Sejarah

  • Whatsapp
« Back to Glossary Index

Sejarah adalah catatan ringkas di mana peristiwa-peristiwa disusun secara kronologis, tahun demi tahun, meskipun istilah tersebut juga digunakan secara longgar untuk catatan sejarah apa pun.

Cakupan

Sifat perbedaan antara sejarah dan sejarah adalah subjek yang mendapat perhatian lebih dari para kritikus daripada kepentingan intrinsiknya, berdasarkan divisi yang didirikan oleh orang Romawi kuno. Verrius Flaccus dikutip oleh Aulus Gellius yang menyatakan bahwa etimologi sejarah (dari bahasa Yunani ιστορειν, historein, disamakan dengan bahasa Latin inspicere, “untuk menyelidiki secara langsung”) dengan tepat membatasinya pada sumber-sumber primer seperti ThucydidesItu yang berasal dari pengamatan penulis sendiri, sedangkan catatan sejarah mencatat peristiwa-peristiwa masa lalu yang disusun menurut tahun.

White membedakan catatan sejarah dari kronik, yang mengatur peristiwa mereka berdasarkan topik seperti pemerintahan raja, dan dari sejarah, yang bertujuan untuk menyajikan dan menyimpulkan narasi yang menyiratkan pentingnya moral dari peristiwa yang direkam. Secara umum, ahli sejarah mencatat peristiwa secara drastis, meninggalkan entri yang tidak dapat dijelaskan dan berbobot sama.

Kuno

Sumber utama informasi sehubungan dengan sejarah Roma kuno adalah dua bagian di Cicero dan di Servius yang telah menjadi subyek banyak diskusi. Cicero menyatakan bahwa, dari berdirinya Republik hingga kepausan Publius Mucius Scaevola (c.  132 SM), biasanya pontifex maximus mencatat nama para hakim dan peristiwa penting setiap tahun di atas sebuah tablet putih. ( album ), yang dipamerkan di tempat terbuka di rumahnya agar orang-orang bisa membacanya.

Servius menyatakan peristiwa itu ditulis untuk setiap hari. Di Republik terakhir, ini dikenal sebagai Annales Maximi. Setelah kepausan Publius, catatan sejarah dikumpulkan oleh berbagai penulis tidak resmi, di antaranya Cicero menamai Cato, Pictor, dan Piso.

Catatan sejarah ini secara umum dianggap sama dengan Commentarii Pontificum yang dikutip oleh Livy, tetapi tampaknya ada alasan untuk percaya bahwa keduanya berbeda, dengan Komentar yang lebih lengkap dan lebih mendalam. Pembagian genre Verrius Flaccus lahir dari pembagian umum karya Tacitus menjadi Annals and Histories, meskipun judul tersebut tidak digunakan untuk merujuk pada karyanya sendiri.

Pertengahan

Di antara orang Kristen mula-mula, adalah umum untuk menetapkan tanggal Paskah dengan menanyakan orang Yahudi setempat untuk tanggal Paskah (14 Nisan dalam kalender Yahudi) dan menggunakan tanggal itu atau hari Minggu terdekat.

Pada akhir abad ke-3, tanggal ini kadang-kadang terjadi sebelum titik balik musim semi dan sering kali bervariasi dari kota ke kota. Setelah Konsili 325 Nicaea, tabel Paskah mulai disusun menurut berbagai metode penghitungan Paskah, seringkali dimulai dari Passion sampai beberapa dekade atau abad ke depan.

Dimulai di Irlandia, Wales, dan Inggris pada abad ke-7, para biksu mulai mencatat secara singkat peristiwa penting tahun ini sebagai marginalia dalam tabel ini. Setelah itu, kompilasi catatan sejarah pada umumnya menjadi kegiatan biara, dengan catatan sejarah biara yang paling awal dicatat di Irlandia dan dikenal sebagai Kronik Irlandia.

Akan tetapi, tidak semua teks annalistik awal berbentuk monastik, dan beberapa pada kenyataannya dibuat di bawah perlindungan kerajaan. Misalnya, apa yang sekarang disebut Anglo-Saxon Chronicle, teks yang terutama berkaitan dengan kegiatan raja, ditulis dalam bentuk annalistik.

Contoh lain dari sejarah pulau, yang ditulis di bawah berbagai jenis perlindungan, termasuk Annals of the Four Masters, Annals of Ulster, Annals of Innisfallen, dan Annals of Wales (Annales Cambriae).

Diperkenalkan oleh misionaris pulau ke benua itu, teks-teks ini disalin kembali, ditambah, dan dilanjutkan, terutama di Austrasia. Selama Renaisans Karoling abad ke-9, mereka menjadi bentuk sejarah kontemporer yang biasa: contoh utama termasuk Royal Frankish Annals, Annals of Fulda (Annales Fuldenses), Annals of St Bertin (Annales Bertiniani), dan Annals dari Lorsch (Annales Laureschamenses).

Ketika catatan sejarah berkembang menjadi entri yang lebih lengkap dan deskriptif, mereka menjadi lebih tidak bisa dibedakankronik, meskipun istilah itu masih digunakan untuk berbagai karya, seperti Annals of Waverley.

Modern

Dalam literatur modern, istilah “sejarah” juga diterapkan secara longgar pada karya-karya yang kurang lebih secara ketat mengikuti urutan tahun, baik dalam konteks barat (English Annual Register, French Annuaires de la Revue, German Jahrbücher) dan pada gaya yang setara dalam budaya lain (seperti China Spring and Autumn Annals).

Hal ini juga diterapkan untuk berbagai majalah, terutama peer-review jurnal dalam ilmu, setelah model Lavoisier ‘s Annales de Chimie et de fisik.

« Back to Glossary Index