Persebaran bangsa dan bahasa Austronesia

Persebaran bangsa dan bahasa Austronesia is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at September 17, 2014 upload by Sejarah Negara Com in Prasejarah.

You can download Persebaran bangsa dan bahasa Austronesia in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Prasejarah. Bahasa di Asia Tengah berasal dari keluarga Sino-Tibet yang melahirkan bahasa Cina, Siam, Tibet, Miao, Yiu, dan Burma. Persebaran ke arah selatan melahirkan keluarga bahasa Dravida, yaitu Telugu, Tamil, Malayalam dan lain-lain.
Persebaran ke Asia Timur dan ke Tenggara melahirkan keluarga bahasa Austronesia yang menurunkan empat bahasa, yaitu bahasa Melayu (Indonesia), Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.
Pada tahun 1889 Prof. Dr. H. Kern melakukan penelitian yang berhubungan dengan persebaran manusia yang didasarkan pada perbandingan bahasa. Kern membandingkan bahasa-bahasa yang serumpun, yaitu : bahasa Austronesia (Melayu Polynesia).

Foto Prof. Dr. H. Kern peneliti persebaran manusia
Pada tahun 1889 Prof. Dr. H. Kern melakukan penelitian yang berhubungan dengan persebaran manusia yang didasarkan pada perbandingan bahasa

Penyebaran Rumpun Bahasa Austronesia

Penyebaran rumpun bahasa Austronesia ini sangat luas, yaitu di barat sampai Madagaskar, ke timur Pulau Paska, ke utara sampai ke pulau Formosa dan ke selatan sampai ke Selandia Baru.
Dalam persebaran bahasa-bahasa Austronesia sering kali terdapat istilah yang sama. Istilah tersebut seperti padi, buluh, rotan, nyiur, pisang, pandan, ubi, mata, lima, dan telinga.
Kesamaan tersebut bukan hanya pada istilah-istilahnya saja, tetapi juga pada sistem, imbuhan, dan susunan tata bahasa. Berdasarkan pada persebaran kata-kata itu pula dapat diketahui kembali daerah asal bangsa pemakai Austronesia.

Baca juga: Persebaran manusia pendukung kebudayaan kapak persegi

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Tags: