Bangsa

  • Whatsapp
« Back to Glossary Index

Bangsa adalah sekelompok manusia yang hidup dengan adanya kehendak bersama yang dilandasi oleh rasa persatuan, dan kesatuan tanah air, bahasa, dan cita-cita.

Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, budaya, sejarah, dan tujuan. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama.

Definisi

Definisi bangsa menurut para ahli

1. Menurut Ernest Renan (Prancis), Bangsa adalah sekelompok manusia yang berada dalam suatu ikatan batin yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah, serta cita-cita yang sama.

2. Menurut Otto Bauer (Jerman), Bangsa merupakan sekelompok manusia yang memiliki persamaan karakter karena persamaan nasib dan pengalaman sejarah budaya yang tumbuh berkembang bersama dengan tumbuh kembangnya bangsa.

3. Menurut Ben Anderson, Bangsa merupakan komunitas politik yang dibayangkan dalam wilayah yang jelas batasnya dan berdaulat.

4. Menurut Hans Kohn, Bangsa itu terjadi karena adanya persamaan ras, bahasa, adat istiadat dan Agama yang menjadi pembeda antara bangsa satu dan bangsa lain.

Etimologi dan Terminologi

Kata nation pertama kali muncul dari bahasa Perancis Kuno yaitu nacion – yang berarti kelahiran (naissance), “tempat kelahiran” -, yang didapat awalnya dari bahasa latin yaitu natio (nātĭō) yang mempunyai arti literal yaitu kelahiran.

Black’s Law Dictionary menjelaskan arti bangsa (nation) yaitu:

1. Sekelompok manusia yang berjumlah banyak yang mempunyai kesamaan asal, bahasa dan tradisi yang kemudian mengkonstitusikan entitas politik. constituting a political entity. Saat sebuah bangsa secara kebetulan berdampingan dengan negara, karena itu disebut juga dengan istilah nation-state atau bangsa dan negara.

2. Sebuah himpunan manusia yang hidup di dalam area teritori yang sudah terdefinisi dan terorganisir di bawah sebuah pemerintahan yang independen; sebuah negara yang memiliki kedaulatan dalam berpolitik.

Kata “nation” terkadang digunakan sebagai persamaan kata untuk:

Negara (pemerintahan) atau Negara Berdaulat: sebuah pemerintahan yang mengontrol sebuah teritori spesifik tertentu, yang mungkin atau tidak mungkin berkaitan dengan grup etnis tertentu.
– Country: sebuah teritori geografis, yang mungkin atau tidak mungkin memiliki afiliasi dengan pemerintah atau grup etnis.

Jadi frase “nations of the world” bisa jadi direferensikan kepada tingkat tertinggi dari pemerintahan (sama seperti nama untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa), berbagai teritori geografis yang besar, atau berbagai grup etnis yang besar. Tergantung pada arti kata “nation” digunakan kapan, arti “Nation state” sendiri dapat digunakan juga untuk membedakan wilayah negara yang lebih besar dari Negara kota di negara tersebut, atau juga membedakan negara yang memiliki Multinational state dari mereka yang memiliki satu grup etnis.

Wikipedia
« Back to Glossary Index