Desain Baju Kurung Modern

baju kurung melayu modern

Desain Baju Kurung Modern – Baju kurung adalah salah satu jenis pakaian adat Sumatera Barat yang hingga kini masih di lestarikan oleh masyarakat setempat. Menurut catatan dari China, pada abad ke-13 mengabarkan bahwa penduduk Melayu baik wanita atau pria hanya mengenakan penutup tubuh sisi bawah. Semakin lama wanita melayu menggunakan sarung dengan model berkemban yaitu melilitkan sarung di sekitar dada. Celana juga sudah mulai digunakan, dengan model gunting Aceh, yaitu celana yang panjangnya hanya sedikit dibawah lutut.

Baju kurung modern tradisional berpotongan longgar, dan berlengan panjang, serta berpesak dan melebar dibagian bawahnya. Baju kurung yang kaum wanita dikenakan dengan kain sarung berikatan ombak mengalun. Sedangkan kaum lelaki digunakan dengan celana (seluar) serta kain samping.

Baju kurung modern sesungguhnya adalah tipe baju yang dikenakan oleh pria ataupun wanita. Namun, saat ini ini ada kecenderungan untuk mengaitkan baju kurung hanya dengan kaum wanita saja.

Di Malaysia, baju kurung untuk lelaki dikenal dengan sebutan baju melayu. Sedangkan di Indonesia, baju kurung modern untuk lelaki dikatakan sebagai teluk belanga.

Ini adalah salah kaprah, dikarenakan teluk belanga sendiri yaitu di antara varian dari baju kurung tak hanya baju kurung cekak musang. Baju kurung untuk lelaki digunakan dengan pasangan celana serta kain samping.

baju kurung melayu warna hitam

Baca juga: 7 tips memilih Rias Pengantin terbaik

Perbedaan Baju Kurung pria dan wanita

Adapun perbedaan baju kurung modern wanita dan baju kurung pria menurut buku baju pantas Melayu adalah sebagai berikut:

  1. Baju kurung modern wanita jatuhnya dibawah lutut, dengan alas leher yang sempit serta tidak mempunyai saku.
  2. Baju kurung lelaki jatuhnya dibawah bokokng, dengan alas leher melebar, serta dilengkapi dua saku.

Terdapat aturan penggunaan baju kurung modern didalam penduduk Melayu yang bergantung dari kedudukan mereka. Aturan ini cukup ketat ditegakkan di zaman dahulu, tetapi sekarang ini tidak begitu mengikat lagi.

Misalnya mengenai warna. Raja serta kerabat dekatnya dapat menggunakan warna apapun yang mereka mau, namun warna kuning yaitu warna ciri khas mereka.

Tak ada yang bisa menggunakan warna yang sama didalam acara-acara resmi. Untuk mereka yang mempunyai jabatan tinggi menggunakan sedondon, yaitu baju kurung modern, celana, samping, serta tanjak berbahan, warna, serta pola yang seragam. Rakyat biasa menggunakan baju kurung dengan tutup kepala berbentuk destar atau songkok.

Awalnya, baju kurung modern biasa digunakan untuk upacara kebesaran melayu oleh kaum wanita didalam kerajaan, digunakan berbarengan kain songket untuk jadikan sarungnya, bermacam perhiasan emas, serta tas kecil atau kipas.

Dikarenakan sebagian besar penduduk melayu memeluk islam, banyak wanita pengguna baju kurung modern yang menyerasikannya dengan jilbab. Namun meski demikian ada juga yang tidak mengenakannya.

Saat ini baju kurung modern banyak digunakan oleh penduduk biasa, dipakai anak-anak untuk mengaji, atau ibu-ibu untuk ke pasar, tanpa menyertakan pernak-pernik yang terkesan mewah.

Demikian desain Baju Kurung Modern, semoga menambah pengetahuan kita bersama terhadap budaya Nusantara khususnya pakaian adat.

Terkait Desain Baju Kurung Modern

Pos terkait