikan dan tepat setelah pukul 16.30 Ben-Gurion berkata: ‘Negara Israel telah bangkit. Pertemuan ini telah berakhir. ‘ Dalam buku harian pribadinya dia menulis, ‘Saya dipenuhi dengan firasat.’

Impian Zionis yang telah lama dipuja tentang rumah nasional Yahudi akhirnya menjadi kenyataan, tetapi sejak kelahirannya negara bayi itu terlibat dalam perang dengan Liga Arab. Orang-orang Arab bertekad untuk memusnahkan semua permukiman Yahudi di Palestina, telah terjadi pertempuran di Yerusalem dan di tempat lain, dan keadaan darurat diumumkan pada urutan pertama hari yang akan dikeluarkan oleh seorang komandan militer Yahudi di Yerusalem untuk 2.000 tahun.

Saat fajar menyingsing pada 15 Mei, negara itu diserang oleh tiga tentara Arab – dari Mesir, Suriah dan Yordania – dan pesawat Mesir membom Tel Aviv. Perserikatan Bangsa-Bangsa berusaha untuk menengahi, tetapi angkatan bersenjata Israel, yang diperlengkapi dengan tergesa-gesa dari Cekoslowakia dan Prancis, membuktikan keunggulan mereka dan kekuatan Arab dipaksa untuk merundingkan gencatan senjata pada tahun 1949.

Pos terkait