Kelebihan dan kekurangan Pinjaman Berjangka

Kelebihan dan kekurangan Pinjaman Berjangka

Pinjaman berjangka dapat menjadi pilihan bagus untuk mendanai inisiatif pertumbuhan bisnis Anda.

  • Dengan pinjaman berjangka, Anda menerima sejumlah uang sekaligus.
  • Pinjaman ini dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi dan bisnis.
  • Pinjaman berjangka adalah pilihan yang sangat baik untuk kebutuhan pembiayaan jangka pendek dan jangka panjang.
  • Artikel ini ditujukan untuk pemilik bisnis yang ingin mempelajari apakah pinjaman berjangka adalah pilihan pembiayaan yang tepat untuk bisnis mereka.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu betapa pentingnya berinvestasi dalam peluang pertumbuhan baru. Tetapi Anda tidak selalu memiliki uang tunai untuk melakukan investasi ini. Dalam skenario ini, pembiayaan usaha kecil dapat menjadi penyelamat.

Jika Anda mencari pembiayaan, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman berjangka. Namun, sebelum berkomitmen pada jenis pinjaman ini, penting untuk memahami apa itu dan bagaimana perbedaannya dari opsi lain di luar sana.

Apa itu pinjaman berjangka?

Jika Anda pernah mengambil hipotek atau pinjaman pribadi, maka Anda sudah terbiasa dengan cara kerja pinjaman berjangka. Ini adalah pembayaran dimuka satu kali yang Anda terima dari bank, serikat kredit, atau pemberi pinjaman online.

Pemberi pinjaman menyediakan dana, dan Anda membayar kembali pinjaman dengan bunga selama beberapa bulan atau tahun. Tingkat bunga dapat tetap atau variabel dan cenderung lebih rendah daripada tingkat untuk jenis pembiayaan lainnya.

Pinjaman berjangka dapat digunakan untuk pengeluaran pribadi dan bisnis. Banyak pemilik bisnis mengajukan pinjaman berjangka untuk mendanai proyek satu kali atau sebagai sarana untuk mencapai pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Baca juga: Terminologi Pinjaman Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana cara kerja pinjaman berjangka?

Anda mengajukan pinjaman berjangka melalui bank, credit union atau pemberi pinjaman online. Bank dan serikat kredit cenderung menawarkan tarif yang paling menguntungkan, tetapi mereka memiliki persyaratan yang lebih ketat dan bisa lebih sulit untuk memenuhi syarat.

Sebagai perbandingan, pemberi pinjaman online mungkin memiliki tarif yang lebih tinggi, tetapi proses aplikasinya lebih mudah, dan Anda akan sering menerima persetujuan dan pendanaan yang lebih cepat. Dan jika Anda memilih untuk mendaftar melalui pasar pinjaman, Anda akan mengirimkan aplikasi Anda sekali saja dan menerima penawaran dari beberapa pemberi pinjaman.

Tips: Saat memilih pemberi pinjaman, pertimbangkan seberapa cepat Anda membutuhkan uang. Jika Anda membutuhkannya dengan cepat, pemberi pinjaman online yang menawarkan pendanaan pada hari yang sama mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Namun, bersiaplah untuk membayar tarif yang lebih tinggi daripada yang Anda lakukan melalui bank tradisional.

Setelah Anda memilih pemberi pinjaman bisnis dan disetujui untuk pinjaman, Anda harus menyetujui tarif dan persyaratan pembayaran. Tarif yang akan Anda terima bergantung pada berbagai faktor, termasuk riwayat kredit pribadi dan bisnis Anda, arus kas , dan waktu dalam bisnis.

Jangka waktu pembayaran untuk pinjaman bisnis biasanya berkisar antara tiga sampai 10 tahun. Jika Anda menerima pinjaman dengan suku bunga tetap, suku bunga Anda akan tetap sama selama masa pinjaman. Dengan pinjaman berbunga variabel, tarif Anda akan berubah secara berkala.

Apa contoh pinjaman berjangka?

Ada dua jenis umum pinjaman berjangka: pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Jenis pinjaman yang Anda ajukan akan tergantung pada bisnis yang Anda jalankan dan kebutuhan pembiayaan Anda.

Sebuah Small Business Administration (SBA) pinjaman adalah contoh yang baik dari pinjaman jangka. Jika Anda mengajukan pinjaman standar 7(a) dari SBA, Anda dapat menerima pendanaan hingga $5 juta. Pemberi pinjaman Anda akan menentukan tarif Anda, tetapi tidak dapat melebihi batas maksimum SBA.

Tentu saja, tidak semua bisnis membutuhkan pembiayaan semacam itu, jadi SBA juga menawarkan 7(a) pinjaman kecil. Pinjaman ini mencapai $ 350.000. Pinjaman SBA selalu memiliki tingkat bunga tetap dan jangka waktu pembayaran yang ditetapkan.

