Sejarah kuno

  • Whatsapp
« Back to Glossary Index

Sejarah kuno adalah kumpulan peristiwa masa lalu dari awal penulisan dan pencatatan sejarah manusia dan meluas hingga sejarah pasca-klasik. Frasa ini dapat digunakan untuk merujuk pada periode waktu atau disiplin akademis.

Rentang sejarah yang tercatat kira-kira 5.000 tahun, dimulai dengan aksara paku Sumeria, dengan teks koheren tertua dari sekitar 2600 SM. Sejarah kuno mencakup semua benua yang dihuni manusia pada periode 3000 SM – 500 Masehi.

Istilah luas “sejarah kuno” jangan disamakan dengan “zaman kuno klasik”. Istilah kuno klasik sering digunakan untuk merujuk pada sejarah Barat di Mediterania Kuno dari awal sejarah Yunani yang tercatat pada 776 SM ( Olimpiade pertama ). Ini kira-kira bertepatan dengan tanggal tradisional berdirinya Roma pada 753 SM, awal sejarah Roma kuno, dan awal periode Archaic di Yunani Kuno.

Istilah akademis “sejarah” tidak harus disamakan dengan referensi sehari-hari ke masa lalu. Sejarah pada dasarnya adalah studi tentang masa lalu, dan dapat bersifat ilmiah (arkeologi, dengan pemeriksaan bukti fisik) atau humanistik (studi tentang sejarah melalui teks, puisi, dan linguistik).

Meskipun tanggal berakhir sejarah kuno masih diperdebatkan, beberapa Barat ulama menggunakan jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat di 476 AD (yang paling digunakan), penutupan Akademi Plato di 529 AD, yang kematian kaisar Justinian I pada 565 M, kedatangan Islam, atau kebangkitan Charlemagne sebagai akhir dari sejarah Eropa kuno dan Klasik. Di luar Eropa, kerangka waktu 450-500 untuk akhir zaman kuno mengalami kesulitan sebagai tanggal transisi dari zaman kuno ke zaman pasca-klasik.

Selama periode waktu sejarah kuno (kira-kira dari 3000 SM), populasi dunia sudah meningkat secara eksponensial karena Revolusi Neolitik, yang sedang berlangsung penuh. Menurut perkiraan HYDE dari Belanda, populasi dunia meningkat secara eksponensial pada periode ini.

Pada 10.000 SM di masa prasejarah, populasi dunia telah mencapai 2 juta, meningkat menjadi 45 juta pada 3.000 SM. Dengan munculnya Zaman Besi pada 1.000 SM, populasi telah meningkat menjadi 72 juta. Pada akhir periode 500 M, populasi dunia diperkirakan mencapai 209 juta. Dalam 3.500 tahun, populasi dunia meningkat 100 kali lipat.

« Back to Glossary Index