Nisan

« Back to Glossary Index
DEFINISI
Nisan adalah tonggak pendek dan sebagainya yang ditanam di atas kubur sebagai penanda.
Menurut Wikipedia:
Nisan (atau Nissan) (bahasa Ibrani: נִיסָן, Modern Nisan Tiberias Nîsān) dalam kalender Asiria adalah bulan pertama penanggalan, dalam kalender Yahudi adalah bulan ke-1 penanggalan eklesiastik dan bulan ke-7 (atau ke-8 dalam tahun kabisat) penanggalan sipil.

Nama bulan ini berasal dari budaya Babel, yaitu dalam bahasa Akkadia: nisānu, dari bahasa Sumerian nisag artinya “buah pertama” (bahasa Arab: نيسان‎). Dalam kitab Taurat disebut bulan Abib (Aviv), yaitu bulan di mana barley matang. Merupakan bulan di musim semi yang panjangnya 30 hari. Menurut sejarawan Yahudi-Romawi, Flavius Yosefus (37-100 M), bulan Yunani-Romawi “Xanthicus” sama dengan bulan “Nisan”.

Nisan biasanya jatuh sekitar bulan Maret–April dalam Kalender Gregorian. Nama bulan ini dicatat dalam Kitab Ester bagian dari Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. “Nisan” adalah nama bulan April dalam dunia Arab (bahasa Arab: نيسان‎), dan dalam bahasa Turki.

Batu Nisan
Batu nisan adalah penanda kuburan yang biasanya dibuat dari batu. Biasanya ditulisi dengan nama orang yang dikebumikan di sana, tanggal lahir dan tanggal mati (wafat). Hal ini dapat berguna bagi ahli sejarah dan ahli silsilah. Batu nisan modern juga dapat mengandung foto orang tersebut.
« Back to Glossary Index