Facebook mengumpulkan $ 16 miliar dalam IPO teknologi terbesar dalam sejarah AS

Facebook mengumpulkan $ 16 miliar

Sejarah hari ini – Facebook, jaringan sosial terbesar di dunia, mengadakan penawaran umum perdana (IPO) dan mengumpulkan $ 16 miliar. Itu adalah IPO teknologi terbesar dalam sejarah Amerika hingga saat itu, dan IPO terbesar ketiga yang pernah ada di Amerika Serikat, setelah Visa dan General Motors. Pada saat go public, Facebook bernilai $ 104 miliar dan memiliki sekitar 900 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia.

Facebook didirikan sebagai TheFacebook pada Februari 2004 oleh mahasiswa tingkat dua Universitas Harvard Mark Zuckerberg dan rekan sekelas Chris Hughes, Eduardo Saverin dan Dustin Moskovitz. Situs ini awalnya hanya untuk mahasiswa di Harvard; Namun, segera dibuka untuk universitas lain.

Pada Juni 2004, Zuckerberg memindahkan Facebook ke Palo Alto, California, dan pada akhir tahun beberapa pengusaha Silicon Valley telah berinvestasi dalam bisnis ini dan memiliki hampir satu juta pengguna terdaftar. Pada tahun 2005, Facebook (secara resmi dikenal pada tahun itu ketika “the” dihapus dari namanya) menyebar ke sekolah-sekolah menengah Amerika dan sekolah-sekolah asing, dan tahun berikutnya, siapa pun yang berusia setidaknya 13 tahun diizinkan untuk mendaftar. (Facebook selalu bebas untuk bergabung; pada saat IPO-nya, sebagian besar pendapatan perusahaan berasal dari iklan.)

Karena basis pengguna situs tumbuh pesat dan fungsinya berkembang (“umpan berita” ditambahkan pada tahun 2006 dan fitur “suka” pada tahun 2009), Facebook membantu mengubah cara orang berkomunikasi dan berbagi informasi.

Selama pemilihan presiden AS 2008, Barack Obama menggunakan Facebook untuk membangun pengikut, terutama di antara pemilih muda, daerah pemilihan yang membantunya memenangkan Gedung Putih.

Selain itu, selama pemberontakan politik di Timur Tengah yang dimulai pada akhir 2010 dan kemudian disebut Musim Semi Arab, para aktivis menggunakan Facebook (dan alat media sosial lainnya, terutama Twitter) untuk berbagi foto dan video kekejaman yang dilakukan pemerintah mereka terhadap warga, dan juga untuk mengatur acara protes.

Pada tahun 2010, The Social Network, sebuah film tentang berdirinya Facebook, memulai debutnya. Film, yang memperoleh delapan nominasi Academy Award, mencatat gugatan tahun 2004 yang diajukan oleh Cameron dan Tyler Winklevoss dan Divya Narendra, mahasiswa Harvard sekaligus Zuckerberg, yang mengklaim ia mencuri ide asli Facebook dari mereka. Facebook membantah, dan pada 2008, Winklevosses dan Narendra menyetujui penyelesaian $ 65 juta dari perusahaan.

Facebook menjadikan Dobbs Ferry, New York, penduduk asli Zuckerberg, putra seorang dokter gigi, seorang miliarder. Pada saat IPO perusahaan yang sangat dinantikan pada 18 Mei 2012, kekayaan Zuckerberg sekitar $ 19 miliar.

Namun, terlepas dari semua keriuhan seputar IPO Facebook, sahamnya ditutup pada hari pertama perdagangan pada $ 38,23, hanya sedikit di atas harga IPO $ 38, yang oleh banyak investor dianggap sebagai kinerja yang mengecewakan.

Pos terkait