Integrasi CRM untuk Bisnis Kecil

Integrasi CRM untuk Bisnis Kecil

Pelajari bagaimana mengintegrasikan perangkat lunak CRM dengan 9 aplikasi pihak ketiga ini dapat merampingkan operasi bisnis dan meningkatkan nilai dari setiap interaksi pelanggan.

  • Bisnis kecil rata-rata menggunakan hampir 100 aplikasi teknologi di luar sistem manajemen hubungan pelanggan utamanya.
  • Bisnis mungkin dapat mengintegrasikan aplikasi lain ke dalam platform CRM utama untuk memperluas fungsionalitasnya dan merampingkan organisasi perusahaan.
  • Integrasi CRM yang populer termasuk untuk kalender, perangkat lunak meja bantuan, dan klien email.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis kecil yang ingin menggunakan platform CRM mereka secara maksimal sebagai pendorong utama rangkaian teknologi mereka.

Apa itu integrasi CRM?

Integrasi CRM untuk Bisnis Kecil

Integrasi CRM adalah proses menghubungkan aplikasi dan alat pihak ketiga dengan perangkat lunak customer relationship management (CRM) Anda untuk menggabungkan fungsinya dalam satu platform.

Pikirkan CRM sebagai smartphone bisnis Anda. Platform CRM seperti Salesforce atau HubSpot bertindak sebagai telepon, sistem yang menyimpan dan mengkategorikan data pelanggan Anda. Tetapi telepon lama, atau penawaran CRM yang lebih sederhana, hanya dapat mengelola daftar kontak; smartphone dan aplikasi fitur pilihan CRM yang lebih baru untuk membantu Anda menggunakan CRM Anda secara lebih dinamis. Membutuhkan sistem CRM? Baca Software CRM Terbaik 2021

Bisnis menggunakan lusinan aplikasi perangkat lunak yang dapat mencakup klien email, perangkat lunak akuntansi, dan dasbor media sosial. Pemisahan alat-alat ini menciptakan silo data, kantong data terisolasi yang tidak dapat diakses oleh beberapa tim, yang memecah profil pelanggan dan membatasi seberapa baik CRM Anda dapat melacak perjalanan pelanggan.

Namun, saat Anda menggunakan CRM sebagai hub terintegrasi untuk semua sistem ini, CRM tetap dapat beradaptasi. Anda dapat menginstal atau menghapus ribuan aplikasi yang tersedia dari sistem CRM sesuai kebutuhan.

Alat perangkat lunak yang digunakan bisnis Anda dapat diintegrasikan ke dalam platform CRM sebagai komponen pihak ketiga yang dirancang untuk bekerja secara native di dalam jaringan pusatnya.

Jenis integrasi CRM yang harus dipertimbangkan untuk bisnis Anda

Integrasi yang tersedia secara berlebihan dapat menggoda keputusan untuk menginstal apa pun yang mereka yakini membawa manfaat terkecil sekalipun. Banyak yang menawarkan fituryang menjanjikan analitik kompleks atau peningkatan pada praktik inti. Namun, ini bisa menjadi jebakan.

Alex Haimann, partner dan kepala pengembangan bisnis untuk Less Annoying CRM, mengatakan dalam hal integrasi, Anda ingin tetap fokus pada apa yang penting.

“Kesalahan terbesar adalah fokus utama pada pelaporan analitik atau jenis alat tingkat tinggi lainnya dan tidak cukup penekanan atau fokus pada kasus penggunaan sehari-hari yang sebenarnya,” kata Haimann kepada Business News Daily. “Bukanlah kegagalan untuk melompat hanya satu tingkat. Jangan biarkan yang sempurna membuat iri yang baik.”

Mengikuti panduan tersebut, berikut sembilan integrasi CRM yang harus dimiliki untuk setiap bisnis.

1. Platform email dan kalender

Sebagian besar klien manajemen tugas seperti Gmail dan Microsoft Outlook beroperasi pada kalender internal yang mengoordinasikan janji temu dan percakapan dalam jaringan mereka sendiri.

