Homo Africanus

« Back to Glossary Index
DEFINISI
Homo africanus adalah jenis manusia purba dari Afrika.
Menurut Wikipedia:
Homo africanus atau Australopithecus africanus merupakan spesies yang telah punah dari Australopithecus yang hidup 3,67-2 juta tahun yang lalu di Pliosen Tengah ke Awal Pleistosen dari Afrika Selatan.

Spesies ini telah ditemukan dari Taung dan Tempat Lahir Manusia di Sterkfontein, Makapansgat, dan Gladysvale. Spesimen pertama, anak Taung, dideskripsikan oleh ahli anatomi Raymond Dart pada tahun 1924, dan merupakan hominin awal pertama.ditemukan.

Namun, hubungan yang lebih dekat dengan manusia daripada dengan kera lain tidak akan diterima secara luas hingga pertengahan abad ini karena sebagian besar percaya bahwa manusia berevolusi di luar Afrika terutama karena fosil transisi tipuan Manusia Piltdown dari Inggris.

Tidak jelas bagaimana A. africanus berhubungan dengan hominin lain, ditempatkan secara beragam sebagai nenek moyang Homo dan Paranthropus, hanya Paranthropus, atau hanya P. robustus Spesimen ” Little Foot”adalah hominin awal yang paling terawetkan dengan sempurna, dengan 90% kerangka utuh, dan australopith tertua di Afrika Selatan. Namun, secara kontroversial menyarankan bahwa ia dan spesimen serupa dipecah menjadi” A. prometheus “.
« Back to Glossary Index