15 pekerjaan yang cocok bagi Introvert

  • Whatsapp

Apakah anda seorang pribadi yang suka menyendiri tetapi butuh pekerjaan yang cocok? Berikut adalah 15 karier hebat untuk pekerja introvert. Sebelum kita membahas lebih jauh ada baiknya kita pahami dahulu apa yang di maksud dengan introvert.

Menurut ahli di American Psychological Association, introvert cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan tidak tergesa-gesa atau berhati-hati. Tak cuma itu, seorang introvert juga lebih suka bekerja secara mandiri. Introvert lebih mengenai cara seseorang merespon stimulasi, termasuk stimulasi sosial.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Kompas.com, Introvert adalah tipe kepribadian orang yang memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya daripada dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif).

Perlu dipahami, bahwa kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Berkepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya. Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert, yang yang justru mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang.

Tidak semua orang ingin selalu menjadi pusat perhatian, dan introvert memang memiliki beberapa keunggulan berbeda. Misalnya, jika Anda seorang introvert, Anda mandiri, hemat biaya hidup, lihai, kreatif, dan pendengar yang hebat dengan kemampuan unik untuk fokus pada tugas yang ada.

Kualitas-kualitas tersebut dapat membuat para introvert menjadi pekerja yang luar biasa, tetapi hanya jika mereka berada dalam pekerjaan yang tepat dan diberi ruang yang mereka butuhkan untuk berefleksi dan bekerja secara pribadi. Jika Anda cenderung introversi, berikut adalah 15 pekerjaan potensial untuk Anda.

1. Kriya dan seniman yang bagus

Kriya dan seniman yang bagus

Jika Anda memiliki mata kreatif dan bakat artistik, pertimbangkan untuk menjadi seniman kriya dan seniman yang baik. Anda dapat membuat tembikar, barang pecah belah, tekstil, dan lainnya dan mendapatkan penghasilan saat melakukannya. Industri ini bagus untuk individu yang mandiri dan imajinatif yang bersedia berbagi keahlian anda.

2. Teknisi ilmu forensik

Teknisi ilmu forensik

Banyak introvert yang menjadi detektif hebat karena keterbukaan pikiran dan perhatian mereka terhadap sesuatu. Menjadi teknisi ilmu forensik adalah ide bagus jika Anda lebih suka bekerja di belakang layar. Teknisi sains forensik mengumpulkan dan menganalisis bukti, sering kali dalam pengaturan laboratorium.

3. Fotografer

Fotografer

Introvert sering kali memandang dunia secara berbeda dari orang lain. Perspektif unik mereka dapat menghasilkan fotografi yang hebat, memungkinkan orang lain untuk melihat sesuatu dari semua sudut. Sebagai fotografer, Anda dapat bekerja secara mandiri atau untuk perusahaan yang lebih besar, misalnya, sebagai fotografer lepas atau jurnalis foto real estate.

4. Ilmuwan konservasi dan ahli kehutanan

Ilmuwan konservasi dan ahli kehutanan

Sebagai ilmuwan konservasi atau ahli kehutanan, Anda dapat menghabiskan hari kerja dalam kedamaian dan ketenangan alam terbuka, mengelola hutan, taman, padang rumput, dan banyak lagi. Hanya dengan gelar sarjana, Anda dapat bekerja untuk pemerintah atau lahan milik pribadi, di mana pelanggan Anda adalah tumbuhan daripada manusia.

5. Penulis

Penulis

Introvert cenderung mendambakan kesendirian dan ketenangan, artinya mereka mencari kesempatan untuk menyendiri dengan pikiran mereka. Ini menjadi pertanda baik bagi para penulis, yang imajinasinya adalah pintu gerbang mereka menuju kesuksesan. Salurkan pemikiran tersebut untuk membuat cerita unik yang dapat Anda terbitkan secara tradisional (melalui agen dan/atau penerbit) atau diterbitkan sendiri.

6. Editor film dan video

Editor film dan video

Mengedit film kadang-kadang dianggap sebagai “pekerjaan rendah” dari industri film, tetapi bagi orang yang lebih suka bekerja dengan kecepatannya sendiri, ini adalah pekerjaan yang sempurna. Anda mendapatkan rekaman mentah dan dapat memberikan sentuhan kreatif Anda pada karya tersebut, seringkali dalam kenyamanan kantor atau kamar Anda sendiri.

7. Paralegal

Paralegal

Paralegal atau asisten hukum biasanya bekerja untuk firma hukum atau departemen hukum perusahaan. Tidak seperti pengacara, paralegal bekerja untuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum, dan membuat draf dokumen. Gelar atau sertifikat associate dalam studi paralegal lebih disukai, tetapi Anda mungkin bisa dipekerjakan tanpa pengalaman hukum sebelumnya jika memiliki gelar sarjana.

8. Desain grafis

Desain grafis

Desain grafis adalah jalur karier yang sangat baik untuk introvert yang sangat kreatif. Dalam posisi ini, Anda dapat berkomunikasi dengan klien dan memberikan apa yang mereka cari. Namun, pengerjaan desain itu sendiri dilakukan secara mandiri. Hal ini terutama berlaku untuk desainer freelance: Menurut BLS, sekitar sepertiga dari desainer grafis adalah wiraswasta dan bekerja dari rumah, memberikan waktu bagi para introvert untuk memulihkan tenaga setelah berbicara dengan klien.

9. Penulis teknis

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi dan dapat menyaring informasi kompleks menjadi istilah yang dapat dimengerti, pertimbangkan untuk menjadi penulis teknis. Pekerjaan ini melibatkan pelaksanaan penelitian independen untuk menghasilkan manual instruksi dan dokumen pendukung untuk produk dan perangkat lunak. Kebanyakan orang di bidang ini bekerja di industri komputer dan teknik, tetapi industri lain juga membutuhkan penulis teknis.

10. Akuntan

Akuntan

Sebagian besar hari akuntan dihabiskan untuk berurusan dengan angka, jadi ini pekerjaan yang bagus untuk pekerja independen dengan keterampilan matematika dan organisasi yang kuat. Akuntan dan auditor memeriksa laporan dan catatan, menilai operasi keuangan, dan menyiapkan dokumen pajak untuk klien.

11. Computer Programmer

Computer Programmer

Ingin menghabiskan hari-hari Anda di belakang kode penulisan layar? Pemrograman komputer bisa menjadi pekerjaan ideal. Anda akan bertanggung jawab untuk mengubah program yang dirancang oleh pengembang perangkat lunak menjadi instruksi yang dapat dibaca untuk komputer. BLS mengatakan bahwa sebagian besar programmer bekerja di industri yang terkait dengan desain sistem komputer, jadi Anda membutuhkan gelar dalam ilmu komputer (atau setidaknya pengetahuan ahli tentang bahasa pemrograman).

12. Teknisi laboratorium

Teknisi laboratorium

Bekerja sebagai teknisi lab, Anda akan membantu mendiagnosis pasien melalui analisis di balik layar. Fasilitas kesehatan atau laboratorium mempekerjakan Anda untuk menjalankan tes pada sampel cairan, jaringan, dan zat lain yang dikumpulkan dari pasien. Ini bukan tempat bagi individu yang mudah tersinggung, tetapi jika Anda tahan berurusan dengan darah, Anda akan mendapatkan kesendirian yang Anda cari di lingkungan laboratorium yang tenang.

13. Analis riset pasar

Pekerjaan yang berfokus pada data ini mengharuskan Anda mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang kondisi pasar untuk menentukan potensi penjualan produk dan layanan. Anda mungkin harus mempersiapkan dan menyajikan laporan tentang temuan Anda kepada eksekutif perusahaan, tetapi sebagian besar pekerjaan analis riset pasar dilakukan secara independen. Gelar sarjana dan matematika yang kuat serta keterampilan analitis adalah suatu keharusan.

14. Penerjemah

Jika Anda fasih dalam bahasa kedua, Anda dapat bekerja sebagai penerjemah, mengonversi dokumen tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Memperluas hubungan internasional dan peningkatan jumlah penutur non-Inggris di Amerika Serikat menjadikan ini bidang yang berkembang pesat, dengan tingkat pertumbuhan yang diproyeksikan sebesar 29 persen pada tahun 2024, menurut BLS. Kebanyakan penerjemah adalah wiraswasta dan mengerjakan proyek untuk berbagai klien.

15. Mekanik sepeda motor

Mekanik sepeda motor

Jika Anda pernah membaca Pirsig’s Zen dan Art of Motorcycle Maintenance , Anda tahu ketenangan pikiran yang dapat menguasai Anda saat Anda menetapkan pikiran untuk tugas semacam itu. Ini sangat menarik jika Anda suka bekerja dengan tangan Anda. Dan Anda berpotensi membuka toko Anda sendiri jika menemukan pekerjaan terbukti sulit.

Mekanik dan teknisi biasanya perlu menyelesaikan program di sekolah pasca-sekolah menengah, tetapi itu tidak berarti perguruan tinggi. Setelah dipekerjakan, Anda kemungkinan besar akan diminta untuk memperoleh sertifikasi industri.

Bisnis

Pos terkait