Lebih dari 70% orang mengandalkan kalender digital sebagai penjadwal utama mereka, tetapi karena banyak layanan mengandalkan jadwal terprogram dan sistem pengingat mereka sendiri, manajemen waktu dapat menjadi penyerap waktunya sendiri saat orang mencoba mengingat rapat mana yang diperbarui di setiap platform.

Mengintegrasikan klien manajemen tugas Anda ke dalam platform CRM membuat satu kalender terpadu. Setiap kali janji temu dijadwalkan baik di hub CRM utama, klien manajemen tugas, atau aplikasi terintegrasi lainnya, kalender utama secara otomatis diperbarui.

2. Pesan internal

Layanan pesan instan untuk bisnis semakin populer dan menjadi metode utama komunikasi internal. Sama seperti email dan undangan kalender, pesan instan harus sesuai dengan jadwal dan basis kontak yang sama di semua sistem utama. Menghubungkan mereka menggabungkan direktori perusahaan dan meningkatkan komunikasi di antara setiap anggota tim.

Opsi perpesanan ini akan segera menjadi metode yang disukai untuk penjangkauan eksternal. Salesforce telah mengakuisisi layanan pengiriman pesan Slack dalam megadeal $ 27,7 miliar , dengan rencana untuk mengubah perangkat lunak pengiriman pesan menjadi antarmuka komunikasi asli mereka.

3. Akuntansi dan penagihan

Perangkat lunak akuntansi yang beroperasi secara independen dari CRM Anda memerlukan entri manual yang berulang untuk semua transaksi. Mengintegrasikan perangkat lunak akuntansi dengan CRM Anda dapat menyederhanakan proses itu.

Setiap transaksi yang terjadi melalui platform terintegrasi secara otomatis memperbarui akun terkait secara real time. Saldo tetap terkini, dan saat menutup beberapa transaksi simultan, Anda mungkin tidak punya waktu untuk mengonfirmasi di beberapa catatan keuangan jika ada yang kedaluwarsa.

4. Telepon dan video

Tim penjualan menghabiskan banyak waktu di telepon, dan waktu yang dihabiskan untuk merekam data panggilan atau logistik lainnya akan menyita waktu untuk menutup kesepakatan atau menindaklanjuti prospek yang menjanjikan. Jaringan telepon terintegrasi secara otomatis merekam setiap panggilan.

Seorang penjual dapat mengambil, memutar, merekam catatan dan dengan cepat pindah ke kontak berikutnya karena informasi tersebut sudah disimpan ke dalam CRM. Data yang dikumpulkan ini tetap melekat pada ID pelanggan dan selalu dapat diakses.

5. Proposal dan dokumen

Ketika Anda memiliki pelanggan yang siap untuk mencapai kesepakatan, hal terakhir yang Anda inginkan adalah membuang waktu untuk mencari dokumen yang diperlukan. Hubungkan dokumen dan layanan berbagi file seperti Dropbox ke CRM Anda dan simpan file yang relevan untuk dilampirkan ke profil pelanggan terkait mereka.

6. Meja bantuan

Pelanggan sangat menghargai seberapa cepat layanan pelanggan dapat menyelesaikan masalah mereka. Sistem meja bantuan menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi, tetapi waktu tunggu yang lama muncul jika agen Anda harus sering beralih antar platform untuk menyelesaikan tiket web.

Solusi meja bantuan terintegrasi merampingkan proses dengan mengelompokkan semua tiket dan komunikasi dalam satu platform. Tiket yang diterbitkan segera tersedia dan ditautkan ke situs web asal, dan tiket itu akan ditautkan lagi ke profil pelanggan penerbitnya, yang menampilkan tiket web atau pembelian sebelumnya.