Anda dapat menggunakan dana dari pinjaman berjangka untuk memperluas operasi bisnis Anda, membeli peralatan, atau membiayai kampanye pemasaran baru. Pinjaman berjangka memungkinkan perusahaan kekurangan arus kas untuk berinvestasi dalam peluang baru dan memaksimalkan peluang mereka untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Baca juga: SBA memperpanjang Aplikasi Pinjaman EIDL hingga akhir 2021

Apa kelebihan dan kekurangan pinjaman berjangka?

Seperti semua opsi pembiayaan, pinjaman berjangka memiliki pro dan kontra yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan suatu tindakan.

Kelebihan

  • Mereka dapat mendanai kebutuhan pembiayaan jangka pendek. Jika Anda perlu membeli aset atau peralatan baru untuk bisnis Anda, pinjaman berjangka bisa menjadi pilihan yang baik. Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengembangkan operasi Anda, dan pendapatan yang Anda peroleh akan membantu Anda membayar kembali pinjaman tersebut.
  • Mereka cenderung memiliki tarif yang lebih rendah. Pinjaman berjangka umumnya menawarkan suku bunga rendah dan persyaratan pembayaran yang fleksibel. Anda dapat membayar kembali pinjaman selama waktu yang Anda butuhkan tanpa menjadi terlalu banyak beban keuangan untuk bisnis Anda.
  • Mereka membantu Anda membangun kredit bisnis. Dengan asumsi Anda melakukan pembayaran bulanan tepat waktu, pinjaman berjangka bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun kredit usaha kecil Anda .

Kekurangan

Mereka relatif sulit untuk lolos. Karena pinjaman berjangka memiliki suku bunga dan persyaratan pembayaran yang menguntungkan, mereka biasanya lebih sulit untuk memenuhi syarat daripada pinjaman lainnya. Anda perlu menunjukkan riwayat kredit yang sangat baik dan memberikan informasi keuangan terperinci kepada pemberi pinjaman Anda.

  • Beberapa pemberi pinjaman akan membutuhkan agunan. Jika pemberi pinjaman Anda menganggap bisnis Anda sebagai risiko keuangan, mereka mungkin meminta Anda untuk memberikan beberapa jenis agunan. Ini dikenal sebagai pinjaman aman, dan jika Anda tidak dapat membayarnya kembali, aset pribadi atau bisnis Anda berisiko.
  • Mereka mungkin mengenakan biaya tambahan. Beberapa pemberi pinjaman membebankan biaya tambahan untuk pinjaman berjangka, seperti biaya originasi. Bergantung pada pemberi pinjaman, Anda bahkan bisa terkena penalti pembayaran di muka jika Anda melunasi pinjaman lebih cepat dari jadwal.

Tahukah kamu? Tingkat bunga bukan satu-satunya biaya yang mungkin dikenakan untuk pinjaman. Biaya originasi, pemrosesan, dan pembayaran di muka adalah semua kemungkinan biaya yang harus Anda perhitungkan ke dalam total biaya pinjaman.

Baca juga: Laba Bersih vs Kotor

Jenis pinjaman berjangka

Jika Anda memutuskan ingin pinjaman berjangka, Anda dapat mengajukan pinjaman jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang.

1. Pinjaman jangka pendek

Ini adalah pinjaman yang dapat Anda ambil dengan jumlah yang lebih kecil, dengan periode pembayaran yang lebih pendek – umumnya satu atau dua tahun.

Pinjaman jangka pendek baik untuk biaya modal kerja sehari-hari. Namun, karena pinjaman ini lebih nyaman dan lebih mudah untuk diajukan, Anda dapat mengharapkan untuk membayar tarif yang lebih tinggi.

2. Pinjaman jangka menengah

Pinjaman jangka menengah adalah media bahagia antara pinjaman jangka pendek dan jangka panjang. Jangka waktu pembayaran biasanya dua hingga lima tahun, dan Anda dapat mengakses hingga $500.000.

Pinjaman ini adalah pilihan yang baik untuk bisnis yang ingin membuka lokasi baru atau mempekerjakan lebih banyak orang. Jenis pendanaan ini dapat membantu Anda memperluas operasi bisnis Anda dan mulai menghasilkan lebih banyak pendapatan.

3. Pinjaman jangka panjang

Pinjaman jangka panjang menawarkan jumlah tertinggi dan jangka waktu pembayaran terpanjang. Anda dapat mengakses pendanaan jutaan dolar, dan jangka waktu pembayaran bisa hingga 25 tahun.

Pinjaman jangka panjang adalah pilihan yang baik untuk bisnis yang mapan dengan kredit yang sangat baik dan catatan keuangan yang solid. Anda dapat mempertimbangkan satu untuk mendanai strategi pertumbuhan jangka panjang untuk bisnis Anda.

Ada pinjaman jangka pendek, menengah dan panjang. Setiap jenis bervariasi dalam berapa banyak uang yang dapat Anda peroleh dan berapa lama Anda harus membayarnya kembali.

Kapan harus mempertimbangkan pinjaman berjangka

Jika Anda mempertimbangkan pembiayaan usaha kecil , Anda memiliki banyak pilihan untuk dipertimbangkan. Jadi, bagaimana Anda tahu jika pinjaman berjangka adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda dibandingkan dengan, katakanlah, jalur kredit bergulir?

Secara umum, pinjaman berjangka adalah pilihan yang baik untuk proyek atau biaya jangka pendek. Misalnya, jika Anda perlu membeli inventaris atau berinvestasi dalam kampanye pemasaran, pinjaman berjangka dapat membantu Anda menutupi biaya ini.

Pinjaman berjangka adalah yang terbaik untuk bisnis mapan dengan rekam jejak keuangan yang terbukti. Jika Anda memiliki kredit yang buruk atau pengalaman bisnis yang terbatas, memenuhi syarat untuk pinjaman berjangka mungkin terlalu sulit.

Terakhir, pinjaman berjangka adalah yang terbaik untuk bisnis yang tidak membutuhkan uang segera. Mengajukan pinjaman berjangka bisa memakan waktu, terutama jika Anda ingin memanfaatkan suku bunga rendah di bank atau credit union. Jadi, jika Anda membutuhkan akses cepat ke uang tunai, pinjaman berjangka mungkin bukan pilihan terbaik Anda.

Cara mengajukan pinjaman berjangka

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil saat mengajukan pinjaman berjangka:

1. Rapikan dokumen Anda.

Ada baiknya Anda merapikan catatan keuangan Anda sebelum mengajukan pinjaman. Persyaratan persisnya berbeda-beda menurut pemberi pinjaman, tetapi berikut ini ikhtisar informasi yang dapat Anda berikan:

  • Nomor identifikasi pemberi kerja (EIN)
  • Riwayat kredit pribadi dan bisnis
  • SPT pajak bisnis
  • laporan bank
  • Laporan untung dan rugi
  • Laporan laba rugi

2. Terapkan dengan beberapa pemberi pinjaman.

Saat Anda mengajukan pinjaman berjangka, total biaya pinjaman harus selalu menjadi pertimbangan utama. Jika suku bunga terlalu tinggi dan Anda tidak menghasilkan banyak pendapatan tambahan dari investasi Anda, Anda bisa mendapatkan pinjaman yang terbalik. Ada baiknya untuk mengajukan permohonan dengan beberapa pemberi pinjaman sehingga Anda dapat membandingkan tarif dan persyaratan pembayaran untuk menemukan pinjaman yang paling terjangkau untuk bisnis Anda.

Banyak pemberi pinjaman akan menyetujui Anda untuk pinjaman hanya dengan pertanyaan kredit lunak, jadi Anda tidak perlu khawatir akan merusak nilai kredit Anda. Anda juga dapat mendaftar melalui pasar pinjaman dan menerima banyak penawaran hanya dengan satu aplikasi.

3. Bandingkan penawaran Anda.

Setelah Anda menerima penawaran dari beberapa pemberi pinjaman, evaluasi masing-masing. Mungkin tergoda untuk pergi dengan pemberi pinjaman yang menawarkan jumlah pinjaman tertinggi, tetapi Anda harus mempertimbangkan beberapa hal lain.

Perhatikan baik-baik tingkat persentase tahunan (APR), yang akan membantu Anda menentukan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk meminjam uang. Anda juga ingin melihat persyaratan pembayaran, karena ini akan sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman.

Penting juga untuk memperhatikan biaya yang dibebankan pemberi pinjaman. Jika pinjaman memiliki suku bunga rendah dan persyaratan pembayaran yang fleksibel, mudah untuk mengabaikan biayanya, tetapi mereka dapat menambahkan ribuan dolar ke biaya selama masa pinjaman. Berikut adalah beberapa biaya signifikan yang harus diperhatikan:

  • Biaya originasi: Biaya originasi adalah apa yang akan Anda bayarkan kepada pemberi pinjaman di muka untuk memproses pinjaman. Biaya ini berkisar antara 1% hingga 5% dari total jumlah pinjaman.
  • Penalti pembayaran di muka: Jika Anda melunasi pinjaman lebih awal, pemberi pinjaman kehilangan pembayaran bunga di masa depan, sehingga beberapa pemberi pinjaman membebankan biaya penalti untuk ini.
  • Biaya keterlambatan: Seperti kebanyakan biaya bulanan, Anda akan membayar biaya tambahan karena terlambat melakukan pembayaran bulanan.
  • Biaya pemrosesan: Biaya pemrosesan mencakup biaya penjaminan pinjaman.

4. Tutup pinjaman.

Setelah Anda memilih pemberi pinjaman dan menyetujui persyaratannya, Anda siap untuk menutup pinjaman dan menerima dana. Tergantung pada pemberi pinjaman, Anda dapat menerima dana dalam satu atau dua hari setelah penutupan.