Monarki absolut

  • Whatsapp
« Back to Glossary Index

Monarki absolut (atau absolutisme sebagai doktrin) adalah bentuk monarki di mana raja memegang otoritas otokratis tertinggi, pada prinsipnya tidak dibatasi oleh hukum tertulis, legislatif, atau adat istiadat tidak tertulis. Ini sering kali merupakan monarki turun-temurun. Sebaliknya, dalam monarki konstitusional, kewenangan kepala negara berasal dari atau secara hukum terikat atau dibatasi oleh konstitusi, legislatif atau adat istiadat tidak tertulis.

Konsep monarki absolut yang tersebar luas di Eropa menurun secara substansial setelah Revolusi Prancis dan Perang Dunia I, yang mempromosikan teori pemerintahan berdasarkan gagasan kedaulatan rakyat.

Beberapa kerajaan memiliki badan legislatif yang lemah atau simbolis dan badan pemerintahan lainnya yang dapat diubah atau dibubarkan oleh raja sesuka hati. Negara di mana raja masih mempertahankan kekuasaan absolut adalah Brunei, Eswatini, Oman, Arab Saudi, Kota Vatikan dan emirat individu yang membentuk Uni Emirat Arab, yang dengan sendirinya merupakan federasi dari monarki semacam itu monarki federal.

« Back to Glossary Index