7. Obrolan langsung

Obrolan langsung adalah saluran komunikasi yang paling disukai dan berkembang paling cepat bagi pelanggan. Obrolan langsung yang digabungkan dapat membantu pelanggan dengan lebih baik dengan informasi yang sudah disimpan di platform CRM, dan secara otomatis merekam interaksi baru. Tim penjualan kemudian dapat menargetkan prospek ini dengan lebih efisien menggunakan data relevan yang dipelajari oleh layanan obrolan.

8. Kampanye email keluar

Data yang terputus dapat mengganggu kampanye pemasaran dengan menerjemahkan segmen audiens yang buruk antara alat pembuatan email dan platform CRM Anda. Gabungkan perangkat lunak pemasaran email Anda dengan CRM untuk menambahkan segmen target hanya dengan beberapa klik langsung dari alat pembuatan email untuk menghemat waktu dan energi yang signifikan.

9. Social media

Dasbor media sosial adalah satu lagi kalender yang perlu dikaitkan dengan keseluruhan jadwal perusahaan Anda. Integrasi sosial terpisah dapat dipasang untuk setiap jaringan atau dengan platform manajemen sosial penuh.

Ini lebih merinci data pelanggan Anda dengan melacak bagaimana pengguna terlibat dengan saluran Anda, ditambah mereka dapat menghilangkan waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas biasa, seperti meneliti anggota buletin email Anda yang mungkin paling menerima diskon yang dibagikan melalui media sosial. Sejarah itu sudah dilampirkan ke profil mereka.

Integrasi terpenting untuk platform CRM Anda mencakup penjadwalan email dan kalender, panggilan telepon dan video, serta manajemen pemasaran email.

Bagaimana mengintegrasikan aplikasi?

Metode integrasi paling sederhana dan paling populer memanfaatkan antarmuka pemrograman aplikasi (API). Kedengarannya rumit, tetapi seringkali, ini memerlukan mengklik tombol unduh kedua saat menggunakan banyak platform CRM utama.

API adalah yang memungkinkan pengunduhan mudah itu. Setiap aplikasi yang digunakan bisnis Anda menyimpan data dalam bahasanya sendiri, dan API berfungsi sebagai penerjemah. Ini menggabungkan data itu ketika Anda menghubungkan dua layanan.

Contoh umum dari hal ini termasuk video YouTube yang diputar dalam kotak kecil di halaman web lain, atau saat Facebook terhubung dengan Spotify untuk membagikan playlist tersemat di profil Facebook pengguna tersebut. Sebagian besar platform CRM mengikuti pendekatan modular ini, dan yang terbesar sering kali menyediakan katalog integrasi mereka sendiri ke aplikasi pihak ketiga .

Jika Anda memerlukan integrasi yang lebih disesuaikan atau tidak dapat menemukannya untuk program tertentu, pengembang web dapat membuat kode yang disesuaikan dengan kebutuhan sistem Anda. Meskipun ini adalah opsi yang layak untuk menggabungkan alat yang lebih kecil, ini mungkin memerlukan pemeliharaan ekstensif. Pembaruan apa pun pada CRM Anda dapat membuat kode tersebut tidak valid dan mencegahnya beroperasi bersama aplikasi yang baru diinstal.

Sebagian besar platform CRM dan alat bisnis menawarkan integrasi prebuilt yang dirancang untuk instalasi sederhana.

Seberapa penting integrasi CRM?

Integrasi CRM menggabungkan banyak proses bisnis Anda menjadi platform pusat yang mendorong penjualan dan pendapatan Anda. Pengguna dapat bekerja dari dalam jaringan itu tanpa harus beralih antar program atau memigrasi kumpulan data melalui program yang tidak kompatibel.

Paket integrasi CRM yang dikembangkan sepenuhnya memfasilitasi organisasi dan komunikasi perusahaan, dan mengurangi risiko kehilangan atau duplikasi data melalui prosedur transfer manual dan membosankan.

Platform CRM sudah menjadi alat paling vital bagi tim penjualan Anda, tetapi integrasi meningkatkan fungsinya untuk melayani setiap vertikal.

Baca juga: 11 manfaat CRM bagi perusahaan di Era Digital abad baru

Pos terkait