Hubungan dan peranan pusat perdagangan di sekitar Laut Tengah

  • Whatsapp

Hubungan antarbangsa yang telah terjalin di sepanjang jalur perdagangan Asia Timur, tengah, Eropa adalah hubungan perdagangan, agama dan kebudayaan. Berikut hubungan-hubungan yang terjadi:

  • Perdagangan: kontak perdagangan akan membawa pengaruh lain di bidang agama, kebudayaan dan kehidupan sosial politik.
  • Agama: tersebarnya agama-agama ke seluruh dunia, baik agama Hindu, Budha, Kristen, Katolik, Islam dan lain-lain.
  • Kebudayaan: terjadinya hubungan dagang antar bangsa menyebabkan terjadinya hubungan di bidang budaya, baik itu asimilasi ataupun akulturasi.

Dalam perkembangan sejarah, hubungan kebudayaan akan mempererat persahabatan antar bangsa.

Bacaan Lainnya

Baca juga: Letak geografis dan peranan Indonesia dalam perdagangan di Asia

Pusat perdagangan di sekitar Laut Tengah

Selanjutnya, pusat-pusat perdagangan di sekitar Laut Tengah berperan sebagai mata rantai hubungan perdagangan antara Asia dan Eropa. Berikut ini adalah pusat-pusat perdagangan tersebut:

1. Bizantium (Konstantinopel) Kota ini dikenal sebagai pusat perdagangan yang sangat ramai. Bizantium merupakan kota transito dan penghubung mata rantai perdagangan Asia – Eropa.

2. Alexandria (Iskandariah) Kota pelabuhan mesir ini merupakan pintu masuk ke Asia melalui jalur laut bagian selatan. Selain itu Alexandria juga merupakan penghubung mata rantai perdagangan jalur laut selatan ke Bizantium , kemudian ke Eropa. Kota pelabuhan ini juga dikenal sebagai pelabuhan transito.

3. Venesia dan Genoa Kota yang terletak di Italia ini merupakan pintu masuk barang-barang dagangan dari Asia disebarkan ke seluruh Eropa. Barang dagangan dari Indonesia banyak dibawa melalui kota-kota ini. Namun, yang terpenting adalah rempah-rempah.

4. Aleppo Kota tersebut terletak di Syiria. Kota ini berperang sebagai penghubung mata rantai perdagangan melalui jalur darat maupun jalur laut bagian utara (lewat Teluk Persia, kemudian ke Bizantium.

Baca juga: Jalur perdagangan di Asia Tenggara sampai tahun 1500 Masehi

Pos terkait